Social Icons

20 Mar 2020

3 Tips Sehat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Tips Sehat Menurunkan Kolesterol Secara Alami. Kolesterol menjadi momok bagi saya sejak beberapa tahun ini. Kepala yang sering pusing yang luar biasa menjadi salah satu penanda. Sehingga saya menyempatkan diri untuk cek laboratorium sendiri untuk tahu kondisi tubuh. Iya, segitu niatnya karena kepala yang pusing sudah mulai mengganggu sekali. Selain mengganggu aktivitas juga membuat saya takut kalau saya mengidap penyakit yang cukup berat.



Hasil tes menunjukan bahwa kolesterol saya tinggi, melebihi batas normal hiks. Akan tetapi, sampai disini saya belum yang benar-benar berupaya agar kolesterol saya normal. Saya hanya berusaha mengurangi gorengan saja. Iya, hanya sebatas itu usaha saya :(

Sewaktu hamil Andhika, saya kembali mengeluhkan pusing kepala yang kerap menghampiri. Oleh dokter, saya diminta untuk tes lab lagi. Dan hasilnya kolesterol yang jadi biang keroknya. Akhirnya saya dirujuk ke dokter spesialis penyakit dalam. Oleh dokter internis, saya diresepkan obat minum untuk menstabilkan kolesterol dalam darah saya. Saya sempat bertanya, "apakah ada bahan alami untuk menurunkan kadar kolesterol?". Kata dokter bisa asal konsisten. Oke lah, kita mulai pola hidup sehat untuk menaklukan kolesterol ini.


Pola hidup sehat yang saya lakukan simpel saja sih, selain mengurangi gorengan, saya juga mengurangi makan makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti bebek goreng, jeroan dan daging. Saya akan lebih memilih ikan atau ayam sebagai lauk. Dan mengkonsumsi beberapa makanan alami yang dipercaya menurunkan kolesterol secara bertahap. Setelah beberapa bulan, saya mulai merasakan perubahan yang signifikan, seperti sakit kepala yang mulai hilang, tubuh lebih segar dan kondisi tubuh yang lebih prima juga saya rasakan.

Oh ya, berikut ini beberapa makanan alami yang saya konsumsi untuk menurunkan kolesterol:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun ini banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah menurunkan kolesterol dalam darah dan menstabilkan kondisi tubuh. Di awal saya mengkonsumsi minyak zaitun. Rasanya gimana gitu ya, karena saya tidak tahan meminumnya langsung, saya memilih minyak zaitun yang terdapat dalam kemasan kapsul. Ternyata saya rasakan minyak zaitun yang berada dalam kapsul perubahannya tidak terasa sama sekali karena itu saya kembali menggunakan minyak zaitun yang diminum langsung.

Akhirnya saya mendapatkan cara agar dapat mengkonsumsi minyak zaitun dengan aman dan tenang yang semula mengkonsumsi dengan ogah-ogahan akhirnya dengan senang hati meminumnya di pagi dan malam hari. Di pagi hari meminum 2 sendok makan minyak zaitun diusahakan sebelum sarapan sedangkan di malam hari 1 sendok makan sebelum tidur.

Mau tahu enggak caranya minyak zaitun supaya tidak terganggu dengan rasa dan baunya? Jadi, kalau misalnya kita mau minum minyak zaitun, kita minum air putih dulu, tahan air putih di dalam mulut kemudian tuang minyak zaitun di sendok lalu kita minum dengan kondisi air putih masih di dalam mulut. Langsung glek, telan deh air putih berikut minyak zaitunnya. Gak berasa apa-apa lo, sama seperti minum air biasa.

2. Minum perasan lemon

Saya agak kuatir mengkonsumsi air lemon di pagi hari dengan kondisi perut kosong, jadi air lemon saya konsumsi di pagi setelah sarapan. Kadang saya campur dengan madu, masukan di botol dan saya dinginkan. Ugh, enak buat minuman siang hari.

3. Bawang putih tunggal

Ini nih momok banget sama bawang tunggal tapi mau bagaimana lagi. Bawang tunggal ini memang terkenal ampuh untuk menurunkan kolesterol. Karena gak doyan mengkonsumsi dalam kondisi mentah, saya mencoba untuk mencicipi acar bawang tunggal. Eh, ternyata enak loh. Saya bisa makan acarnya. Cukup 1 buah 1 hari.

Oh ya, mungkin pernah dengar rebusan daun salam untuk menurunkan kolesterol juga? Saya tidak mengkonsumsinya ya, karena kata dokter daun salam bisa menurunkan tensi, sedangkan saya termasuk orang dengan tensi yang rendah. Tapi kalau temans tensinya normal, monggo aja, aman kok.

Lalu, ada kemajuan gak mengkonsumsi 3 jenis makanan tadi?

Minggu lalu saya menyempatkan diri untuk cek lab lagi. Alhamdulillah kadar kolesterol saya sudah masuk range normal. Yeay, hepi banget. Walau sudah normal tapi saya tetap mengkonsumsi makanan tadi ya. Efeknya bagus kok buat badan.

Kalau kalian ada keluhan kesehatan gak akhir-akhir ini, temans? Jangan abai sama kondisi tubuh ya, nanti malah bisa merembet kemana-mana.

Salam sehat


3 comments:

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^