Social Icons

30 Dec 2016

Mengenali Penyebab Kelahiran Prematur

Tidak semua kehamilan mempunyai nasib yang baik dan sesuai rencana. Ada banyak sekali kasus kehamilan yang kadang membuat seorang ibu harus kuat dan menerima segalanya dengan ringan hati. Salah satu contoh kasus adalah bayi yang lahir terlalu dini atau yang sering kita sebut dengan lahir prematur. Disebut sebagai persalinan prematur, karena bayi lahir lebih dari tiga minggu sebelum perkiraan hari lahir.



Sebenarnya, kita tidak perlu khawatir dengan adanya kelahiran prematur karena dokter bisa melakukan banyak hal untuk menunda kelahiran lebih awal. Meskipun begitu, setidaknya kita harus mengenali penyebab kelahiran prematur untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi sebenarnya, kelahiran prematur memiliki beberapa sebab yang bisa kita hindari.

Dan berikut adalah beberapa diantaranya:

Merokok

Sejak dahulu, tidak disarankan ibu hamil untuk merokok, jangankan ibu hamil, bahkan sebenarnya rokok adalah barang yang tidak layak dikonsumsi oleh sipapun. Banyak sekali kandungan berbahaya didalam rokok yang bisa menyebabkan masalah kehamilan.

Hamil terlalu cepat setelah melahirkan

Setidaknya, rahim siap kembali mengandung setidaknya membutuhkan waktu paling sedikit 2 tahun lamanya. Terlalu cepat hamil setelah melahirkan memiliki resiko lebih besar kelahiran prematur. Oleh karena itu, ada baiknya kita berdiskusi kepada pasangan untuk memberi jarak kehamilan setelah melahirkan.

Beberapa penyebab lain yang meningkatkan resiko persalinan prematur adalah:


  • Tidak mendapatkan perawatan prenatal yang baik
  • Mengkonsumsi alkohol serta obat-obatan terlarang selama kehamilan
  • Terlalu gemuk atau terlalu kurus
  • Memiliki kehamilan kembar
  • Sejarah kelahiran prematur dalam keluarga
  • Memiliki gangguan kesehatan seperti diabetes, infeksi, tekanan darah tinggi dan preeklamsia


Saya sendiri memiliki seorang teman yang memiliki pengalaman dengan kelahiran prematur. Katanya, beberapa gejala kelahiran prematur bisa kita kenali sejak dini untuk mendapatkan perawatan dokter segera. Berikut adalah diantaranya:


  • Sakit punggung, meskipun sakit punggung adalah hal yang wajar saat kehamilan, namun kita perlu mewaspadai kemungkinan kelahiran prematur. Terlebih lagi jika sakit punggung yang berlebihan serta membuat apapun yang kita lakukan menjadi tidak nyaman.
  • Kontraksi yang terlalu sering, kita kadang mengenalnya dengan kontraksi palsu, namun jika kontraksi yang terjadi tidak seperti biasanya atau lebih sering dari biasanya, segera hubungi tenaga medis terdekat untuk memastikan kehamilan kita.
  • Kram dibagian bawah perut
  • Keluar cairan dari jalan lahir
  • Pendarahan pada jalan lahir

Semoga dengan mengenal tanda-tanda kelahiran prematur, kita jadi lebih waspada dan menjaga dengan baik kehamilan yang kita miliki.

8 comments:

  1. salam kenal
    informasinya sangat menarik dan bermanfaat.
    kata orang kelahiran yang prematur memerlukan perlakukan yang lebih khusus, benarkah Mbak?
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. anak pertama saya lahir prematur, anak kedua 36weeks udah kontraksi tp masih bisa ditahan sama dokter eh 37weeks udah lahir :D mudah2an yg ketiga ini lahir tepat waktu *masih trauma*

    ReplyDelete
  3. Selama ini gue kira kelahiran prematur tuh kelainan dan berbahaya karna gk senormal mestinya ...

    ReplyDelete
  4. Salam kenal ya mbak, dulu hal ini yang saya takutkan. anak pertama hampir saja lahir prematur karena janin stres di dalam

    ReplyDelete
  5. Ternyata banyak juga penyebab bayi prematur.. Ya alloh mudah2an kehamilan saya nanti lancar dan sehat2 semua. Makasih sharingnya mbak esti, salam kenal :)

    ReplyDelete
  6. Semoga ibu-ibu yang hamil banyak mendapat informasi tentang gangguan kehamilan. Jadi bayinya sehat. Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  7. kalo aku sakit punggungnya malah setelah melahirkan, tapi bisa diatasi dengan minum calcium dan pakai korset :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^