Social Icons

10 Jul 2012

Bercinta Dengan Puisi

Diantara tiga (3) karya sastra, yaitu novel, drama, dan puisi; puisi-lah yang menjadi momok bagi diri saya. Saya lebih baik menganalisa novel setebal 500 halaman, daripada puisi yang terdiri dari tiga bait. Kenapa begitu? Karena menurut saya pribadi kita harus memiliki sense yang lebih tinggi untuk mengetahui makna dari sebuah puisi. Bagaimana dengan membuat puisi? Waduh, apalagi itu, lebih susah lagi. Kita harus punya diksi/pilihan kata yang ciamik untuk membuat puisi yang enak didengar dan bermakna. Karena itu saya menyebut diri saya sendiri sebagai penikmat puisi. Walau tidak bisa membuat dan butuh tenaga ekstra untuk menganalisa, Alhamdulillah saya masih bisa menikmati puisi.

Postingan kali ini saya mau membahas sebuah puisi karya mbak Ririe yang berjudul Pada Cinta Tanpa Penjelasan. Seperti puisi-puisi lain karya mbak Ririe, mbak Ririe lebih mengedepankan mood dalam pembuatannya. Hmmm…tentu saja mood sangat penting dalam pembuatan puisi dan karya sastra lainnya. Tetapi ada baiknya mbak Ririe juga melihat kaidah pembuatan puisi secara keilmuan.

Sebagai pemula sebaiknya kita (lue aja kali gua kagak) memperhatikan rima, rasa, dan nada. Rima yang beraturan, rasa yang ingin kita ketengahkan, dan nada ‘persoalan’ yang kita bicarakan, akan membuat puisi lebih enak ‘jatuhnya’. Saya membaca beberapa puisi mbak Ririe, mbak Ririe selain mengedepankan mood juga lebih suka bermain kata. Kata-kata yang dipilih sudah bagus tapi terkadang membuat pembaca mengerutkan kening karena ‘terlalu indah’. Ada beberapa pilihan kata yang diulang dalam beberapa puisi, seperti kata 'partikel'. Mungkin mbak Ririe suka dengan kata ini. Terkadang kata yang lugas pun bisa 'nampak' indah. Salah satu contoh puisi yang sering diperbincangkan dalam jagad kesusastraan dunia, adalah The Raven (burung gagak), karya Edgar Alan Poe. Kata dan artinya lugas dan jelas. Maaf lo mbak Ririe kalau tersinggung. Bukan maksud saya mengkritik, lha wong saya juga hanya sebagai penikmat puisi. Ini hanya saran saja.

Tidak afdol rasanya membahas puisi tanpa ‘menempelkan’ sebuah puisi disini. Ini puisi hasil mengubek-ubek file yang saya anggap pas dengan puisi mbak Ririe (dipas-paske sebenarnya hehe). Semoga bisa dinikmati.

 Jiwa Tanpa Raga

Apakah ini cinta, ketika kau berubah, aku merasa terluka.
Apakah ini cinta, ketika setiap saat, harus tahu bagaimana keadaanmu.
Apakah ini cinta, ketika setiap bicara tentang dirimu,
ada mata berbinar dan senyum yang merekah
Apakah ini cinta, ketika yang ku tau tentang dirimu hanya jiwa tanpa raga

“Tulisan ini diikutsertakan dalam “Giveaway Kidung Kinanthi: Kata dalam Puisi”

Teruslah membuat puisi mbak Ririe, 
jangan seperti saya yang hanya sebagai penikmat puisi ^_^ 
Salam saya untuk keluarga

67 comments:

  1. suka sama yang terakhirnya..

    Teruslah membuat puisi mbak Ririe, jangan seperti saya yang hanya sebagai penikmat puisi ^_^

    ReplyDelete
  2. wah sudah ada yg komen
    padahal saya gak pede lo buat ini hehe

    ReplyDelete
  3. Sejujurnya saya juga pengennya bikin puisi yang mengikuti kaidah dalam berpuisi, tapi hasilnya justru 'meluncur bebas' keluar dari jalurnya. Dan ketika saya coba 'mengaturnya' saya malah terjebak dalam stag..bingung nerusin puisinya.

    Karena itulah, saya masih dominan pd mood dalam membuat puisi dan tentu saja tidak produktif.

