Social Icons

31 Jul 2016

Pembunuh Diam-Diam Bernama Penyakit Jantung

Kemarin jagat hiburan di Indonesia dikejutkan dengan kabar Mick Mohede yang meninggal secara tiba-tiba. Tentu saja publik bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab kematian penyayi bersuara merdu tersebut. Barita terakhir yang saya tahu, penyebab kematian Mick Mohede adalah serangan jantung. Mick Mohede bukan selebritis pertama yang dikabarkan meninggal karena hal tersebut. Tentu publik masih ingat dengan pelawak Alm. Basuki dan Alm. Adjie Massaid yang juga meninggal karena serangan jantung.



Beberapa waktu yang lalu, keluarga kami dikejutkan dengan kabar dari salah satu adik Bapak mertua yang akan melakukan operasi jantung. Bagaimana tidak terkejut, karena Om Yo (panggilan beliau) tidak pernah dikabarkan mengalami sakit berat. Secara berat badan pun beliau terlihat tidak berlebihan. Kok tiba-tiba ada kabar beliau sakit jantung, mana mau operasi lagi.

Ketika saya dan suami membesuk sehari sebelum operasi dilaksanakan, Om Yo bercerita kronologis kejadian tentang penyakitnya. Kata Om Yo, beliau hanya mengeluhkan dada yang sesak, seperti masuk angin. Jadi ketika vonis penyakit jantung dan harus segera operasi, Om Yo juga kaget. Operasi itu sendiri katanya memasang 2 ring di pembuluh darah. Ehm...kok serem ya.

Yang lebih serem lagi ternyata penyakit jantung ini adalah penyebab kematian nomer 1 di Indonesia. Ini bisa disebabkan karena gejalanya tidak terlalu signifikan. Masyarakat Indonesia sering menganggap gejala tersebut sebagai masuk angin. Gejala penyakit jantung pada umumnya ditandai dengan rasa sakit di daerah dada yang kadang juga disertai rasa tidak nyaman di area belakang bahu. Bahkan gejala ini sering membuat penderta mengalami sesak nafas, kehilangan nafsu makan dan cepat lelah. Tak sampai di situ, gejalanya sering kali identik dengan nyeri di ulu hati yang dianggap sebagai sakit maag.  

Bagaimana dengan sakit jantung koroner, penyakit jantung ini pun gejalanya hampir sama. Jadi lebih baik waspada jika mengalami gejala seperti di atas ya (terus ngeri sendiri hiks)

Karena pengalaman Om Yo, saya jadi sering browsing cara pencegahan penyakit jantung. Sepengetahuan saya, pencegahannya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Makanan dengan gizi seimbang, olahraga teratur dan tidak banyak pikiran. 

Semoga kita semua dihindarkan dari segala penyakit ya, aamiin. 


2 comments:

  1. ternyata gitu gejalanya ya, mba. pantes banyak yang nggak tahu kalo itu tanda sakit yang parah. mungkin dikira sakit biasa jadi penangannya juga beda. inget sama Mike, inget dia beberapa tahun lalu. Kayaknya baru kemarin liat dia di Idol nggak tahunya udah meninggal. :')

    ReplyDelete
  2. Ngeri kalau udah denger panyakit jantung. saya terkadang sakit dada. Makannya suka takut

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^