Social Icons

24 Oct 2012

Ucapan Yang Tertunda


Bertemu dengan cewek manis ini sekitar pertengahan bulan April tahun 2009. Kita bertemu di salah satu pelatihan yang diadakan Pusdiklat Parung, Bogor. Dia dari Jogja, saya dari Semarang.

Pertama kali melihatnya, dia lagi menyapu kamarnya, ‘ih rajin banget ni anak’, batin saya ketika itu. Kamar kami bersebelahan, dia sekamar dengan Mbak Anti’ yang dulunya teman sekantor saya, tetapi sekarang pindah ke Jakarta. Ternyata kami sekelas di pelatihan itu. Mulai deh janjian untuk berangkat bareng ke kelas pelatihan (kayak abg ya hehe).


Ketika kami masuk kelas untuk pertama kali, cuma tinggal 3 kursi kosong di bagian pojok belakang. Ya udah kita pun menempatinya, kursi yang satu lagi ditempati sama Bapak yang lebih telat dari kami haha. Oh ya, teman-teman sekelas ternyata memang umurnya jauh di atas kami. Dia yang paling muda, sedang saya ‘kakang ragil’ hehe. Kedekatan kami mungkin juga karena usia yang tidak terpaut jauh, sekitar 3 tahun. Tapi teman-teman lain asik-asik lo, baik-baik lagi.

Jadi sejak saat itu kami sering kemana-mana barengan, kadang berdua, kadang rame-rame dengan teman-teman lain. Termasuk narsis bareng juga haha. Dimana-mana foto mulu. Waktu ada jalan-jalan di hari Minggu, kita juga ikutan daripada bosen di asrama (pelatihannya 2 minggu b0’). Tempat tujuan Istana Merdeka, Monas, Pasar Tanah Abang, dan Masjid Kubah Mas, sampe tempat diklat malam jam 8an. Kita juga jalan-jalan pas kelas dipadatkan, jadi agak sore udah selesai mata diklatnya. Sempat ke Planetarium, tapi sayang lagi ada renovasi. Jadi cuma foto2 di luar sama foto di dekatnya patung Ismail Marzuki. Termasuk ke Situ Gintung dan tidak lupa ke mall tentu saja haha.

Kesan ketika bersama dia kurang lebih 2 minggu itu, hmmm... anaknya baik, pinter, dan agak tertutup. Dia juga termasuk cukup supel bergaul dengan yang lain. Yang paling mengherankan saya, dia sering senyum-senyum sendiri sambil liat laptop kalau di kelas. Karena sering liat, jadi iseng-iseng ngintip deh *hahaha sori ya. Olala, ternyata dia ngeblog. Waktu itu saya juga sudah punya blog tapi tidak terlalu aktif, cuma sekedar curhatan perasaan saja. Maka dari itu juga gak punya teman blogger lain *kuper yak.

Saya sempat baca-baca tulisan dia ketika kami masih di Pusdiklat. Wah, saya cukup terkejut, dia yang saya kenal agak tertutup, ternyata di blog-nya lebih terbuka mencurahkan perasaannya, mana banyak kata-kata puitis gitu. Dan bahasa yang dia gunakan, termasuk bahasa gaul juga, padahal keseharian dia lebih kaku *just my opinion lo, jangan tersungging hehe

Seperti penjelasan saya diatas, bahwa dia agak tertutup dalam keseharian, ternyata setelah kita berkeliling waktu hari Minggu itu, dan ndepipis (duduk lesehan dipojokan) di Pasar Tanah Abang karena kecapekan muter. Sambil nunggu ibu-ibu lain yang masih aja muter (dasar emak-emak kalau liat pasar seneng bener), kita ngobrol macem-macem. Ditengah huru-hara pasar, dia cerita tentang ‘sesuatu’. Istilahnya curcol gitu deh. Agak kaget juga, dia mungkin udah lama gak cerita sama temannya, jadi berhubung adanya saya, dengan sangat terpaksa cerita deh dia haha.

Saya berperan sebagai pendengar yang baik dan benar, sambil sesekali menanggapi. Saya pun pernah mengalami hal yang hampir sama, dan untungnya udah lepas dari ‘masalah’ itu. Tetapi tentu saja saya tidak bisa mengatakan cara-cara untuk mengatasi ‘masalah’ tersebut. Masalah hati biar hati yang menyelesaikan *uhuk.

Bukti kami pernah bareng :)

Di buku kenangan dia menuliskan :
Tetap jalin silahturahmi yach...biar panjang umur ...teman-teman oke2, seru2, aktif-aktif, udah berangkat pagi masih juga jadi yang paling belakang...semangat!!!

