Social Icons

23 Nov 2016

Yuk Berhenti Menggunakan Barang Bajakan

Banyak orang tidak menyadari bahwa setiap detik dalam hidupnya adalah sesuatu yang berharga. Mereka melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan seperti mencuri. Mencuri disini bukan sesuatu yang yang terlihat dan nampak dilakukan dengan sengaja seperti mengambil barang yang besar atau merampok supermarket untuk mengambil uang. Mencuri yang dilakukan adalah dengan cara yang tidak kita sadari. Apa itu? Download dan menggunakan barang bajakan.

Di Indonesia, barang bajakan nampaknya sudah sangat biasa digunakan. Dari system operasi komputer mereka sampai sandal yang mereka pakai. Sudah banyak bukan kita temui barang bajakan ini sangat biasa dilakukan dan digunakan oleh seseorang. Ingin beberapa contoh yang sangat biasa namun itu tidak seharusnya dilakukan?




Menggunakan kaos palsu

Bagi sebagian orang, membeli kaos dengan label-label tertentu seperti kaos sepak bola adalah biasa. Asalkan gambar dan ada tanda tangan idolanya didalam kaos, yang relatif memiliki harga murah akan menjadi pilihan yang banyak digandrungi oleh kebanyakan orang. Dari pada membeli kaos yang asli pasti akan mengeluarkan banyak uang karena harganya yang mahal.

Menggunakan Operating System bajakan

Mungkinkah kita masih menjadi salah satunya, menggunakan operating system bajakan. Windows bajakan masih sering digunakan oleh banyak orang di Indonesia. Padahal, jika kita tahu, menggunakan barang bajakan sama saja mencuri. Mencuri secara halus karena sudah dianggap biasa. Windows memiliki harga jual yang lumayan mahal, dan OS ini tidak diberikan secara cuma-cuma namun kita memaksa untuk memakainya.

Kalau kita jeli, ada banyak sekali Operating System yang free dan bisa kita gunakan. Linux misalnya, seorang teman bercerita, menggunakan Linux sama mudahnya dengan menggunakan windows. Tidak ada bedanya ketika yang kita gunakan aplikasi itu-itu saja atau hanya untuk sekedar browsing. Oh ya.. Untuk microsoft word-nya, kita bisa menggunakan yang free seperti WPS Office dan masih banyak lainnya. Aplikasi Micrsoft Word punya windows, itu juga harus beli, mereka tidak memberikan secara cuma-cuma. Kalau kita maksa lagi untuk menggunakannya, apa coba namanya kalau bukan mencuri?

Download dan mendengarkan musik

Musik, siapa yang tidak suka musik, semua orang menyukainya. Bahkan, mendengarkan musik bisa menjadi kebiasaan dan menjadi sesuatu yang tidak boleh terlewatkan. Nah.. Tidakkah kita tahu, bahwa mendengarkan musik ini juga bisa menjadi seseuatu yang tidak layak kita lakukan karena bisa termasuk barang curian. Ya.. Download musik dengan bebas adalah tindakan pencurian. Ingat, mereka membuat musik untuk dijual dalam bentuk kaset atau VCD. Kalau kita memaksa mendengarkan musik yang dijual dengan gratis, apa coba namanya, mencuri bukan?

Ada banyak cara agar musik yang kita dengarkan bukanlah musik curian, salah satunya adalah dengan membeli Paket Musik Streaming Telkomsel Indonesia. Selain membeli Paket Musik Streaming Telkomsel Indonesia, kita juga bisa mendengarkan musik gratis melalui situs-situs yang memang menyediakannya. Youtube misalnya, kita bisa mendengarkan musik lewat sana.

Ternyata.. Ada banyak sekali kebiasaan mencuri yang tidak kita sadari bukan? Memang, untuk bisa mendapatkan sesuatu tidak bisa kita lakukan dengan mudah. Semuanya harus dengan perjuangan dan juga dengan mengeluarkan uang. Mereka yang membuat kaos, Operating system, dan juga musik juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan semuanya tidak bisa kita dapatkan dengan mudah begitu saja. Semoga dengan ini, kita bisa lebih berhati-hati dalam melakukan, mendengarkan, menggunakan sesuatu yang bukan menjadi milik kita ya.

5 comments:

  1. Aku memutuskan untuk tidak menggunakan sesuatu yang bajakan, sebab sudah tahu sendiri rasanya bagaimana kalau karya kita dibajak orang. Curhat. :'D

    ReplyDelete
  2. Waduh, saya merasa tertampar. Tapi saya setuju dengan Mbak. :D

    ReplyDelete
  3. Pembajakan emang menyebalkan. :(

    ReplyDelete
  4. kehidupan saya dipenuhi dengan bajakan semua mbak. Apa saya masih bisa untuk bertaubat? hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^