Social Icons

14 May 2013

Si Jengkol Yang Kondang

Orang tua saya adalah penggemar pete, jadilah saya suka juga sama si pete. Tapi, kalau dengan yang namanya jengkol, kok ya gak pernah terhidang sekali pun di meja makan. Jadilah saya pun tidak pernah makan jengkol sejak kecil. Setelah agak gedean dikit, penasaran banget dengan sebuah acara di tivi yang menampilkan masakan berbahan utama jengkol. Dan ketika ada yang disuruh icip-icip, sampai merem melek deh si pengicip. Katanya sih enak. Mboh nek ngapusi.



Suatu hari menjelang malam, ada seonggok jengkol di meja makan. Masih mentah pulak. Dan ketika makan malam, Papi pun melahap si jengkol kondang itu hanya dengan berbekal sambal buatan Mami. Kelihatan menikmati banget Papi. Karena penasaran, saya pun mengambil satu jengkol. Dan yang terjadi selanjutnya.....klethuk....aaaah nggaaaak enak banget. Sengir pahit. Langsung dilepeh-lepeh sambil melet-melet *apa sih.  Saya demo sama Mami, kenapa makanan gak enak ini kok ada di meja, serta protes ke Papi, kenapa makan jengkol kok kayaknya enak bener. Aaaaah....(histeris).

Sejak saat itu, saya gak pernah bersinggungan sama si jengkol. Sampai suatu ketika, ketika sudah di berumah tangga dan pindah dari rumah orang tua, saya bertandang ke rumah tetangga. Sama ibu-ibu RT lain sih (langsung berasa emak-emak). Kita besuk si tetangga yang sakit. Dan di sana kita disuguh makanan besar. Dan lauknya.....jengkoooool. Aaaah....(histeris tingkat dewi). Mau gak mau harus makan atas nama kesopanan. Hiks. Mana gak ada lauk lain lagi (kenapa juga gak dibeliin KFC sih Buk *dikeplak). Dengan strategi mengambil nasi sedikit dengan alasan sudah makan, cuma mengambil si kondang satu biji doang dengan kuah agak banyakan. Mengunyah pelan-pelan dengan penghayatan luar biasa gitu. Padahal udah mau hoek hoek aja T.T Eh tapi kok dirasa-rasa si kondang buatan tetangga lumayan enak juga walau masih ada sengirnya.

Jadi doyan gitu, Es? Jawabannya, masih big NO.

Ketika tahu ada hajatan di Kampung Jengkol, saya pun ingin memeriahkan dong ya. Dan kali ini dengan niat tulus dan suci, saya pun membeli semur jengkol di rumah makan padang dekat rumah. Sambil membulatkan tekad, saya pun memakan si kondang. O-em-ji, lidah saya belum bisa menerima si kondang. Maap beribu maap Mpok Oyen, aye belum bisa neh untuk bisa suka sama si jengkol kondang. Cukup sekian aja cerita aye tentang si kondang.

Mau lagi makan jengkol, Es? Ogaaaah...

48 comments:

  1. kok tulisannya gak keliatan :( *coba di gelapin hurufnya, gak bisa kebaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, sudah... oke, uda dicatet sama Jenab di mangkok bakso, makasi :P

      Delete
  2. semoga sukses. Sy gak py cerita apapaun ttg jengkol :D

    ReplyDelete
  3. wah kirain judul buku dan direview ternyata mah makanan hehe..asyik tuh gan jengkol masih sodaranya pete hehe

    ReplyDelete
  4. aku belum pernah makan jengkol mbak, mungkin kalau ditawari akan bilang no thanks deh :)

    ReplyDelete
  5. aku malah gak tau gimana rasanya jengkol T.T
    butuh keberanian untuk makan jengkol hehehe

    ReplyDelete
  6. Barusan dari kondangan. Karena melihat teman makan semur jengkol sepertinya enak, saya ikutan ambil. Alamaakkkkkk, rasanya gak ketulungan. Dalam perjalanan pulang saya beli beras, setelah dicuci seadanya langsung dimakan sejumput. Setelah itu minum jus jeruk. Tetep gak ngaruh. Sampai sekarang di lidah masih terasa sengir.


    Gak nyangka, ada makanan sekejam itu.

    ReplyDelete
  7. Jenki ... serahkan ke Bundanya anak-anak ...
    Doi seneng banget nih ... apalagi kalau di balado atau digulai ...

    Akibatnya ... ?
    malamnya "tampak punggung" sodara-sodara ...

