Social Icons

8 Oct 2012

Lebaran dan Kopdar

Semoga belum pada bosan baca tentang Lebaran ya ^_^

Lebaran tahun 2012 ini sangat spesial bagi saya*tanya kenapa
Karena saya pertama dan (mudah-mudahan yang) terakhir berlebaran di rumah sakit.

Ketika masih single, rute lebaran saya adalah hari pertama di Semarang dan hari ketiga halal bihalal di Boyolali. Nah sejak menikah, saya punya rute baru, hari pertama di Slogohimo (Wonogiri) dan hari ke 3 halal bihalal di Jepara. Sudah ada kesepakatan antara saya dan suami, kita bergantian antara dua rute itu. Dan untuk rute tahun ini, seharusnya Slogohimo dan Jepara. Tetapi karena Mbah Putri (dari suami) sedang sakit dan dirawat di rumah sakit Kasih Ibu Solo, maka kami pun berlebaran di Solo dulu, tepatnya ya di rumah sakit.

Sabtu siang (18 Agustus) saya dan suami dijemput keluarga dari Jepara (bapak ibu mertua dan dua adik ipar). Kita langsung menuju Solo. Kita ke Carefour (Solo) dulu untuk membeli perlengkapan kuliah adik yang akan kuliah di Solo. Lalu kita mampir ke rumah bulik di daerah Kleco untuk menaruh barang-barang, Rencananya kita mau menginap di sana. Baru deh kita ke rumah sakit. Sampai rumah sakit sekitar jam 4 sore.

Sesampai di rumah sakit, Simbah kelihatan senang sekali melihat kehadiran kami, karena memang Ibu adalah satu-satunya anak Simbah yang berdomisili di luar daerah Solo dan sekitarnya. Otomatis Ibu yang paling jarang menjenguk ketika Simbah sakit. Anak yang paling jauh kan biasanya yang paling diharapkan kedatangannya :)

Setelah cium tangan dan ngobrol dengan Simbah secara bergiliran, satu persatu keluarga Bulik dan Om datang. Waktu buka puasa hari terakhir ini, meriah banget. Tujuh keluarga tumplek blek di kamar seukuran 3x6 itu. Kebayang kan gimana ramenya. Para Bulik bagi tugas siapa membawa apa untuk berbuka. Jadi yang namanya makanan berlimpah ruah deh hehehe

Malamnya Simbah rewel sekali, minta pulang ke rumah, karena ingat kalau besok Lebaran. Simbah pengen berlebaran di rumah sendiri. Jadi malam itu pun kami yang dari Jepara semua menginap di rumah sakit untuk menemani Simbah, tidak jadi menginap di rumah Bulik seperti rencana semula. 

Esoknya, saat Lebaran tiba, kami solat Id di mesjid dekat rumah sakit. Ibu dan Pakdhe menemani Simbah di rumah sakit. Sehabis solat Id, kami kembali lagi ke rumah sakit. Hmmm...ini adalah lebaran pertama dimana saya merasakan kelaparan luar biasa setelah solat Id @.@ Karena Bulik yang dapat jatah menyiapkan makan pagi kemungkinan besar masih solat Id atau bersalam-salaman dengan tetangganya.

Yang ada di kamar Simbah cuma cemilan..hiks..jadi inget lontong opor ayam Mami di Semarang.  Demi melihat anak-anaknya kelaparan, tapi gak ada yang berani ngomong, Ibu melipir keluar rumah sakit, untuk membeli makanan (Sebenarnya saya juga mau beli makanan keluar cuma agak sungkan sama Ibu, nanti dikira gak sabaran). Di daerah sekitar rumah sakit tidak ada yang berjualan makanan ketika itu, jadi Ibu dan adik berjalan masuk ke arah perkampungan. Ketika Ibu membawa makanan, kita makan deh nasi bungkusnya. lauk paling enak memang lapar ya hehehe.


Sama seperti kemarin, satu-persatu keluarga datang bergantian membawa makanan. Tapi kita sudah pada kenyang, jadi cuma makan sedikit, biar yang bawa gak gelo (apa sih ya padanan kata dalam bahasa Indonesia). 

Sehat ya Mbah
 Ritual bermaaf-maafan pun berlangsung dilanjut dengan bagi-bagi uang fitrah *ini nih yang ditunggu-tunggu adik-adik yang masih sekolah hehe. Eh ternyata Simbah tidak hanya membagikan uang untuk adik-adik yang masih belum menikah, yang sudah menikah seperti Mas Budhi pun dapat jatah hahaha *lumayanlah ya buat bensin hahaha

Lebaran bukan hanya baju baru, lontong opor atau pun uang fitrah, yang terpenting dari Hari Raya Idul Fitri adalah dimana kita sudah bisa berpuasa dan beribadah dengan benar serta lebih baik pada Ramadhan ini jika dibanding dengan Ramadhan tahun sebelumnya, dan apa ada yang bisa sebanding dengan kebersamaan dalam keluarga yang penuh kasih sayang? Semua bersedia berlebaran di rumah sakit demi Simbah putri tercinta. 

