Social Icons

14 May 2013

Srikandi Blogger, Aktualisasi Perempuan di Era Digital

Aktualisasi perempuan di era digital sudah semakin cetar membahana deh ya. Apalagi dengan kemajuan teknologi, perempuan pun bisa berkarya walau pun dengan status ibu rumah tangga atau bekerja di rumah. Sudah gak jaman deh kalau para perempuan ini disepelekan karena keperempuanannya, yang identik dengan tidak melek teknologi.


Ketika awal ngantor, saya diharuskan bisa mengoperasikan komputer. Padahal ketika itu saya hanya bisa menggunakannya sebagai alat mengetik saja. Itu aja masih pakai metode sebelas jari. Internet sudah kenal tapi belum sayang. Karena masih berat diongkos kalau harus ke warnet. Kemudian teknologi semakin berkembang dan murah. Adanya laptop, notebook, dan tablet memudahkan untuk membuka internet kapan dan dimana saja.

Saya memang termasuk terlambat memasuki dunia tulis menulis. Padahal jika diminta mengisi biodata, saya selalu mengisinya dengan ‘membaca’. Terkesan kuno, tapi itu yang sebenarnya. Jika sudah membaca, lupa sama sekeliling. Bakal betah banget. Akan tetapi, kegiatan membaca saya tidak berbanding lurus dengan aktivitas menulis. Bahkan ketika kuliah dan sempat ikutan masuk di redaksi fakultas, saya tidak betah berlama-lama karena lebih mementingkan kuliah. Baru ketika tahun 2009, saya membuat blog karena rasa penasaran. Isi blog pun hanya curahan hati dan blog itu memang untuk saya, tidak untuk konsumsi publik. Awal belajar ngeblog saya menggunakan laptop Acer yang saya beli untuk keperluan kuliah S2. Tidak perlu lagi ke warnet dan saya pun bisa online di malam hari. Mudah, murah, dan efisien dari segi waktu.

Baru pada pertengahan tahun 2012 lalu, saya mulai membuka diri. Dan ikut beberapa komunitas blogger di facebook. Salah satunya Kumpulan Emak Blogger. Tahu tentang KEB ketika blogwalking dan ada banner KEB di blog tersebut. Hingga tersasarlah saya di KEB. Tersasar membawa nikmat kalau menurut saya. Mengapa? Karena di KEB ini saya menemukan banyak emak lain yang juga suka membaca dan menulis. Apalagi kebanyakan postingan para emak tentang kehidupan sehari-hari, jadi saya bisa sambil mengenal dan belajar dari pengalaman mereka. Mengetahui dan mengenal para perempuan yang mempunyai kegemaran yang sama itu ‘sesuatu’ banget bagi saya. Karena lingkungan pekerjaan saya, menulis masih merupakan hobi yang ‘aneh’.

Ketika pertama kali mengetahui ada ajang pemilihan Srikandi Blogger yang diselenggarakan Kumpulan EmakBlogger, jujur saja dalam hati saya sudah menetapkan tidak bakal ikutan. Ah, siapa sih saya, apalagi dengan isi blog yang isinya curhat gak jelas begini. Kalau tih akhirnya saya ikut mendaftarkan diri, itu dikarenakan dorongan semangat dari seorang teman sesama anggota KEB. Kalau bukan kita, member KEB, siapa lagi yang akan meramaikan acara KEB? Dengan mengucap basmallah, saya pun ikut mendaftar tanpa harapan memenangkan hadiah. Pokoknya ikut dan meramaikan saja.

Tidak dinyana, saya masuk 50 nominasi awal. Wow, surprise banget. Walau dari hasil seleksi selanjutnya saya tidak masuk 10 finalis,  saya cukup berbangga dan sebuah rasa merasa dihargai menyisip di kalbu. Dan ketika melihat postingan teman-teman tentang ajang penganugerahan Srikandi Blogger di Jakarta. Duh, iri tingkat dewi deh. Pengen banget bisa hadir dan bertemu para emak yang selama ini hanya dikenal lewat tulisan.

Ajang yang disponsori oleh Acer dan Rinso, berlangsung meriah dan penuh haru. Para finalis, pemenang, dan para panitia tidak bisa menyembunyikan wajah bahagia mereka karena telah berhasil menyelenggarakan sebuah ajang yang baru pertama kali bagi para blogger wanita. Salut para panitia yang sudah bekerja keras dari awal. Mulai dari tahap seleksi hingga puncak acara.

Ajang Srikandi Blogger adalah sebuah ajang positif bagi blogger wanita khususnya dan para blogger pada umumnya. Bagaimana tidak, dengan adanya ajang Srikandi Blogger akan memicu dan memacu semangat para blogger wanita untuk terus berkarya melalu tulisan. Dan saya yakin blogger pria pun bakalan semakin giat karena melihat semangat para blogger wanita.

Merasa dihargai bagi seorang wanita sudah cukup membanggakan apalagi masih ditambah dengan pengakuan dan penghargaan berupa hadiah. Saya semakin mantap untuk terus ngeblog dan meningkatkan kemampuan menulis. Baik untuk diri saya sendiri atau pun berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui blog.

Mari berkarya melalui tulisan.

15 comments:

  1. mari.... :) seperti biasa ya mbak mepet postingnay hehehe. aku gak ikutan akhirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qiqiqi jadi maluuuu...jujur aq juga agak ragu mau ikutan...tapi yg penting meramaikan saja lah :)

      Delete
  2. Mari...entah kenapa aku suka menulis di template blog yang berwarna putih.
    Sukses ya Mak Esti...hihiii, lagi jalan-jalan ke Srikandinya KEB niich

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama..lebih enak di mata mbak :)
      Aq juga udah jalan2 tapi mau komen susah klo dr hp :)

      Delete
  3. kira kira entar ada saingannya ajang semacam ini buat blogger cowok nggak ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga ada mbak
      Arjuna blogger misalnya haha

      Delete
  4. Pencapaian ke 50 besarpun suatu hal luar biasa. Selamat mengaktualisasikan diri Wara Srikandi Esti. Salam Srikandi

    ReplyDelete
  5. kerennn !!! Sukses ya Mbak Estii..

    ReplyDelete
  6. Tahun depan coba lg mb.. (saya jg hrs menyemangati diri sdiri nih... #eh) :)

    ReplyDelete
  7. Selamat sore. Jury visit. Semoga sukses :)

    ReplyDelete
  8. Jempol deh!
    saya bangga menjadi wanita Indonesia,karena kita diberi kebebasan untuk meraup ilmu setinggi mungkin dan sebanayak mungkin, dan er digital memudahkn kita untuk mencapainya!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^