Social Icons

8 Apr 2019

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang


Saya lahir dan besar di kota Pontianak, Kalimantan Selatan. Iya, itu lho kota yang terkenal dengan tugu khatulistiwa serta amoynya yang cantik hehe.

Amoy atau gadis keturunan tionghoa di Pontianak memang terkenal cantik-cantik. Bahkan, waktu kuliah dulu ada seorang teman yang punya cita-cita menikah dengan amoy Pontianak, karena salah satu saudaranya ada yang punya istri amoy Pontianak dan katanya cantik pisan.


Gudangnya amoy ya di kota Singkawang, tempat di mana para keturunan tionghoa sudah berbaur bersama dengan penduduk setempat. Sehingga perbedaan pribumi dan non-pribumi tidak ada lagi. 

Singkawang tidak hanya terkenal karena amoynya, sekarang kota tersebut juga terkenal karena perayaan Cap Go Meh. Bahkan, perayaan ini merupakan pusat perayaan Cap Go Meh di Nusantara. Perayaan ini pun memikat wisatawan baik dari dalam mau pun luar negeri.

Ada apa aja sih di Perayaan Cap Go Meh itu sehingga banyak yang tertarik. Ada banyak hal yg menarik, tapi di sini saya hanya menceritakan 3 hal saja ya

1. Pawai Tatung

Tatung adalah orang-orang terpilih yang kerasukan roh-roh dianggap baik, dan mampu menangkal roh jahat yang hendak menggangu keharmonisan hidup masyarakat.

Saat para tatung diarak keliling Singkawang, mereka biasanya dalam keadaan tidak sadar dan melakukan berbagai atraksi di luar nalar. Seperti menusukkan senjata tajam ke tubuh sendiri tanpa terlihat kesakitan atau berdarah.

Atraksi para tatung merupakan pertunjukan yang paling ditunggu dalam Festival Cap Go Meh di Singkawang. Biasa menjadi incaran para fotografer untuk diabadikan dalam foto

2. Festival Lampion

Singkawang rutin menyelenggarakan festival lampion. Tidak hanya barisan lampion yang digantung, tetapi juga pawai degan tema lampion dan dekorasi Imlek. Ih, jadi inget film Rapunzel ya, yang lampionnya banyak pisan hehe.

3. Ritual Sembahyang

Cap Go Meh sajatinya merupakan hari terakhir dari perayaan Imlek. Layaknya pembukaan tahun baru yang diawali dengan sembahyang, di hari penutupan Imlek juga harus dilakukan dengan sembahyang.

Di Singkawang, ritual sembahyang saat Cap Go Meh ditujukan pada Dewa Langit atau Ket Sam Thoi. Sebagai Kota Seribu Kelenteng, masyarakat Singkawang menganut kepercayaan Konghucu dan megucapkan syukur pada dewa-dewi di kelenteng pada Cap Go Meh.



Nah, seru banget kan perayaannya. Tak pelak banyak orang yang ingin menyaksikannya secara langsung, tak terkecuali orang tua dan adik saya. Jadi ceritanya, 3 orang terdekat saya tersebut ingin melihat perayaan Cap Go Meh yang dilaksanakan pertengahan februari lalu.

Mulailah adik cari-cari tiket pesawat Garuda Indonesia ke Pontianak. Setelah hunting sana-sini, adik gak sengaja liat ada promo tiket pesawat di pegipegi. Wah, beneran banyak banget promonya. Tinggal pilih-pilih yang sesuai saja. Dan untungnya masih ada tiket promo untuk tujuan dan hari keberangkatan yang dikehendaki. 

Di pegipegi mencari tiket pesawat itu gampang banget, kamu tinggal isi kota tujuan, hari keberangkatan dan berapa orang yang berangkat. Cus deh langsung kelihatan berapa biaya yang harus kamu keluarkan. Gak pake ribet kan ya. Jangan lupakan promonya, bok. Tambah pengen jalan-jalan deh kalau harga tiket promo begini hehe.



Hepi banget orang tua dan adik bisa liburan di sana. Sesudah sampai di kota Singkawang dan sewaktu perayaan Cap Go Meh, adik membagikan banyak momen melalui jaringan pribadi ke saya. Duh, mupeng dong ah. Jadi pengen banget ke Pontianak dan Singkawang juga. Apalagi kulinernya juga ngangenin hiks. Mudah-mudahan ada umur dan dana supaya bisa mengunjungi kota kelahiran saya tersebut. Aamiin.

31 comments:

  1. Wah ada pawai lampion juga tuh ya. Pasti itu bagus banget

    ReplyDelete
  2. Bener banget tuh. Aku jadi inget Film Rapunzel juga nih

    ReplyDelete
  3. Wah suka pakai pegipegi juga ya. Aku juga sering nih pakai aplikasi yang satu ini

    ReplyDelete
  4. Wah bener banget tuh ya. Kita bisa pesan tiket pesawat menggunakan aplikasi yang satu ini

    ReplyDelete
  5. Wah jadi pingin ke Singkawang juga nih. Terus lihat secara langsung festivalnya

    ReplyDelete
  6. Wah seru ya cap gomeh di singkawang. Jd pgn donlot pegipegi dan liat promo apa aja yg ada hee

    ReplyDelete
  7. Padtinya malam benderangnya lampion sangat memukau ya. Bunda blm pernah liat lho, semogaelaluinPegipegi bunda akan sampai juga di tempat pemukiman amoy2 cantik itu.

