Social Icons

5 Jun 2017

Resep Donat Ubi Merah

Resep donat ubi merah. Donat termasuk roti yang susah-susah gampang membuatnya. Untuk takarannya termasuk gampang tapi pas proses menguleni dan membuat kalis itu yang sulit bagi saya. Tangan saya tidak begitu kuat harus menguleni dalam waktu cukup lama.



Akan tetapi, karena donat ini salah satu kesukaan Pak Budhi, jadi kadang-kadang 'berusaha' membuatnya. Kalau tangan sudah capek pas nguleni ya terpaksa Pak Budhi turun tangan dalam hal yang sebenarnya hehe. Aih, kalau udah gini pengen deh beli mixer yang bisa buat nguleni adonan #kode 😆


Nah, kebetulan kemarin di rumah ada ubi merah. Sepertinya enak untuk campuran donat, biasanya kentang yang buat campuran. Untuk variasi boleh juga nih pakai ubi merah.

Disiapkan dulu bahan-bahannya terus cus kita buat donatnya.

Bahan-bahan
Ubi merah 250 gr, sudah dikupas dan dicuci
Tepung terigu protein tinggi 500 gr
Susu bubuk full cream 50 gr
Gula halus 100 gr
Ragi instan 11 gr
Kuning telur ayam 4 butir
Air 120 ml
Blue Band Cake and Cookie 75 gr
Garam 1/2 sdt
Minyak goreng 500 ml
Gula halus atau gula donat 100 gr, untuk taburan

Langkah Penyajian

1 Rebus/kukus ubi hingga matang lalu haluskan. Sisihkan.
2 Campur terigu, gula halus, susu dan ragi, lalu aduk rata.
3 Tambahkan ubi halus dan aduk rata.
4 Masukkan kuning telur dan air, uleni hingga hampir kalis.
5 Tambahkan Blue Band Cake and Cookie, dan garam.
6 Uleni hingga kalis.
7 Masukkan ke dalam wadah dan tutup dengan lap basah lalu diamkan 30 menit. Bagi adonan menjadi 20 bagian.
8 Ambil 1 bagian adonan dan bentuk menjadi cincin lalu diamkan sekitar 10 menit atau hingga mengembang
9 Goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga kecoklatan di kedua sisi lalu angkat.
10 Sajikan dengan ditaburi gula halus/gula donat.

Hmmm, lumayan nih udah punya makanan buat berbuka. Oh ya, dulu saya pernah gagal membuat donat karena kebanyakan telur dan mentega. Jadi berhati-hatilah kalau untuk takarannya ya. Kalau kurang yakin akan rasa, ada baiknya membuat setengah resep terlebih dahulu. Kalau sudah yakin enak, bikin deh yang banyak.

Kamu suka donat juga kah, temans? Atau punya resep roti lain yang mudah dibuat, share dong 😊

26 comments:

  1. dapat menu lagi tentang cara membuat donat, terima kasih atas resepnya, beberapa hari sebelumnya bingung terus cari donat yang bervariasu

    ReplyDelete
  2. waah saya baru tau juga tuh kalau donat bisa terbuat dari ubi merah, patut dicoba nih di rumah. Apalagi sekarang lagi bulan puasa, bisa jadi menu buka puasa. Makasih mba resepnya, berguna banget

    ReplyDelete
  3. owalah..bisa tho pake ubi
    selama ini taunya hanya pake kentang. bisa diterapkan kpn2 nih

    ReplyDelete
  4. Kadang bikin donat itu deg-degan. Takut bantet. :D Pakai bahan dasar Ubi tambah nikmat ya, Mbak.

    ReplyDelete
  5. Aku Blum pernah bikin donat pake Ubi nih mba. Coba nnti ku trial �� makasih ya mba estii

    ReplyDelete
  6. pas banget lagi pengin bikin donat..rencana mau bikin pake kentang..baru tahu bisa pake ubi...daaan takarannya pakai apa hihihi

    ReplyDelete
  7. Bisa dicobanih resepnya, makasih idenya mbak. mantap

    ReplyDelete
  8. Sekilas mirip dorayaki yang ditaburi gula halus.. Hehehe.. I wonder... Ubi merah itu ubi ungu kah??

    ReplyDelete
  9. Ternyata ubi bisa diolah menjadi donat, nggak melulu kentang.

    ReplyDelete
  10. Samaan mbak, bikin donat atau roti yang setipe donat sebenernya gampang, susahnya ya itu di proses uleni sampai kalis..
    Bikin tangan gempal dan keringat bercucuran hehehe

    ReplyDelete
  11. Sepertinya kalau bikin unik juga nih. Soalnya belum pernah coba kalau rasa ubi merah. Catet, kumpulkan bahan bikin deh..hehe

    Tapi aku belum bisa masak, perlu bimbingan yang bisa dulu nih :)

    ReplyDelete
  12. Terima kasih bunda atas infonya, jadi ada tambahan resep baru untuk menu donatnya.

    ReplyDelete
  13. Pakai ubi? Kayanya mantap tuh... Apalagi aku suka sekali dengan ubi... Hehe... salam kenal mbak

    ReplyDelete
  14. Wah, mantap nih buat berbuka ... :-D

    ReplyDelete
  15. Anakku tuh seneng donat, cuman emaknya males bikinnya 😁

    ReplyDelete
  16. Kalo di resep keliatannya gampang ya cuma tertulis "uleni hingga kalis " tapi prakteknyaaa bisa bikin lengan kekar.

    Kita senasib mbak kalo bikin donat pake LG alias lengen Gede qiqiqi

    ReplyDelete
  17. jadi pengen ngerasain donat ubi merah. pasti mantab buat buka puasa neh..

    ReplyDelete
  18. Wah saya suka banget mbak makan donat, akan tetapi saya belum pernaah nyoba membuat donat dengan bahan ubi merah. Mau nyoba resepnya nih.

    ReplyDelete
  19. aku kok masih gagal bikin donat ya mbak....hahahaha.. ga bakat masaaakkkkk

    ReplyDelete
  20. kreatif nih. jika biasanya pake kentang ini pake umbian lain

    ReplyDelete
  21. enak ya mba, kapan2 mau bikin juga ah

    ReplyDelete
  22. Waaahh...baru tau nih resep ini. Asiik bisa dicoba nih kapan kapan. Tfs mak

    ReplyDelete
  23. Ii boleh dicoba neh resepnya mba. Sudah lama pengen belajar bikin donat ubi kesukaan anak

    ReplyDelete
  24. Wah enak ini mbak dan pasti bergizi, saya siap makan aja hehe..

    Sepertinya sih resepnya mudah ya, tapi kalau praktek sendiri saya lebih banyak gagalnya tuh. Mending beli aja, atau mbak Esti mau kasih icip-icip, dengan senang hati saya terima :)

    ReplyDelete
  25. Sedaaaap, bakalan saya praktekin dirumah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^