Social Icons

12 Dec 2016

4 Cara Memaksimalkan Potensi Belajar Anak

Pada saat kita mencoba untuk memaksimalkan potensi belajar anak, Kita sebagai orang tua adalah sumber daya utama yang dapat membantu mengembangkan karakter dan kepercayaan diri mereka. Dalam beberapa kasus, orang tua bisa memberikan kontribusi motivasi yang dibutuhkan agar anak bisa sukses secara personal maupun akademik. Mengingat orangtua saat ini sebagian besar aktif bekerja, mereka cenderung tidak banyak terlibat dalam pendidikan anak. Akan tetapi, orangtua tetap bisa memaksimalkan potensi kepintaran anak dengan belajar melalui: 



Membaca 

Membaca merupakan alat yang paling berguna untuk memaksimalkan potensi belajar anak. Hal tersebut juga diyakini oleh guru-guru di sekolah sehingga mereka sangat menganjurkan anak-anak untuk rajin membaca di rumah. Anak bisa belajar dari pengalaman  Biasanya, dalam dunia mengajar, seorang guru akan berusaha mendorong anak didik untuk bertanya "mengapa?" sehingga mereka terpancing atau terpacu untuk mengetahui lebih jauh tentang sesuatu yang membuat anak-anak merasa penasaran. Di rumah, berbagai pertanyaan anak sebisa mungkin tidak langsung dijawab oleh orang tua melainkan biarkan anak mencari tahu jawabannya sendiri sehingga mereka menjadi kreatif, memiliki etos kerja, dan usaha. 


Pahami motivasi anak 

Cara terbaik untuk mendorong agar anak-anak membuat pilihan yang tepat adalah dengan memberikan pengakuan terhadap setiap usahanya sehingga mereka tidak adakan pernah takut mengambil keputusan terutama karena adanya ancaman atau hukuman.  Tujuan utama dari metode pengajaran ini adalah untuk melatih anak agar bisa memilih pilihan yang tepat dan bukan sebaliknya, yaitu memaksa mereka mengambil sebuah keputusan karena takut mengecewakan atau karena takut mendapat hukuman. 

Biarkan anak gagal dan berhasil 

Seperti orang dewasa, anak-anak juga akan belajar dari kegagalan. Jangan terlalu banyak berkomentar mengenai bagaimana anak belajar. Karena anak-anak pasti bisa belajar bertanggung jawab, belajar berorganisasi, dan belajar hal-hal lainnya melalui trial and error 

Pahami apa yang dipelajari oleh anak  

Tips penting membantu memaksimalkan potensi belajar anak lainnya adalah dengan memberikan pengawasan, membuka kesempatan untuk diskusi mengenai pelajaran pelajaran di sekolah mereka, serta jangan lupa untuk mengamati bagaimana anak menyelesaikan tugas dari sekolah. Sekali waktu, orangtua harus mendukung atau menemani anak-anak mereka belajar agar anak-anak bisa berkonsultasi mengenai berbagai pelajaran yang belum mereka pahami. Dengan begitu, orang tua akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengidentifikasi apa saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dalam proses belajar anak. 

Itulah beberapa tips memaksimalkan potensi belajar anak yang bisa dicoba oleh setiap orang tua di rumah ketika Anda mencoba memaksimalkan potensi belajar anak, pujian dan dorongan adalah alat yang paling sempurna untuk membantu mereka berkembang dan belajar.

12 comments:

  1. Aku menerapkan ini sama anakku. ^_^

    ReplyDelete
  2. Bisa ditiru nih. Tapi anakku belum bisa baca tulis. ^_^

    ReplyDelete
  3. Setuju, Meski memahami motivasi anak sedikit susah, tapi orang tua harus tahu dan mempelajarinya. :D

    ReplyDelete
  4. Untuk para Ibu Muda, tips ini memang cocok banget. ^_^

    ReplyDelete
  5. Lama tidak bersua di blognya Mbak Esti Ibu Budhi hihi...
    Aku dulu ndak disemnagati untuk membaca jaman kecil mbak, Tapi sekarang ngejar banyak untuk berusaha mambaca buku buku. Kemungkinan kalau didukung sjak kecil sudah bnayak buku yang terlahap ya mbak hehe...

    ReplyDelete
  6. Membaca, saat ini anakku baru belajar membaca gambat-gambar yang dia lihat Mbak. Inginku nanti dia juga gila membaca.

    ReplyDelete
  7. Iya. Sepakat mbak. Membaca mmng jendela dunia.. Tapi anakku yang cowok, masih susah diarahkan untuk gemar membaca..

    ReplyDelete
  8. terima dia saat gagal, peluk, dan support lagi hehehe

    salam
    nia

    ReplyDelete
  9. Mendampingi ketika belajar dan bermain

    ReplyDelete
  10. Mendampingi ketika belajar dan bermain

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^