Social Icons

21 Feb 2017

Tips Agar Punya Umur Panjang

candle, tart, cake, birthday

"Panjang umurnya, Panjang umurnya, Panjang umurnya...serta mulia..."

Itulah penggalan bait lagu yang sering kita dengar dan didendangkan setiap ulang tahun. 
Penggalan bait lagu tersebut adalah keinginan setiap orang. Mereka ingin memiliki umur panjang agar bisa menikmati hidup lebih lama. 

Umur panjang saja sebenarnya belum cukup. Karena kita membutuhkan hal lainnya untuk bisa menikmati hidup. Salah satunya adalah kesehatan. Berumur panjang tapi sakit-sakitan tentu saja akan menyiksa. Sebaliknya, memiliki umur panjang dengan tubuh yang sehat akan membuat kita bisa menikmati kehidupan yang sesungguhnya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat diantaranya adalah: 

Dengan berolahraga. Berolahraga secara teratur, menurut para ahli kesehatan 1 jam setiap hari atau 5 jam dalam seminggu akan membuat tubuh lebih bugar. Selain itu, olahraga juga memiliki banyak manfaat lainnya terutama dalam mencegah berbagai macam penyakit. 

Diet sehat. Anggapan orang Indonesia, diet itu berarti menurunkan berat badan. Padahal, arti dia sebenarnya adalah mengkonsumsi makanan tertentu untuk menjaga kesehatan. Dalam hal ini adalah makanan dengan nutrisi seimbang. 

Dalam kehidupan sehari-hari, agar tubuh bisa sehat, tidak hanya pada saat ini melainkan juga di masa yang akan datang, kita harus selalu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, serta serta karbohidrat. Fungsi utama makanan adalah untuk membuat organ tubuh eksternal maupun internal bekerja sebagaimana mestinya. 

Namun apabila kita tidak mengkonsumsi makanan sehat dan tidak memenuhi kebutuhan berbagai vitamin dan mineral bisa dipastikan tubuh akan mudah sakit. 

Oleh sebab itu, cobalah untuk menerapkan makanan berkualitas sebagai menu sehari-hari. Gandum adalah bentuk biji-bijian yang paling banyak dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung karbohidrat dan vitamin serta mineral. Namun karena di Indonesia gandum sangat sulit ditemukan, makan beras merah untuk program diet adalah alternatif paling tepat. Beras merah dianggap sebagai salah satu sumber karbohidrat kompleks yang jauh lebih baik dibandingkan dengan beras biasa. 

Jalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat yang dimaksud adalah: tidur secara teratur, menghindari stres, tidak merokok, tidak menggunakan zat-zat terlarang (narkoba), termasuk juga rajin berolahraga dan diet sehat. 

Jaga kesehatan mental. Tidak hanya kesehatan fisik yang harus dijaga, melainkan kesehatan mental juga perlu diperhatikan. Orang yang sering stress cenderung lebih mudah mengalami berbagai gangguan penyakit. 

Beberapa penyakit yang mengintai apabila stress tidak di manajemen atau tidak diatasi diantaranya adalah: gangguan imun, kanker, penyakit jantung, obesitas, depresi cemas, hingga sindrom metabolik. 

Itulah beberapa tips sederhana cara memiliki umur panjang agar bisa dinikmati sehingga hidup menjadi terasa lebih sempurna.

2 comments:

  1. Baca tulisannya jadi inget beras merah, dibeliin sama suami beberapa bulan lalu dan sampe hari ini belum kunjung dimasak XD hehe..

    ReplyDelete
  2. Gaya hidup sehat penting banget ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^