    Hahaha

    Salam saya

    ReplyDelete
  8. Demikian mendalam penghayatan Jeng Esti atas jengkol. ....
    Salam

    ReplyDelete
  9. semoga sukses ngontesnya mba, dame juga bingung mu nulis apeu soal jengkol, hihih

    ReplyDelete
  10. Aku yo ora doyan jengkol...hehehehe...nek suami suka, tapi aku emoh masakin ! durhaka ya ? benlah ! hihihi

    ReplyDelete
  11. Mbak, jengkol sing esih nom, enak lho mbak, p\manis.. nggo lalapan enak, melebihi enaknya pete,,/ tenan

    ReplyDelete
  12. Saya belum pernah makan jengkol mbak. Di sini kami tidak kenal jengkol, juga tidak kenal pete. Waktu masih di Sumatera, pernah disuguhi pete tapi gak minat nyoba. Soalnya sering nonton acara tv ttg guyonan jengkol or pete yang katanya rasanya (apa baunya juga?) aneh hehehe

    ReplyDelete
  13. Saya suka pete dan jengkol :)

    ReplyDelete
  14. kalo semur jengkol sebetulnya enak sih mba hihihihi. tapi aku memilih ga makan gara2 baunya :P

    ReplyDelete
  15. di kalimantan selatan malah ada kue jengkol...rasanya maknyos banget.. :-)

    ReplyDelete
  16. haha jengkol.. kalau udah makan bikin WC baauuu sekian hari (ah lebay :P)

    ReplyDelete
  17. Estiiiii....
    sampe sekarang masih belum sanggup menyantap jengkol ataupun pete niiih...beneran deh...belum apa apa udah serem duluan ama baunya *cemen*...hihihi...

    ReplyDelete
  18. waw jengkol ... jam segini mantep tuh :D

    ReplyDelete
  19. Sebagai orang yang lahir di lereng gunung semeru, saya juga penggemar pete. Sedangkan kegemaran jengkol tertular dari istri saya yang biasa masak jengkol. Maklum ia lahir di Cirebon. Jengkol dan pete memang mantab surantab, dan terpenting jangan pipis sembarangan

    ReplyDelete
  20. Kebalik ya, saya malah lebih menikmati jengkol daripada pete.

    ReplyDelete
  21. Hallo mbak .. apa kabar ? kok lama belum ada postingan baru ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak kok belum ada yang seger.. masih sibuk berburu jengkol?

      Delete
  22. Master VSX1020(VSX1020K)Video Review-Cheap 7.

    1 AUDIO-VIDEO Receiver

    Also visit my site :: Epson Powerlite Home Cinema 3020e ()

    ReplyDelete
  23. Jengkol sekilo nembus 60rb :)

    Info aja, siapa tau Mbak mau beli hihihii

    ReplyDelete
  24. ternyata jengkol tidak mau kalah ya dengan harga daging sapi :D

    ReplyDelete
  25. untung istri ane kagak suka masak jengkol, tapi dia suka sama petai

    ReplyDelete
  26. dulu ane waktu inep dirumah teman kuliah ane di desa sering sarapan pakai jengkol

    ReplyDelete
  27. waw enak tuh kayaknya...!! pengen amat makan jengkol.

    ReplyDelete
  28. Aku malah belum pernh makan jengkol je jeng

    ReplyDelete
  29. Mana bakso nya Mak..hihi..nyari postingan tentang bakso ..nemunya jengkol.hihi..daku juga juga nggak doyan..sama dech kalau jengkol..:)

    ReplyDelete
  30. saat makan, ga ada jengkol ga ramai hehehe

    ReplyDelete
  31. aku tadi sempet baca Es jengkol sekilas, eh ternyata ini Es panggilannya si embak :D

    ReplyDelete
  32. ya begini begini harganya udah melebih daging lho mbak sekarang :D

    ReplyDelete
  33. Dulunya sempet pernah terbiasa dengan semur jengkol, tapi lama lama ternyata ga kuat juga :D

    ReplyDelete
  34. hahah, sama mbak, aku juga paling ga bisa....salut deh sama orang yang bisa makan ini..lidahnya tahan banting :D

    ReplyDelete
  35. gini gini ini juga warisan kuliner indonesia #tapi ane juga ga doyan :P

    ReplyDelete
  36. bikin bisnis jengkol aja mbak, selagi harganya ngeri sekarang

    ReplyDelete
  37. moga aja masih banyak generasi muda yang masih banyak yang mau makan ini :D

    ReplyDelete
  38. walah mbak, ga bisa ngrasain kalo adanya lauknya cuman itu, sok sok an aja bilang alergi :D

    ReplyDelete
  39. Makanan tradisional. he
    Banyak di kampung saya

    ReplyDelete
  40. puasa... puasa.. ngomongin makanan
    hhhmmmm... enyak.. enyak..

    ReplyDelete
  41. Jengkol memang bikin selalu kangen, terima kasih untuk berbagi pengalaman Anda

    ReplyDelete
  42. Saya suka banget makan jengki guys favorit dari orok He :-D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^