    Honestly, terima kasih banget atas masukannnya...semoga bisa jd motivasi saya utk membuat puisi lebih 'berirama' lagi..

    #Tercatat sebagai peserta#

    ReplyDelete
    Replies
    1. woohoo...makasi mbak ririe, ats terdaftarnya saya sebagai peserta dan atas pengertiannya terhadap tulisan saya
      sukses acaranya ya mbak :P

      Delete
  4. kalau saya memahami arti dari puisi agak bingung,tp kalau sastra lebih mudah ditangkap.Entah kenapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukankah puisi juga termasuk karya satra juga mas
      mungkin sastra yg mas maksud bisa diperjelas :)
      makasi kunjungannya

      Delete
  5. wahhhhhh...aku ngaku kalah deh....
    apik tenan ini ulasannya

    semoga berjaya bersama saya ya jeng he he he he (ngeyel ingin menang juga)

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. horeee...dapat pujian dari pakdhe
      iiih pakdhe sekali2 ngalah atuh :P
      salam tak kalah hangat dari Semarang Dhe

      Delete
  6. Ikut mendukung agar ulasan ini menjadi salah satu pemenang dalam acaranya Mbak Ririe Khayan

    ReplyDelete
  7. namanya puisi2 mbak rie ngk ada yg biasa-biasa aja pokoknya semuanya sesuatu :)

    good luck buat GAnya yah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. fans berat ya hehe
      sukses juga buat kamu ya
      ikutan juga kan?

      Delete
  8. sukses GAnya..

    aku gk ngerti puisi jadi bingung mau komen apa. tapi dari postingan ini jadi tau ternyata puisi ada kaidah2nya, kirain cuma menuliskan dan menyuarakan apa yang ada di benak dan di hati.. hahaha.. nice post!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha puisi emang susah kok dicerna, krn itu aq buat post kyk gini aja :P

      Delete
  9. postingan yang bagus... dan puisinya juga... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi :)
      gak ikut meramaikan?
      makasi udah mampir

      Delete
  10. Mbak Esti, aku sering kagum pada cara kerja otak kaum sastrawan..Entah apa yang mereka lihat dalam pikiran, kok ya nemu aja rangkaian kata yang kalau disusun jadi indah dalam kepala kita. Semoga sukses dalam hajatannya Mbak Ririe ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu, padahal kata2nya sederhana tapi begitu dibaca maknyes
      makasi bu :)

      Delete
  11. bagus mba....*komplit bener...hehehe :)

    slm kenal yaa mba n sukses buat GA'nya :)....*smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha makasi
      bukannya kita udah kenalan yak *garuk2 kepala

      Delete
    2. hihihi....*kenalan lagi biar makin lengket :D

      Delete
    3. awwww...lengket kayak prangko...hihihi
      Semarang juga ya mbak?

      Delete
  12. Keren mbak es, di ulas sampek pake pembanding puisi burung gagak..

    Aahh lagi2 cinta yang membuat makin mak jleb,w akakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha puisi inih pas lg poling in lop
      sebenarnya mau mengulas lebih panjang lagi tp mbak ririe ngasi ancer2 100-200 kata

      Delete
    2. ciyee, sama misua yoo mbak :D

      jiaah iyoo sampek 200 tok, tapi kayak e pnya ku lebih deh, xixixi :D

      Delete
    3. yo mesti to ti..sama misua
      punyaku juga lebih kayaknya
      padahal wis tak fefet2ke :P

      Delete
    4. iyee mbak es, podo wes tak tarik ikat pinggang masih ajah panjang, xixixi :D

      Delete
    5. kalau yg begini susah amat buat yg pendek2 tapi nek disuruh buat makalah susah bener buat tulisan panjang *hadeh

      Delete
  13. ulasan yang cerdas sekaligus "halus" dengan penekanan "sy sebagai penikmat puisi" :D. Moga yg punya hajat bisa memenangkan ulasanmu ini hehehe (salam kenalan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ketahuan iq..
      amin3...mbak ririe kira2 baca gak ya :P
      salam kenalan juga
      makasi udah mampir :)

      Delete
  14. Begitulah puisi, ;)
    saat emosi itu lagi memuncak, maka memuncak jualah puisi itu
    itu kenapa kadang banyak kata yng terulang

    salam kenal juga mba :)
    skalian follow yah ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak
      biasanya tergantung mood ya
      tar saya follow back :)