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen sesekali ke Singkawang. Perayaan Cap Go Meh di sana pasti besar-besaran, ya

    ReplyDelete
  9. Baru tahu ada nama amoy yang cantik cantik di SIngkawang. Pernah sich mendengar ceritanya, tapi ndak begitu jelas ada amoy. Paman sama bulekku tinggal di POntianak, tepatnya ndak tahu di mana sich. Jadi kepingin main ke sana, coba cek pegi-peginya kali saja ada promo menarik untuk liburan ke Singkawang

    ReplyDelete
  10. Ah senangnyaaaa bisa ngerayain cap go meh di singkawang. Apalagi kalau bisa ngikutin rentetan acaranya ya mbk. Aku juga mau lho. Kalau ada kesempatan kesana maulah aku pakai pegipegi biar pergi makin terasa happy

    ReplyDelete
  11. Pegipegi emang selalu jadi pilihan ya :D
    Salah satu aplikasi yang sering saya buka nyaris tiap hari buat intip promo hotel hahaha

    Dan saya jadi pengen ke Singkawang baca ini :D

    ReplyDelete
  12. Wah ini, akhirnya ada cerita tentang perayaan cap go meh di Singkawang. Saya suka penasaran dengan perayaan ini, malah katanya diliput media-media luar juga saking khasnya. Berharap suatu hari bisa menyaksikan sendiri perayaan cap go meh di Singkawang

    ReplyDelete
  13. Perayaan cap go meh itu selalu meriah ya mbak, apalagi ada pawai lampion warna-warni, pasti bikin penasaran banyak orang dan tertarik ingin melihatnya...

    ReplyDelete
  14. Jadi inget temanku. Dia manggil anakku yang paling kecil itu Amoy, dari anakku lahir. Sampai sekarang pun, udah umur 3 tahun, dia masih manggil Amoy-amoy aja. Saya tahunya ya Amoy itu salah satu nama orang Chinese, ternyata Amoy itu sebutan untuk gadis-gadis China yang cantik, ya. Wihihiihi lucu aja.

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah nginjak Kalimatan nih, mba :(. Dan menarik nih kalau main pas lihat perayaan cap go meh :)

    ReplyDelete
  16. Suka ngeri kalau lihat atraksi yang di luar nalar, seperti kerasukan atau melukai diri sendiri.
    Tapi perayaan cap go meh jadi menarik kalau ada festival lampionnya, pasti bagus banget ya ...

    ReplyDelete
  17. Jadi penasaran dengan perayaan cap go meh di Singkawang pastinya seru sekali ya apalagi di sana terkenal dengan amoy-amoynya yang cantik.

    ReplyDelete
  18. Paling suka kalo lagi musim lampion. Keliatan meriah banget. Berasa jadi putri bulan klo berjalan di bawahnya. Hahahaha...

    ReplyDelete
  19. Penasaran banget sama perayaan Cap Gomeh di Singkawang. Udah ngebet banget pengen kesana bareng keluarga. Kerasa kalaunudah lama banget gak piknik jauh hehehhehehe

    ReplyDelete
  20. Aamiin.. akupun pengen banget mengunjungi kota Pontianak.. apalagi saat perayaan cap gomeh.. pasti bakal jadi pengalaman wisata tersendiri.. belajar tentang budaya sekaligus menikmatinya langsung disana

    ReplyDelete
  21. Singkawang salah satu destinasi impianku kak pengen banget kesana terutama pas imlek pasti meriah banget yes.

    ReplyDelete
  22. Semoga kapan-kapan ada kesempatan main ke Singkawang
    belum pernah, pasti seru banget ya mba even cap gomehnya.. Ingat di Hongkong deh jadinya

    ReplyDelete
  23. Seru juga ya perayaan Cap Go Meh di Singkawang dan Pontianak. Aku belum pernah sama sekali ke sana mba. Katanya Pontianak jauuuhh lebih panas dari Semarang ya?

    ReplyDelete
  24. perayaannya memang seru dan berwarna sekalii ya mba. Aku pernah 2 kali ke Pontianak tapi bukan pas Cap Go Meh

    ReplyDelete
  25. Pontianak seru sekali.
    Aku belum pernah ke Pontianak.

    Kalau ke sana, baiknya pas banyak events yaa...jadi dapet pengalamannya.

    ReplyDelete
  26. Meriah banget ya aku lihat di tv perayaan Cap Go Meh sama Imlek di sana. Di sini aja cuma ada barongsay udah kesenengan. Apalagi kalo lihat yang meriah gini. Kepengen deh main ke Singkawang saat Cap Go Meh gitu

    ReplyDelete
  27. pegi pegi promonya nya emang banyak banget ya. sayang banget kalau mau dilewatkan, tempat pesan tiket andalan

    ReplyDelete
  28. Trus skrng Mbak Esti sudah pindah dr Pontianak kah?
    Aku pengen banget ke Pontianak khusunya ke Singkawangnya pas imlek, katanya rame banget ya mbak pas itu, perayaan2 imlek dan cap go mehnya :D

    ReplyDelete
  29. Hepinya yg dpt harga promo dr pegi pegi, jd gak pusing lg ama tiket ya Mak

    ReplyDelete
  30. Oh pantesan di daerah Pontianak itu putih putih mirip cina ya, ternyata memang kebanyakan dari pernikahan campuran. Pantaslah jadi amoy ya. Mungkin mbak juga putih ya mirip amoy hehehe

    ReplyDelete
  31. dari dulu pengen banget main ke Pontianak kak. pengen nyobain kulinernya sekaligus ketempat yang hype di sana, tapi tiket pesawat mahal. pas baca postingan ini kok jadi pengen cek pegipegi yaaa hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^