Social Icons

1 Jul 2022

5 Saran Ketika Males Ngeblog (Self Reminder)




Saya lagi males ngeblog (lagi), lalu harus bagaimana ya? Pertanyaan ini yang terus menghantui saya. Beberapa tahun ini nafsu ngeblog berkurang drastis banget. Nulis sekali libur bisa beberapa bulan. Entah kenapa penyakit ini jadi semakin lama semakin akut. Semakin lama berhenti, semakin buntu rasanya mau mulai menulis lagi. Semakin sulit mengungkap rasa dalam kata, sesuai tagline blog ini *halah-halah.


Beberapa blog yang saya kelola pun mati suri, bahkan sudah tidak memperpanjang domain lagi. Ya karena percuma saja to, gak pernah diisi. Cuma ini saja yang saya pertahankan domainnya. Karena blog ini blog pertama yang saya miliki dan bagi saya banyak kenangan dengan blog ini.

Kalau pas mau berhenti total, yang ada dalam pikiran saya, terbayang betapa menyenangkannya ngeblog kala itu bagi saya. Bagaimana teman-temab sangat baik mau berkunjung, membaca tulisan dan meninggalkan komentar dengan sepenuh hati. Bener-bener kenangan yang manis banget sih bagi saya. Dari ngeblog saya punya banyak teman dari berbagai daerah, bahkan beberapa dari luar negeri juga. Bahkan, penghasilan sudah saya dapatkan dari menulis di blog. Tapi, iming-iming uang pun, seperti tidak sanggup membangkitkan gairah ngeblog dari diri saya. Sedih banget dah ini.

Saya punya seorang teman yang konsisten sekali ngeblognya, nama panggilannya Ila. Dia bahkan beberapa kali memberi tips dan semangat supaya saya ngeblog lagi. Chat sama Ila, beberapa ada yang bisa saya simpulkan tentang membangkitkan semangat menulis di blog lagi. 

Antara lain :
1. Buat tulisan-tulisan pendek saja, antara 300-500 kata.
2. Pilih topik tulisan yang simpel, tentang keseharian atau pengalaman sederhana sehari-hari. Jangan mikir dulu, eh tulisan ini nanti bagus gak ya? Karena kalau mikir kebanyakan nanti malah gak nulis-nulis.
3. Nulis, nulis, nulis dulu. Bagus belakangan. Bermanfaat tidaknya tulisan jangan terlalu dipikirkan. Asal tidak menyinggung SARA.
4. Buat jadwal menulis, jadi seperti 'dipaksa' menghasilkan tulisan sesuai jadwal.
5. Ikut lomba menulis. Karena tergiur hadiah, jadi semangat menulis. Ya gak apa-apa kan, yang penting nulis aja dulu. Tujuannya mulai nulis aja dulu.

Semoga dengan tulisan untuk berpartisipasi dalam event komunitas Gandjel Rel ini, menjadi awal mulai menulis di blog lagi bagi saya. Aamiin3.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^