      Delete
  15. Memang betul sekali sobat.......
    saya juga gak bisa membuat puisi, ya....katakanlah walaupun hanya tiga baris, tapi sekalipin kalimatnya sedikit puisi sangat memiliki makna yang dalam........dan mempunya karakteristik yang sangat menuju pada sasaran, walaupun harus berfikir dan menyikapinya secara mendalam..
    terima kasih kawan....
    info bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah banyak temannya ya mas
      sama2 gak ngerti puisi :P

      Delete
    2. ditunggu follow baliknya nih, 28...
      untuk meramaikan suasana....
      terima kasih

      Delete
  16. jadi inget jaman SMA,

    ada tugas bahasa indonesia membuat puisi dadakan dan langsung dibacakan didepan kelas. Saking bingungnya, aku bajak aja lirik lagu dewa 19, Alhamdulillah pak gurunya nda tau itu lagu dan setelah kubaca, dia bilang "puisi yang indah, kamu sangat berbakat"...hehe, padahal pas kubaca, teman2 yang lain pada teriak ketawa-tawa karna lagu itu emang populer di kelas..

    ga bisa puisi gpp, yg penting kreatif..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gitu ya..
      sejak sma udah kreatif donk ya :P

      Delete
  17. Baca posting ini, aku jadi mikir...
    mikir gk akan bisa menang lawan Esti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaah masak seeeh...*PD tingkat dewi
      punya mas insan juga bagus lo
      dan peserta2 lain juga oke2 tulisannya
      ish..padahal saya buatnya cepet2an, mau keluar kota
      kalo gak kan bisa lebih baik T.T

      Delete
  18. jangan terus menjadi penikmat puisi ding mbak Esti, tapi sekali-kali buat juga puisi. Jangan kayak saya ya ora paham arti dari puisi. Maklum mbak.. lemot nih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya sukses Giveawaynya ya

      Delete
    2. hihihi makasi mas lozz
      kadang2 masih buat tapi gak pede mau nayanginnya :)

      Delete
  19. lebihunggul dibanding aku yg gak tau bisa ikutan atau gak :) semoga sukses ya

    ReplyDelete
  20. Bercinta dengan Puisi... :)
    Dari judulnya sudah menarik... :)
    Hadir di sini dengan bawa oleh2 MP3 Inspiratif Bag. XVI, ditunggu lawatan baliknya, Thanks, Salam bLogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan memang dibuat semenarik mungkin mas
      saya sudah kesana lo :P

      Delete
  21. the Raven ya, dari postingan ini saya tambah wawasan jadi buka puisi ini. mantap, makasih. sukses ikutan GAnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas
      Makasi ya udah kemari ")
      Kapan2 saya akan bahas puisi itu

      Delete
  22. Waahh bagus juga tuh saran-sarannya. dan ana ingin menambahkan sedikit bait puisinya nih. Boleh kaan...

    Apakah ini cinta, ketika namamu disebut
    Hati ini bergetar begitu hebat menimbulkan kerinduan

    Salaam..
    <'@II< maH-Taj ^_^ !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sebenarnya gak boleh
      tapi yah krn sudah terlanjur gpp lah hihihi *becanda
      makasi ya :)

      Delete
  23. keren ah puisinya.... ya itu betul betul cinta kayaknya ya..... salam hangat terus.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ketahuan ya pak, iya itu pas jatuh cintrong :P

      Delete
  24. bagus banget puisinya ...!!

    ReplyDelete
  25. Kok ini-ini saja artikelnya, dah seminggu lho.
    update donk deh
    salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  26. semoga mennag kontes dengan tidak mengupdate artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin3
      maksudnya mengupdate tulisan?
      saya mah lurus2 aja bang :)

      Delete
  27. membacanya, saya jadi ingat bahwa saya ingin juga ikut acara ini, tapi belum juga jadi tulisan, semoga sukses ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin3 wah sensasi GA mepet waktunya itu luar biasa lo pak :)

      Delete
  28. Semoga menang ya mbak :D
    dtunggu postingan lainnya mbak

    ReplyDelete
  29. salam kenal, semoga sukses ya mbak?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^