Social Icons

30 Apr 2017

Panduan Membeli iPhone 5 Refurbished

iPhone merupakan salah satu smartphone yang paling banyak diinginkan dan diidolakan karena punya merek dan kualitas. Identik dengan hape kelas atas dan mahal (mewah). Sampai saat ini, Apple sudah meluncurkan beberapa seri smartphone. Yang terbaru adalah iPhone 7. 

Karena harganya yang mahal, banyak orang yang tidak mampu membeli smartphone baru besutan Apple ini. Sehingga, kadang-kadang mereka melirik iPhone second atau iPhone refurbished, atau iPhone lawas.Contohnya harga iPhone 5  yang dijual dengan harga 2 jutaan. Tentu saja harga tersebut jauh lebih menggoda dibandingkan dengan harga barunya yang bisa mencapai 2 kali lipat atau lebih.

Sebenarnya apa sih iPhone refurbished itu?


iPhone refurbished

Hal pertama yang perlu Anda tahu adalah, iPhone jenis ini bukan smartphone baru dan juga bukan smartphone second. 

iPhone refurbished ada karena: biasanya ada orang yang membeli smartphone tersebut kemudian mengembalikannya padahal tidak ada kerusakan, mereka memutuskan untuk mengembalikanhape tersebut karena mungkin tidak sreg dengan desainnya atau ternyata ia merasa tidak cocok dengan OS-nya.

Bisa juga disebabkan karena beberapa hal pada hape tersebut yang tidak berfungsi(ada error), atau bisa juga disebabkan karena smartphone tersebut akan ditukarkan dengan model terbaru. 

Jadi selain disebabkan karena ada beberapa smartphone yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kadang-kadang smartphone ini dikembalikan tanpa mengalami masalah apapun. Intinya, iPhone refurbished adalah smartphone yang telah digunakan, atau punya problem minor yang tidak melibatkan motherboard. Namun tentu saja tidak boleh dijual kembali dengan status “barang baru” (new set) 

Smartphone yang dikembalikan tersebut kemudian akan diperbaiki atau diperbaharui oleh pihak ketiga, termasuk menukar berbagai komponen yang rusak jika ada. Setelah itu, smartphone tersebut akan melalui fully testing (tes secara menyeluruh) untuk memastikan bahwa smartphone tersebut bisa berfungsi seperti biasanya (normal). 

Smartphone refurbished akan diberikan garansi (warranty) paling lama biasanya 1 tahun. Namun beberapa penjual di Indonesia melepas smartphone ini dengan garansi yang cukup bervariasi, mulai dari beberapa hari, beberapa minggu, namun jarang yang sampai 1 bulan. 

Yang perlu diperhatikan, smartphone yang diperbaharui ini apabila terjadi kerusakan pada beberapa komponen, biasanya akan ditukarkan dengan komponen atau part yang 100% original. 

Apa beda iPhone refurbished dengan iPhone second? 

iPhone second adalah hape bekas yang biasanya dijual tanpa melalui proses perbaikan dan uji (testing). Begitu juga dengan garansi, biasanya handphone-handphone second tidak diberikan garansi apapun kecuali hanya satu hari. Itupun jika ada.

Sedangkan untuk smartphone refurbished, smartphone tersebut sudah melalui proses uji dan kemudian dilepas dengan garansi. Biasanya smartphone-smartphone seperti ini akan dijual dengan keterangan "refurbushed."

Panduan membeli smartphone refurbushed

Walaupun beberapa smartphone jenis ini dikembalikan bukan karena kerusakan, namun harus diakui bahwa sebagian besar hape yang dikembalikan adalah hape-hape yang mengalami error, malfungsi, atau karena ada beberapa part yang tidak bekerja, misalnya tidak bisa di charger. 

Resiko membeli smartphone jenis ini adalah, beberapa smartphone refurbished kadang-kadang adalah smartphone second hand. Karena kurangnya informasi dan pengetahuan soal itu, maka sulit untuk mengetahui perbedaan apakah smartphone tersebut benar-benar smartphone refurbished ataukah smartphone second. 

Di samping resikonya tersebut, tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh pembeli seperti harganya yang jauh lebih murah dan lebih terjamin dibandingkan dengan membeli hape second. 

