Social Icons

6 Feb 2021

5 Jenis Makanan Pemicu Timbulnya Jerawat

Pernah jerawatan gak, temans? Gimana rasanya?

Yakin deh hampir semua orang pernah ngerasain yang namanya jerawatan. Rasanya gak enak banget, udahlah sakit jerawatnya, belum lagi kulit muka jadi gak mulus dan kesannya kusam. Waktu masih 20an, wajah saya mulus banget padahal gak pernah kena skincare selain pembersih sama bedak. Eh malah menjelang usia cantik, yang konon katanya kulit sudah semakin mengering, jerawat di muka mulai unjuk gigi.




Sejak pandemi, karena merasa “gak kemana-mana”, saya jarang sekali membersihkan muka. Tidak sampe sebulan, saya mengalami ‘break out’ pada wajah. Jerawat timbul silih berganti, alhasil bekasnya menghitam dan wajah kelihatan kucel banget.sudah berusaha merawat wajah lebih baik dari sebelum pandemi pun belum membuahkan hasil. Mulai dari masker, scrub, double cleansing dan blablabla lainnya tetep nih jerawat gak ilang-ilang. Ini nih namanya kalau sudah ‘terlanjur’, digimana-gimanain aja tetap bandel jerawatnya. Akhirnya saya ke dokter, karena mulai hopeless sama kondisi wajah.

Karena masa pandemi, tempat dokter kulit yang dulu jadi langganan facial hanya menerima konsul via whatsapp. Saya pun mengabarkan kondisi wajah saat ini dan tak lupa mengirim beberapa foto. Oleh dokter, saya dikasi resep beberapa jenis krim dan ada obat minum selama 3 hari. Di catatan terbawah, beliau menulis “jaga makanan”. Iya dok iya.


Duh, sering banget terlupa kalau apa yang dikonsumsi itu pengaruhnya besar banget ke kulit. Masih beruntung jerawatnya belum meninggalkan bopeng, kalau sampe bopeng tambah susah yang mbenerin kulitnya. Apa aja sih makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat? Pastinya sih makanan yang kurang sehat tapi enak di lidah #eh haha.

Berikut 5 jenis makanan penyebab jerawat:

1. Makanan berminyak

Siapa nih yang sudah sukses menahan godaan gorengan? Gorengan anget sama teh anget, enak bener kan pas cuaca dingin gini. Susah banget menahan diri dari gorengan ini. Padahal gorengan merupakan kontributor terbesar demonya jerawat di kulit kamu. Kadar lemak yang tinggi pada makanan yang digoreng menjadi alasan utamanya. selain itu terlalu banyak mengkonsumsi makan berminyak juga beresiko kolesterolmu melesat naik lho. Jadi, mari mulai mengurangi gorengan yuk. Semoga segera bisa beli air fryer deh

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda emang seger banget apalagi klo dinikmati dingin dan saat cuaca panas. Beuh, surga banget. Tapi kalau kamu sedang berjerawat atau tidak ingin berjerawat lebih baik mulai kurangi konsumsi minuman bersoda dan ganti dengan air putih ya. Minuman bersoda selain mengandung gula yang tinggi juga aspartam yang menyebabkan penurunan kadar PH dan memicu peradangan pada kulit


3. Makanan/minuman Tinggi Gula

Makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula seperti coklat, produk susu dan permen contohnya akan menyebabkan peningkatan hormon yang memicu timbulnya jerawat. Selain itu, serat elastin dan kolagen pada kulit akan mengalami kerusakan, sehingga kulit menjadi kering dan kotoran menumpuk, ini yang membuat kamu jerawatan.

4. Makanan pedas

Masakan Indonesia mayoritas merupakan masakan pedas, kalau gak pedas tuh emang kurang niqmat dan kurang bersemangat, yekan? Apalagi pecinta pedas 


5. Makanan cepat saji

Makanan cepat saja a.k.a fast food adalah makanan yang disukai berbagai kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya yang enak dan gurih memang gak ada lawan. Tapi kalau kamu ingin punya muka mulus tanpa jerawat, mulai batasi fast food yang masuk ke tubuhmu. Karena makanan cepat saji mengandung lemak dan gula tinggi yang dapat memicu jerawat di kulit.

5 jenis makanan di atas memang jenis makanan yang digemari terutama di negara kita. Memang sulit untuk dihindari, tapi mari diusahakan untuk membatasi asupan ke jenis makanan di atas. Demi kulit mulus tanpa jerawat

Oh ya, di masa pandemi seperti ini tentu berkunjung ke dokter membuat perasaan was-was karena kita memang harus menghindari kerumunan. Kalau gejala sakit masih termasuk ringan, kamu bisa baca-baca artikel kesehatan yang kamu butuhkan di web halodoc. dan kalau mau konsultasi dokter juga bisa lho. 

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^