Social Icons

22 Jan 2016

Pilah Pilih Hiasan Ruang untuk Apartemen Kecil

Bagaimana mengubah apartemen menjadi menyenangkan, memberi kesan santai serta nyaman tanpa terhalang dengan ukuran yang kecil? Memang, banyak penghuni apartemen kerap kesulitan dalam memilih dan menata perabotan yang tepat tanpa harus mengabaikan kebutuhan mereka. Ruang terbatas selalu menjadi masalah dan tantangan yang cukup besar dan mau tidak mau harus bisa diatasi. Apalagi, bila berkaitan dengan perijinan dari manajemen properti yang terkadang membuat imajinasi tak bisa direalisasikan.

Berikut ini beberapa tips atau panduan dalam menata hiasan ruang untuk apartemen kecil seperti

Menentukan Tema

Ya, hal ini sangat penting untuk memudahkan Anda mengatur ruang apartemen. Adapun tema yang bisa dipilih cukup bervariasi apakah kontemporer, mediterania atau art deco. Jangan lupa, keseimbangan sangat diperlukan disini agar memudahkan Anda dalam memilih perabotan dan peletakkannya. Selain itu, kesan mengalir serta tidak rumit jelas terlihat dari tatanan furnitur.

Gunakan Tirai


Selain mudah dalam pemasangan, fungsi dari tirai ini bisa membagi ruangan sesuai dengan kebutuhan apakah itu untuk ruang tidur maupun ruang makan. Yang penting, sesuaikan motif dengan ruangan yang akan dibagi atau bisa juga dengan selera Anda. Sebaiknya, pilihlah desain yang terkesan meringankan atau tidak ramai agar ruangan terkesan luas. 

Gunakan Furnitur Multifungsi

Mensiasati ruangan sempit dengan cara memilih furnitur multifungsi adalah langkah yang tepat. Furnitur yang bisa dilipat seperti kursi, meja hingga tempat tidur pun merupakan ide yang baik. Seperti kursi misalnya, selain mudah disimpan Anda pun bisa menggunakannya dimana pun. Dengan demikian, tidak dibutuhkan ruangan yang banyak untuk menyimpan barang barang. Anda bisa mendesain sendiri sesuai dengan kebutuhan atau membelinya di toko perabotan. Biasanya, toko online banyak menyediakan furnitur seperti itu termasuk jasa pemasangan.

Manfaatkan Cermin

Semua pasti setuju jika cermin adalah aksesoris ruangan yang paling sering digunakan untuk memberi kesan ruang menjadi besar. Bahkan, dari segi artistiknya Anda bisa menggunakan frame unik sesuai dengan selera atau perabotan lainnya.

Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Selain sebagai penerang ruangan, lampu juga memberi manfaat lain yaitu membuat ruang terlihat lebih luas. Dengan penempatan yang tepat, bisa mengatur suasana hati loh. Saat ini banyak sekali model lampu unik dan menarik yang bisa dipilih sesuai dengan kebtuhan ruangan.

Mengganti Warna

Melakukan ide ini sebaiknya harus berdiskusi atau konsultasi terlebih dahulu dengan pemilik apartemen. Jika diberi izin, maka pilihlah warna yang cenderung soft dan ringan agar membuat ruangan lebih besar. Tapi, jika ingin bermain dengan warna gelap sebaiknya digunakan hanya pada area tertentu seperti memberi aksen dinding misalnya.

Tidak sulit bukan? Jangan ragu untuk terus berkreasi sepanjang memperhatikan keharmonisan, pemilihan perabot serta fungsinya. Jika dirasa tidak memiliki banyak ide, banyak sekali media  yang bisa dijadikan sebagai sumber mulai dari majalah desain, koran hingga situs online. Dan yang pasti, sesuaikan dengan budget ya!

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^