Social Icons

10 Dec 2016

Tips Menyajikan Dessert pada Jamuan Makan

Saat berada di rumah, pada saat ada tamu yang datang berkunjung, kita biasanya cenderung menjamu tamu dengan cara-cara yang biasa kita lakukan, yaitu langsung menghidangkan makanan utama tanpa makanan pembuka atau makanan penutup. Namun berbeda halnya jika jamuan makan tersebut adalah jamuan makan yang resmi. 



Pada jamuan makan resmi, biasanya makanan akan disajikan secara bertahap mulai dari appertizer (hidangan pembuka), main course (hidangan utama), dan yang terakhir dessert (hidangan penutup). Beda tempat beda juga cara penyajiannya. Kadang-kadang di hotel atau di restoran, pada saat menyajikan jamuan makan, biasanya mereka cenderung lebih memilih menggunakan metode prasmanan (buffett service). Metode ini memberikan keleluasaan kepada para tamu untuk memilih sendiri jenis makanan pembuka atau makanan penutup yang mereka inginkan. 

Lain halnya dengan metode jamuan internasional ala Amerika, dimana biasanya sajian berupa makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup akan disajikan langsung di meja makan oleh para pelayan. Sehingga, para tamu hanya perlu duduk mengelilingi meja saja. Berbagai jenis makanan kemudian akan dihidangkan dan disesuaikan dengan menu. 

Tips menyajikan dessert 

Jika Anda tertarik untuk mempelajari cara menyajikan makanan penutup (dessert) tentu metode dan sajiannya tidak bisa asal begitu saja. Karena sajian penutup adalah sajian puncak dari jamuan makan, maka sebisa mungkin hidangan penutup tersebut harus benar-benar yang paling pas dan yang paling berkesan. Ada banyak resep dessert yang bisa Anda coba dan dapatkan melalui internet. Anda bisa memilih jenis makanan tertentu yang bisa menggugah selera diantara beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika menyajikan makanan penutup adalah:  

Memilih tema  

Sajian makanan penutup bisa disesuaikan dengan tema jamuan makan yang digunakan sehingga akan lebih mudah untuk menentukan menu. 

Memilih piring saji

Penyajian makanan penutup ala barat biasanya menggunakan piring kristal yang bening. <h4> Memilih menu dessert. Ada banyak pilihan dessert yang bisa digunakan, selain seperti yang tertuang pada point sebelumnya yaitu memilih sesuai dengan tema, kue-kue tradisional juga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk makanan penutup

Sediakan menu dessert wajib  

Beberapa diantara menu dessert wajib yang biasanya tidak pernah ketinggalan antara lain buah-buahan dan daun mint. Salah satu jenis buah yang paling sering banyak dihidangkan adalah buah ceri yang masih bertangkai.  Hindari menggunakan bahan yang sama untuk hidangan pembuka dan penutup Jika pada menu hidangan pembuka terdapat saus, menggunakan susu atau keju, sebaiknya bahan-bahan tersebut tidak digunakan lagi pada hidangan penutup. 

Itulah beberapa tips menyajikan dessert pada jamuan makan yang resmi, semoga bisa membantu Anda yang mungkin saat ini belum mengetahui secara pasti bagaimana cara menyajikan makanan atau hidangan penutup pada jamuan makan.

2 comments:

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^