Social Icons

1 Feb 2016

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Ciri  ciri penyakit diabetes – bagi penderita penyakit diabetes maka diwajibkan untuk benar – benar menjaga asupan makanan di setiap harinya. Hal ini dikarenakan penderita penyakit diabetes berisiko tinggi untuk mengidap komplikasi seperti penyakit ginjal, jantung hingga stroke. Berikut adalah makanan – makanan yang harus dihindari penderita diabetes :



-          Pancake. Jenis makan ini akan memberikan karbohidrat dan dampak buruk bagi penderita diabetes. Kebanakanpancake berukuran jumbo dan dibuat dengan tepung putih bermutu rendah dengan toppingdiatasnya yang membuat makanan ini harus dihindari oleh penderita diabetes. Kandungan mentega di dalam pancake yang setara dengan lemak dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah.


-          Jus buah. Buah-buahan merupakan pilhan yang sehat, kaya serat dan karbohidrat baik untuk penderita diabetes, akan tetapi hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk juas buah. Hal ini disebabkan jus buah banyak mengandung gula yang dapat memicu kenaikan kadar gula dalam darah. Saat ini bagi anda penderita diabetes masih dapat menikmati minuman manis seperti teh manis maupun jus buah dengan menambahkan tropicana sebagai gula rendah kalori. Karena sifatnya yang rendah kalori, tropicana sangat aman dikonsumsi bago penderita diabtes.

-          Kentang goreng. Makanan yang digoreng dapat mengakibatkan penambahan berat badan dan dapat menaikkan kenaikan kadar gula dalam darah. Kentang goreng, keripik kentang dan donat adalah makanan yang harus dihindari bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kandungan karbohidrat yang kompleks pada makanan tersebut dan bahan-bahan tepung yang terkandung didalam makanan tersebut dapat menyebabkan kadar glukosa dapat mengalami kenaikan secara drastis.

Dengan mengetahui ciri ciri penyakit diabetes anda tentunya juga harus menghindari makanan – makanan pemicu kenaikan kadar gula di dalam darah, terutama untuk penderita diabetes. Perlunya untuk menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, sodium, kalori, atau bahkan lemak trans. Jumlah natrium dan lemak jenuh yang tinggi dapat mengakibatkan penyakit jantung. Sedangkan jumlah kalori dan gula yang tinggi dapat mengakibatkan kenaikan berat badan dan gula dalam darah.

2 comments:

  1. Ibuku kena diabetes, tiap bulan kontrol ke RS. Sering sedih pas beliau pantang makan ini itu. Tapi gak apa-apa, demi kesehatannya. :)

    ReplyDelete
  2. padahal kentanggoreng enak banget ya mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^