Social Icons

14 Oct 2016

Yang Sering Dilupakan Sebelum Memulai Bisnis

Saat akan berbisnis, banyak orang pasti menyarankan kepada kita untuk langsung action dan tidak berpikir terlalu banyak karena terlalu banyak berpikir dan terlalu banyak pertimbangan kadang-kadang memang bisa membuat kita tidak melangkah sama sekali, atau bahkan tidak melakukan apa-apa. Hal tersebut ada benarnya. Namun melangkah tanpa persiapan kadang-kadang bisa membuat kita tersesat atau bahkan jatuh ke lubang (gulung tikar). Padahal, saat ini sudah ada banyak pengusaha pengusaha sukses yang memulai usaha bisnisnya dari nol yang bisa kita jadikan “guru” untuk mengambil pengalaman mereka. Dari mereka, kita bisa belajar agar bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan yang juga pernah mereka lakukan. 



Jadi, memulai bisnis tidak hanya soal action, melainkan juga harus ada persiapan yang baik sehingga arah dan tujuan yang ingin dicapai jelas serta cara-cara yang akan diterapkan juga tepat.

Salah satu yang paling sering dilupakan sebelum memulai bisnis adalah mempertimbangkan infrastruktur. Infrastruktur adalah bagian penting dari sebuah usaha (bisnis) karena ini adalah tulang punggung perekonomian yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena infrastruktur yang tidak baik bisa menyebabkan pembengkakan pengeluaran. Bentuk infrastruktur bermacam macam, mulai dari, sarana-prasarana transportasi hingga akomodasi. 

Jika kita berbicara mengenai infrastruktur di Indonesia, berapa tahun yang lalu infrastruktur di negara ini masih tidak begitu baik. Namun perlahan, saat ini kita melihat bahwa infrastruktur sudah semakin baik. Terbukti dengan dibangunnya Tol Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan bahkan Tol Laut yang menghubungkan beberapa daerah yang lokasinya jauh dari pulau Jawa tampak sudah membuahkan hasil. 

Salah satu tempat di mana kita bisa melihat data-data mengenai pembangunan infrastruktur di negara ini adalah dengan melihat data pembangunan infrastruktur di BKPM Indonesia, di sana anda akan menemukan dengan jelas bagaimana perkembangan infrastruktur di Indonesia yang menjadi tulang punggung perekonomian negara ini. 

Pentingnya memikirkan infrastruktur sebelum mulai menjalankan bisnis adalah untuk mengetahui secara pasti berapa besar modal yang harus dipersiapkan terutama untuk biaya transportasi pengiriman barang, dll. Karena menurut data dari KADIN, total belanja sebuah perusahaan di Indonesia untuk menyalurkan logistik, 17 persennya berkaitan dengan infrastruktur. 

Jadi sewajarnya apabila infrastruktur harus dipertimbangkan dengan matang karena hal tersebut akan mempengaruhi bisnis secara keseluruhan. 

Indonesia saat ini sedang giat-giatnya membangun infrastruktur yang baik karena menurut data, Indonesia masih menempati peringkat 74 dari 139 negara jika dilihat dari infrastruktur. 

Dari data tersebut, selain sangat penting bagi calon pebisnis agar bisa mempersiapkan bisnisnya dengan baik, jika Anda jeli, infrastruktur yang masih belum memadai di Indonesia tentunya juga bisa menjadi peluang usaha. Terlebih karena pemerintah saat ini juga membuka lebar-lebar pintu bagi investor yang ingin berinvestasi di bidang infrastruktur di Indonesia. Karena pemerintah saat ini berencana untuk meningkatkan infrastruktur di Indonesia ke level yang lebih tinggi dengan target hingga tahun 2020.

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^