Social Icons

30 Aug 2017

Komunitas Musik Indonesia, Tempat Bertukar Pikiran dengan Musisi Senior

Komunitas Musik Indonesia, Tempat Bertukar Pikiran dengan Musisi Senior. Kalau ditanya, "apakah kamu suka musik?" Hampir bisa dipastikan kalau jawabannya pasti "Ya!" Karena emang rata-rata kita suka dengan musik, walaupun mungkin genre musik yang kita sukai berbeda-beda. Tidak hanya sebagai penikmat musik, saya yakin tidak sedikit di antara kamu yang juga aktif berkarya di bidang musik dengan menciptakan berbagai musik instrumental hingga lagu-lagu menarik.



Mereka yang berusaha meniti karir melalui dunia musik tidak semuanya beruntung dan tidak semuanya tahu bagaimana caranya agar bisa eksis di dunia musik Atau paling tidak, tau caranya membuat lagu-lagu yang mereka ciptakan bisa didengar oleh orang lain.


Nah, bagi kamu para kawula musik yang ingin menjalin tali persaudaraan agar lebih mengenal dan bisa menggali lebih banyak informasi seputar: indie label, major label, event musik, band pendatang baru, kabar-kabar terkini dari dunia musik Indonesia maupun internasional, maupun event-event yang berbau musik lainnya. Kamu perlu bergabung dengan Komunitas Musik Indonesia.

Selain ngandalin kualitas suara, tampang, dan skill dalam memainkan alat musik--agar musikmu bisa didengar oleh orang lain, kamu juga perlu sedikit “usaha.” Nah, beberapa bentuk usaha yang bisa dicoba agar kesempatan yang selama ini kamu impikan bisa terwujud, di antaranya adalah:

1. Kamu perlu belajar lebih banyak dari para senior, terutama dari mereka-mereka yang sudah terlebih dahulu melaju melalui jalur indie atau major label. Karena pengalaman mereka dan cerita bagaimana mereka merintis kesuksesan adalah pelajaran yang tak ternilai harganya. Dan yang pasti, tidak akan setiap hari kamu temukan.

2. Kadang-kadang, mengenal orang-orang yang tepat bisa membantu kita membuka jalan menuju kesuksesan. Karena ‘seperti bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun akan kecipratan wanginya.’ Begitu juga ketika kita bergaul dengan musisi-musisi berpengalaman, kita pun pasti akan kecipratan sukses. Atau paling tidak, pintu menuju kesuksesan akan lebih terbuka.

3. Update informasi terbaru juga tidak kalah penting. Karena melalui kabar terbarulah kita bisa mengetahui kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang kita miliki. Update info terbaru seputar musik sangat penting mengingat, selera pasar selalu berubah-ubah setiap tahun. 

4.  Deal dengan situasi. Karena, kadang-kadang terlalu idealis juga bisa membuat kita terbenam. Di era modern yang penuh persaingan ini, kita perlu pandai-pandai melihat situasi dan membaca kesempatan. 

Contohnya, kalau aliran musikmu adalah rock, tapi yang disukai pasar adalah pop; tidak mengapa kalau kamu sedikit mengikuti arus. Setelah punya nama dan terkenal, barulah kamu bisa mengeluarkan jati dirimu yang sesungguhnya.

Ini adalah contoh kecil cara cerdas untuk sukses. Karena kadang-kadang, idealisme perlu dikekang untuk dikeluarkan suatu saat nanti.

2 comments:

  1. Mantap kalau ada komunitas kek gini, jadi bisa belajar juga dengan ahlinya.

    ReplyDelete
  2. Aku suka musik, tp sejak punya anak udh jarang dengerin musik, musiknya lagu tayo skrg hehehe. Oh iya Mba Esti, kayaknya ninggalin linknya pake www aja, soalnya klo cuma estisulistyawan.com page not found mba, klo pake www baru kluar halamannya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^