Social Icons

20 Sept 2015

Pete dan Khasiatnya



Malam minggu kemarin, aku dan suami jajan bebek goreng (karena di rumah gak ada bahan makanan hehe belumbelanja.com)waktu kita pesen dibungkus, makannya di rumah. Disana aku liat ada beberapa pete berjuntai dengan indahnya (lebay) dasar doyanan aku pesen satu untuk digoreng (kurang sih sebenarnya kalo cuma satu ^^). Suami sih belum pernah nyoba, katanya ntar minta sama aku aja (ngurang-ngurangin aja neh hehe). Sampai di rumah kita lahap deh tu bebek goreng dan perangkatnya, sesuai dugaan suami kagak doyan pete (cihuyyy...) baru nyoba satu aja udah gak mau. Minggu malam juga jadi hari pete untukku, waktu ke rumah orang tua, mami masak pete disambel teri...hmmm mama mia lezatos. Habis banyak tuh nasinya and tentu juga si pete hehe.

Beberapa hari setelah itu, urusan ke 'belakang' lancar banget. Biasanya kan paling tidak cuma sehari sekali, ini kok bisa 2x sehari dan ngrasa enak banget ni perut. Walau jauh sebelumnya, aku sudah pernah dengar dari mami kalo mengkonsumsi pete baik untuk perut (=pencernaan) tapi baru benar-benar merasakan bedanya kali ini. Jadi penasaran nih dengan si pete, kayaknya dulu pernah dikirim sama seorang teman tentang pete. Dan ini nih isi email-nya:

Pete itu mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Nah…kombinasi ini, ternyata bikin kita jadi sangat bertenaga! Wah buat maniak pete, bakal makin semangat ni ngeborong pete, tetapi tunggu.. sabar…sabar…baca dulu artikelnya sampe abis ya…..

Riset membuktikan dua porsi pete saja mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Makanya, tau tidak sih kalau makanan ini kesukaannya para atlet top! Selain itu, pete juga banyak gunanya. Bisa juga membantu ngobatin beberapa penyakit. Manfaat pete… siapa tahu cocok untuk Anda !

Daftar Manfaat PETE yang MENCENGANGKAN, list manfaatnya nih:

Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

PMS (premenstrual syndrome)
Jika mengalami PMS saat ‘ tamu ‘ datang, kamu tidak perlu minum pil ini ataupun itu, cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah, yang dapat membantu mood.

Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

Tekanan darah tinggi
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Kemampuan otak
200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.
Sembelit
Karena kandungan serat yang tinggi, maka pete akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksativ…

Obat mabuk
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan “penyakit” mabuk adalah milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan tekanan kadar gula darah yang jatuh, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

Kekenyangan
Pete memiliki efek antasid pada tubuh, sehingga bila dada anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.

Mual di pagi hari
Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.

Gigitan nyamuk
Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk, coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

Untuk saraf
Pete mengandung vitamin V dalam jumlah besar, sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.

Kegemukan
Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.
Laporan men yimpulkan bahwa, untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik, kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan kadarnya tetap.

Luka lambung
Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena texturnya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

Mengatur suhu tubuh
Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah ‘dingin’ yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

Seasonal Affective Disorder ( SAD) (penyakit emosional yang kacau)
Pete dapat membantu penderitas SAD kerena mengandung pendorong mood alami , tryptophan.

Merokok
Pete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin

Stress
Kalium adalah mineral penting, yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.

Stroke
Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine”, makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan r esiko kematian karena stroke sampai 40%.

Caplak
Mereka yang suka berpaling pada pengobatan alami akan berani bersumpah, jika kamu ingin mematikan caplak, maka ambil sepotong pete, dan letakkan di caplak itu. Tetap pertahankan pete itu dengan menggunakan plester !

Lalu… setelah membaca semuanya, kamu pasti jadi percaya bahwa pete adalah obat alami untuk berbagai macam penyakit. Jika dibandingkan dengan apel, pete memiliki protein 4 kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.

Jadi…mulai sekarang, jangan memandang sebelah mata dengan buah satu ini… Ternyata kaya nutrisi kan ? Selamat mencoba.

Buat penggila pete… teruslah bersemangat, dan kalau Anda juga merokok… berhentilah sekarang juga dengan kenikmatan menikmati PETE. InsyaAllah efek berhenti merokok yang katanya menyakitkan itu juga bisa reda.

Wah, jadi semangat nih setelah baca artikel ini hehe ada nih tips dari mami untuk menghilangkan bau mulut karena pete. Setelah makan pete bisa langsung mengunyah kopi bubuk atau teh, dijamin bau si pete bakal gak beteh lama-lama di mulu. kalau aku sih biasanya langsung sikatan aja dan sikatan agak lebih sering hehe.

Suka dengan pete tapi tidak suka baunya bila dimasak? kupas kulit arinya. Kalau masak pete gak bau pete, rasanya kok sensasinya kurang ya...hehehe.

Tips menghilangkan bau mulut karena pete, anda bisa mengunyah bubuk kopi atau teh. Kalau gak suka dengan cara itu, cukup gosok gigi and berkumur dengan obat kumur aja.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^