Social Icons

26 Jan 2016

Memilih Partisi Ruangan yang Simpel, Serbaguna dan Fleksibel

Partisi ruangan adalah sebutan yang digunakan sebagai pembatas antar ruang yang biasanya kerap digunakan pada rumah yang memiliki konsep minimalis atau yang berukuran kecil. Meski demikian, pada pemakaiannya sendiri banyak rumah yang secara fisik tidak terhalang oleh kondisi ukuran menggunakan pembatas ini. Bahkan, ada yang sampai memodifikasinya sedemikian menarik sehingga menambah kesan artistik di dalam rumah.

Yang pasti, partisi bertujuan untuk membedakan ruang yang satu dengan lainnya tanpa menggunakan pembatas yang sifatnya kaku seperti dinding misalnya. Dengan demikian, sewaktu waktu bisa dipindahkan sesuai dengan selera si pemilik rumah dan tentu saja, akan merubah suasana dalam waktu singkat. Untuk itu, sangat perlu diperhatikan model dari partisi yang digunakan agar sesuai dengan aksesoris yang ada.

Saat ini, banyak sekali partisi ruangan yang dijual memiliki fungsi beragam serta mudah digeser atau dipindahkan. Dengan motif beragam atau terkesan minimalis pun dengan mudah dijumpai terlebih di media online. Yang penting, Anda harus tahu bagaimana penempatan partisi ini sesuai dengan jenis ruangannya.


Misalnya untuk membagi antara ruang keluarga dan tamu sebaiknya tak perlu terlalu tertutup kecuali memang ada bagian yang sifatnya pribadi. Seperti kamar mandi, ruang ganti atau ruang kerja misalnya. Nah, kalau memang yang ingin ditutup adalah ruangan yang sifatnya pribadi banget seperti ruang kerja maka gunakan partisi yang berbahan berkualitas untuk meredam suara. Begitu juga dengan ketinggian yang digunakan sebaiknya tak membuat pandangan bisa melihat secara langsung.

Begitu juga model atau motif partisi ruangan yang bisa memberi suasana lebih seperti penggunaan kaca yang bentuknya oval misalnya. Selain unik dan terkesan elegan serta berkelas, ruangan akan terasa lebih luas dengan menggunakan efek kaca yang ditimbulkan. Atau, bisa juga menggunakan sliding dengan bahan kaca sebagai pembatas ruangan dalam dengan luar seperti taman belakang. Dijamin, ruangan semakin lebar dan nyaman. Oh ya, hindari penggunaan siluet motif rumit dan ramai yang justru membuat kesan berat pada ruangan meskipun tidak terlalu tinggi. 

Agar penggunaan partisi ruangan ini tak hanya sekedar pembatas ruang, lebih baik manfaatkan sisi luar dalam dari pembatas ini. Anda bisa memasang aneka foto atau penghias ruangan lainnya tanpa memerlukan ruangan lain untuk meletakkannya. Selain itu, pusat keramaian pun hanya tertuju pada partisi yang ada sehingga ruangan bisa terlihat lebih luas.

Ingat, tujuan dari partisi ruangan ini adalah alternatif ‘memanipulasi’ ruangan agar terlihat lebih luas dan memiliki multifungsi. Dengan demikian, pertimbangan akan tujuan perlu benar benar diperhatikan sehingga antara keindahan dan manfaat bisa didapat sekaligus. Tak punya ide untuk mewujudkannya? Beruntunglah media internet hadir saat ini sehingga Anda dengan mudah mendapatkan informasi seputar tips dan trik dalam memilih pembatas ruangan. 

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^