Hahaha ternyata baginya, ‘keterlambatan’ kami pun jadi kenangan. Ceritanya begini, setiap kali masuk kelas untuk pelajaran selalu saja kami jadi yang terakhir, padahal kami datangnya ‘on time’ lo, jadi tempat duduk yang tersisa pun pas ‘cuma’ dua kursi. Dan seringnya kok jejeran. Pernah suatu kali kita berusaha untuk tidak ‘telat’. Kita datang 15 menit sebelum kelas mulai, ladalah ternyata sama saja, tetap kita ‘telat’ alias yang terakhir hahaha. Gak tau tuh, yang lain pada berangkat jam berapa. Ya sudah, kita balik ke ‘telat on time’ kita lagi hihihi.

Di hari terakhir, karena untuk penutupan, ruangannya ganti, jadi kami pun harus mencari-cari. Ketika kami memasuki ruangan itu, dan mencari tempat duduk dekat teman-teman lain, ada seorang teman (bapak-bapak) menyelutuk, “Wah, mereka berdua udah datang, sudah lengkaplah kelas kita”. Kita berdua pun cekikikan mendengar itu.

Bahkan sampai hari penutupan ‘telat on time’ itu tetap kami ‘pertahankan’ hahaha. Asyeeek...*terkenal telat kok bangga.

Sudah 2,5 tahun berlalu sejak saat itu, kami terkadang masih ngobrol lewat facebook atau YM-an. Terakhir kami chat, ternyata dia masih terbelit ‘masalah’ itu, dengan niat baik saya pun menceritakan pengalaman pribadi yang hampir sama. Dengan harapan dia bisa segera menyelesaikan semuanya dengan baik pula. 

----000----

Untuk Titik Sutanti, selamat ulang tahun ya. Semoga tercapai apa yang kamu cita-citakan.
Umur hanyalah hitungan angka, jangan terlalu terpatok dengan umur kita “seharusnya” sudah ini dan itu. Jalan hidup manusia satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Banyak sekali yang bisa kamu disukuri dalam hidup, termasuk keluarga dan teman yang menyayangi serta pergi ke negera yang ingin sekali saya kunjungi.

Tetap semangat ya, sayang  ^_^

Masih inget gak dengan momen di atas?
Berkumpul dengan teman-teman dari seluruh nusantara, sungguh mengasyikan. Mendengar banyak logat yang berbeda ketika coffee break, cerita dan candaan yang cair bak saudara. Jadi inget Pak Irsad dari Padang yang sering kesel sama kita gara-gara kita sering ngobrol pakai bahasa Jawa. Atau Syeh Puji yang orang Gunung Kidul tapi berlogat Jakarta. Disebutin satu-satu mah gak selesai-selesai yak.

----000----

Postingan ini tidak diubah sedikit pun sejak 19 Oktober. Tetapi ketika tanggal itu tiba-tiba facebook si dia menghilang, saya perlu konfirmasi dulu sama dia tentang postingan ini ^_*

50 comments:

  1. Selamat ulang tahun untuk nak Tanti semoga panjang umur, sehat, sejahtera dan bahagia. Amin
    Terima kasih artikelnya jeng.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak, Pakdhe..
      Aamiin..aamiin untuk doa Pakdhe...

      Salam

      Delete
  2. blognya "dia" nggak di link kemari bu? :D
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe kemarin lupa, ni udh tak kasi, klik aja di 'Titik Sutanti'

      Delete
  3. hah Mba tt kah ??
    Ultah ?/
    Selamet ya, semoga panjang umur..
    Sehat, bahagia, pokoknya wish u dbest deh..
    udah aku taro link ini di fb nya Mba titi..

    http://www.facebook.com/yustha.tt?ref=ts&fref=ts

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. terima kasih Teh Nchie... :)

      Delete
    2. Aamiin..makasi Teh, kmrn udah chat ya Tik? Jadi Tt udah tahu

      Delete
  4. pengalaman berkesan ya mb, 'telat on time' ... :D

    ReplyDelete
  5. Mbak Estiiii....
    Terima kasih banyak 'kado' special-nya...
    Masih...masih.. Masih ingat dengan kisah kita di sana, saat kita masih "muda" ^___^

    Semoga persahabatan kita terus terjalin sampai kapanpun.