Untuk menghindari penipuan, terutama oleh penjual penjual yang mengatasnamakan iPhone refurbished untuk iPhone second, sebaiknya Anda mencari dan membeli di toko online yang terpercaya. Sehingga, kemungkinan untuk kena tipu akan sangat kecil. 

Itulah beberapa hal mengenai smartphone refurbished yang sebaiknya anda tahu sebelum memutuskan untuk membeli.

27 comments:

  1. sering banget liat iklannya di toko online. kadang bingung ngebedainnya, hehe

    ReplyDelete
  2. Apalagi sekarang banyak atoko online yg ga jelas ya mbak.harus teliti bgt kalo mo belanja gadget

    ReplyDelete
  3. Wah infonya pas banget, karena kayak aku nih gaptek kalo soal belanja smartphone. Harus teliti bnaget baca detil produknya

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahu kalo ada model kayak begini, Mbak. Setahuku ya kalo sudah dijual itu berarti hape second.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih informasinya mb..aku baru tahu. Selama ini ngertinya beli baru atau 2nd. Nice post!

    ReplyDelete
  6. Mesti hati2 biar gak kena tipu ya Mbak.

    Terima kasih sharing-nya. Jadi tahu istilah "refurbused" *kudet yah*

    ReplyDelete
  7. kalau mau cari smartphone branded tapi dengan harga miring emang refurbished ini bisa jadi option dan lebih aman ketimbang beli yang second. Saya punya macbook pro refurbished dan dapat garansi resmi pas beli (untuk produk apple biasanya ada sertifikat refurbished gitu) dan so far udah mau 2 tahun ga ada masalah..

    ReplyDelete
  8. Kepengen punya iphone sih, tp kalo refurbished ngerih ah

    ReplyDelete
  9. Saya ko masih suka waswas klo smartphone refurbished
    pernah baca review kurang mengenakan gitu

    ReplyDelete
  10. wah saya baru tau nih ada smartphone refurbished...

    ReplyDelete
  11. Seriusan ini ada smartphone refurbished. Baru tahu aku ini mba

    ReplyDelete
  12. Wahh ternyata ada juga iphone kaya gini

    ReplyDelete
  13. aku beberapa tahun ini pake iphone mbak
    tapi bulan lalu milih ganti karena baterainya boros banget wkwk

    ReplyDelete
  14. Ternyata beda ya dengan hp seken..

    ReplyDelete
  15. Ternyata beda ya dengan hp seken..

    ReplyDelete
  16. Aku baru tau deh ada yang begini.. Duh aku saranin mending beli baru sekalian daripada product geje begini ^^' (seken bukan, tapi termasuk seken)

    ReplyDelete
  17. Wah ilmu baru ni. Baru tau tentang refurbished ini. Hampir sama kayak yg ori ya mba keuntungannya

    ReplyDelete
  18. Nah aku pas mau beli iphone buat suamis empat ditawarain yang refurbushed, mba. Tapi mikir2 deh. Akhirnya sekalian aja mikir beli yang baru aja. Makasih tipsnya ya mba

    ReplyDelete
  19. kalau aku mending beli yg baru mbak, ngak beda jauh2 amat harganya

    ReplyDelete
  20. Wah baru tahu aku Mbak, iya nich mendingan beli baru yang sudah jelas bisa mendapat garansi ya

    ReplyDelete
  21. untuk menjaga kenyamanan dan keamanan itu nmending beli baru langsung ke apple storenya.
    Oh iyah makasih juga mba atas informasi ilmunya

    ReplyDelete
  22. mengenai refurbished menurut saya sih untung-untungan ya, klo lg untung ya seperti saya ini mbak, alhmdulillah udh 2x beli brang refurbished ga ada kendala sampai sekarang

    ReplyDelete
  23. ulasan iPhone 5 Refurbished cukup lengkap.. sejak dulu iphone memang terkenal handal..

    ReplyDelete
  24. Kalau dari segi harganya sendiri gimana? Lebih baik beli iphone second atau refurbished ya?

    ReplyDelete
  25. Hmmm ... Keren,
    Kalau saya lebih suka android

    ReplyDelete
  26. Enak nya sh beli yang terbaaru aja sekalian :)

    ReplyDelete
  27. Kadang pengen yak beli Iphone, tapi katanya Iphone kalau apikasinya kudu beli, kan saya jadi males klo beli, klo bisa gratis knp kudu beli T_T

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^