Social Icons

7 Oct 2012

Apa Bisa Berbisnis Tanpa Modal?


Ketika terbersit pikiran mau berbisnis pasti deh yang terpampang di otak sejumlah angka-angka yang menurut kita bombastis. Dan seringnya itu membuat kita keder duluan dan ambil langkah mundur tak beraturan. Yang ada di angan kita, pengennya bisnis yang ini yang itu perlu modal segini modal segitu. Fiuuh..ujung-ujungnya cuma berhenti di angan-angan, dan alasan paling afdol ya..gak punya modal..gak cukup modalnya.


Well. Siapa sih yang gak pengen punya mini market atau usaha waralaba..ih membayangkan keuntungannya aja udah cring cring khan?  Eh tapi modal yang dibutuhkan juga puluhan bahkan ada yang ratusan juta. Boro-boro deh mau bisnis modal segitu rumah aja masih nyicil…ups malah curcol.

Disinilah prinsip “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” harus kita gunakan. Jangan berpikir yang muluk-muluk dulu, kita mulai dari hal-hal sederhana dan bisa kita lakukan dulu. Ini beberapa hal yang pernah dan sedang saya lakukan :


.          1. Kerjasama dengan teman yang jadi anggota sejenis MLM (Multi Level Marketing). Pastinya mereka punya katalog yang siap disebarkan dan tentu saja harus memenuhi target penjualan. Di sini peluang kita. Karena saya bukan orang yang suka jadi member bisnis sejenis itu (baca MLM), saya menawarkan diri untuk menawarkan barang-barang dalam katalog ke teman-teman saya, baik di kantor, arisan, atau di facebook saya. Tentu saja ada pembagian keuntungan yang sudah dibahas sebelumnya. Biasanya sih ketika pesanan sudah terkumpul banyak, saya menghubungi teman yang jadi member itu dan dia yang akan mengantar ke rumah saya. Ngirit ongkos dan tenaga kan?


b       2. Kerjasama dengan tetangga/teman yang berbisnis pakaian. Kita bisa mengambil pakaiannya dulu, menawarkan ke teman-teman lain dengan harga sedikit lebih tinggi, dan bila ada sisa/pakaian yang tidak laku bisa kita tukar dengan pakaian lain, dan begitu seterusnya.


c        3. Berbisnis online. Kita menjadi reseller suatu produk yang dijual online. Yang kita butuhkan hanya blog/web untuk memajang produk mereka. Jika ada pesanan, kita tinggal menghubungi produsennya dan mereka pula yang akan mengirimkan barang langsung ke pelanggan dengan memakai nama kita tentu saja.

Mulai dari yang kecil lama-lama Insya Allah akan terkumpul modal dan bisnis kita pun menjadi besar dan variatif . Jadi, siapa bilang bisnis tanpa modal hal yang tidak mungkin?

(ikutan kuis Duta-Buku IIDN)


Postingan ini diikutkan GiveAway DUTA BUKU 

supportedby Indscript Creative dan Yes24.com
 

16 comments:

  1. Tapi, tetep aja butuh modal, deh. Bisa modal uang, barang (misalnya kendaraan). Tapi, modalnya bisa sedikit asal 'pinter' ngolahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi 3 cara berbisnis yang saya terangkan di atas modalnya cuma ngomong tok Mas :)

      Delete
  2. Replies
    1. Aah..masak sih ada yang gak percaya sama saya Pak *kedip-kedip

      Delete
  3. Setuju dengan Pak Mars, butuh modal kepercayaan. Justru mungkin hanya dengan modal kepercayaan bisnis jutaan bisa jalan.
    Semoga menang GAnya Mba.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup...kepercayaan termasuk strategi marketing ya Mas

      Aamiin...Makasi Mas :)

      Delete
  4. setuju sama Dani, kepercayaan salah satu elemen penting dlm berbisnis
    sukses kontesnya ya

    ReplyDelete
  5. semoga menang ya mbak dengan GAnya. tapi kok gak bisa dibuka ya halaman postingan barunya

    ReplyDelete
  6. bunda pernah sempat ikut sebuah usaha MLM yang cukup terkenal Am**Y, dan tetap aja gak berhasil dengan sukses seperti anggota yang lain,
    karena gak punya ilmu ngomong nya itu, Esti :(
    akhirnya ya cuma beli produknya aja dgn harga member....hehehe...


    semoga sukses di GA ini ,Esti
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha lumayan lah Bun, bs beli harga member
      Berarti rejeki Bunda bukan di situ ya Bun
      Aamiin..makasi Bun :)

      Delete
  7. iya bener deh tetep butuh modal Es, contoh misal pas ada yang mau pesan barang utk MLM gitu nah kita ngeduluin beli baru kita jual ke orangnya tapi memang ada sih yang sistem PO jadi dia bayar separo dulu pas barang datang baru dia lunasin jadi kita modalinnya separo harga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe itu kan kalau kita yang jadi member mbak, kalo saya kan ambil barang yang dari member :) Jadi gak perlu keluar duit dulu hehe

      Delete
  8. Sebenernya modal yang paling oke dan ngga bakal tergantikan adalah otak kita sendiri :)

    Saya suka sekali dgn istilah: 'If WHY is big enough, the HOW is usually not a big problem'. Artinya jika kita memiliki mimpi yang cukup kuat (plus emosional), otomatis otak kita akan mencari jalan keluar, bagaimanapun sulitnya. Betul?

    ReplyDelete
  9. pakai modal ketrampilan dan kepandaian untuk cari rejeki

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^