    #aku terharu mbaca tulisanmu ini mb. Hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sama-sama
      Lo bukannya kita memang masih 'muda'? :)
      Aamin..friendship forever ya

      *terharu sebelah mananya, perasaan tak buat agak 'lucu'

      Delete
  6. dia dia dia, dia itu siapa si mba? :D
    MBa Es yang sebelahnya Mba TT bukan, yang apakai baju item? :)

    Wah, Mba TT ulang tahun ya?
    Selamat ulang tahun, mba TT. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serasa dnegerin Afgan nyanyi
      Iyah itu akyu :)

      Delete
  7. Waaaa ternyata dulunya sudah kenal tho...
    Eh mbak itu kamu yang sebelah Mbak Titik persis?
    Ayu banget waktu mudanya hihi *padahal itu baru 3 tahun yang lalu ding hihihi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa....
      Itu emang akyu :)
      Saiki yo isih ayu banget lo Una, nek gak percoyo ayo kopdar :)

      Delete
  8. Oalah.. Jadi selain kenal di dunia maya, berteman di dunia nyata.. So sweet ah pertemanannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..kenal dulu di dunia nyata mbak :)

      Delete
  9. selamat ulang tahun untuk yang berulangtahun :)

    saya suka bagian "Umur hanyalah hitungan angka, jangan terlalu terpatok dengan umur kita “seharusnya” sudah ini dan itu. Jalan hidup manusia satu dengan yang lainnya tidaklah sama." dari ucapan selamatnya..

    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi sudah berkunjung

      Salam kenal juga :)

      Delete
  10. Selamat buat mbak yang sedang milad...

    Selamat juga buat mbak Esti yang ingat memberi ucapan... qiqiqi...

    ReplyDelete
  11. Met ultah utk sobatnya mbak! Mdh2an persahabatannya langgeng yak!

    ReplyDelete
  12. Wah sesama blogger berkenalan udah lama yaa mbak, waktu dulu udah jadi blogger belum yaa mbak :D

    Buat mbak tt selamat ulang tahun, panajng umur, sehat selalu, makin sukses yaa mbak :D :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu kenal belum tahu kalo blogger :)
      Makasi doanya ya Niar

      Delete
  13. Ttiti dulu pendiam ya.....,sekali lahi selamat ulang tahun
    mbak Esti ternyata punya kenangan manis dengan Titi ya...., sudah kenal dari lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang juga masih pendiam kok Bun :)
      Tanya deh sama yang udah pernah kopdar sama Tt. Hehe... :)

      Delete
    2. Iya Bu Monda, dulu sih iya gak tahu kalo sekarang masih pendiam apa enggak :)

      Delete
  14. senang ya punya teman di dunia nyata yang suka ngeblog juga.. :)

    ReplyDelete
  15. Selamt ulang tahun ya Mba tt , semoga selalu diberikan keberkahan dalam hidup. Sukses selalu

    Salam Wisata,

    ReplyDelete
  16. selamat ulang tahun utk mbak tt.. semoga persahabatannya langgeng terus ya..

    ReplyDelete
  17. Selamat ulang tahun untuk Mbah TT... ya ya... ternyata sudah lama bersahabat ya... luar biasa..

    ReplyDelete
  18. selamat ulang tahun mbak tt.....hayuk makan2....ditraktir mbak esti juga boleh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi..
      Apalgi kalo yang nraktirChela..boleh banget :)

      Delete
  19. so sweet ...ternyata bener ya mbak, silaturahmi di antara kalian bisa tetap terjalin. selamat ulang tahun ya mbak Tt, semoga sehat selalu :)

    ReplyDelete
  20. Ternyata Mbak Esti sudah kenal Mbak Yustha sejak lama to...
    Met Ulang Taun buat Mbak Tt, semoga sehat sejahtera

    ReplyDelete
  21. "Tetapi ketika tanggal itu tiba-tiba facebook si dia menghilang, saya perlu konfirmasi dulu sama dia tentang postingan ini ^_* "

    haduuuuh ,.... da pa ini.
    semoga dugaanku salah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bwahaha jangan aneh2 kenapa
      Katanya, dia lagi bosen fb-nan, la kok yo pas ultah :)

      Delete
  22. Ternyata Jeng Esti dan Jeng Tanti sebidang malah sediklat, indahnya persahabatan. Sugeng tanggap warsa Jeng Tanti. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Bu, iya kenalan dulu baru jadi teman blogger :)

      Delete
  23. eh ini pegawai negeri bukan? Berasa punya temen senasib sepenanggungan deh.. hehehehe..

    selamat ulangtahun ya buat mbak Tati :)

    Buat mbak jangan lupa GA aku ya http://irniirmayani.wordpress.com/2012/10/31/giveaway-sebuah-permintaan/ *tetep promosi* hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...pe-en-es juga nih haha

      okey...aq usahain ya niee :)

      Delete
  24. selamat ulangtahun buat mbak Tati, asik dapet temen seperjuangan :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^