Seharian itu Simbah terlihat sangat senang melihat anak cucu kumpul semua. Seminggu setelah lebaran Simbah sudah bisa pulang ke rumah. Alhamdulillah.

dihitung-dihitung :P

Lebaran kali ini pun semakin berkesan ketika saya bisa kopdar untuk pertama dan kedua kali hehe *blogger newbie getooo

Yang pertama dengan mbak Susindra, yang memang berdomisili di Jepara

Sampai swalayannya mau tutup baru kita pulang :)
dan yang kedua dengan mbak Lidya sekeluarga dan Ila

lucu and ganteng ya Calvin
Kopdar dengan teman-teman blogger ini menutup Lebaran 2012 saya dengan sangat manis ^_^


Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Kenangan Blog Sumiyati-RaditCelluler

31 comments:

  1. Sipp lebaran yang mengesankan, terima kasih mbak Esti telah tercatat sebagai kontes kenangan :)

    ReplyDelete
  2. semanis senyummu mbak :) semoga bisa ketemuan lagi ya

    ReplyDelete
  3. Itu tumplek blek di kamar perawatan ngga ditegur satpam ya mbak... qiqiqi...
    Sukses ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk gak mbak..
      Emang cuma kamar simbah yg ramenya gak karuan

      Makasi :)

      Delete
  4. Kalo saya ikut ke rumah mbahnya kira-kira ikut kebagian sangu nggak nih.. Lebaran yang mengesankan mbak.. semoga sukses ya mbak..salam

    ReplyDelete
  5. untung itu lebaran ada juga yang jualan nasi bungkus ya...
    seru juga ya lebaran di rumah sakit ..., keluarga besar banget pula ya....,
    Terbayang ramenya kamar si mbah
    good luck kontesnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu Mon, untung bgt masih ada yang jualan

      Fokoke rame pol deh

      Makasi Bu Mon :)

      Delete
  6. si mbah jd teribur ya, karena sekeluarga besar pada membezuk.. Alhamdulillah si mbah skrg uda bs pulang ya :)

    ReplyDelete
  7. Aku malah ikut mikir gelo tuh bahasa Indonesianya apaan, wkwkwk.
    Kecewa yang ada penyesalan kali ya, auk deh...
    Meski di RS, tetep seru kan mbak lebarannya...
    Eh mbak Ila tuh gendut ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Na' mgkn kecewa yang pas untuk padanannya
      Seru bgt lebarannya
      Si Ila, 11-12 lah sama aku hehehe

      Delete
  8. Saya paling tersiksa kalau puasa2 malah penataran di LPMP...
    Meh saur aras2en Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha saya juga sama Pak, pas puasa emang paling enak saur di rumah ya, tapi namanya tugas kan kita gak bs nolak :)

      Delete
  9. Wah kumpul keluarga besar sepertinya seru ya..

    ReplyDelete
  10. mbak esti jadi ingetan sama yangkung, dulu juga satu ruangan rame banget saudara2 gitu :D

    Itu kopdar nya langsung bejibun banyak bener, mama lidya, bunda susi, eeh ada mbak ila beda banget yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah saingan nie..
      semoga menang semua dah..

      Delete
    2. @Niar : Iya Niar, selamat ya udah menang
      Ih masih kalah tuh sama Niar kalo masalah kopdar :)

      @Moh. Rivai : kan tambah asik kalo rame2 Mas :)

      Delete
  11. seru ya mbak kumpul keluarga begitu
    semoga sukses kontesnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak :)
      Mbak Ely pasti kangen ya momen spt ini?

      Makasi mbak :)

      Delete
  12. Wah, GA-nya mbak Sumiyati, ya. Jadi gak enak hati karena baru tahu.
    Semoga berutung di GA ini ya mbak. Pengalamannya sungguh seru. Lebaran di RS dengan segala keterbatasan serta keresahan.
    BTW, mbak, aduuuuh aku kok kelihata iteeeem banget bersanding denganmu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak item kok mbak, pencahayaannya yg kurang :)

      Delete
  13. Melihat foto simbah yg sedang tertidur, sementara anak cucunya ngumpul di bawah..rasanya aku ikut bahagia lho Mbak Esti..Simbah saat itu perasaannya pasti sama :)

    ReplyDelete
  14. wah.. kita nggak kopdaran mbak? hehe
    eh, tak kirain yg sakit mbak esti :D
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, pengantin baru mah mana sempat kopdar :)
      Alhamdulillah sehat Ri

      Delete
  15. Cerita kopdar memang selalu membahagiakan ya Bu ...

    Saya melihat foto di rumah sakit ?
    waaahhh rame ya ... si mbah pasti senang dikunjungi banyak orang ...
    lebih mempercepat kesembuhannya itu

    salam saya Ibu Budhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Om Nh..seneng ketemu teman lain

      Rame pol Om

      Makasi Om :)

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^