Social Icons

21 Oct 2016

Pertama Kali Naik Pesawat? Tak Perlu Khawatir, Ini Tipsnya!

Bagi sebagian orang, naik pesawat menjadi hal yang menyenangkan karena dapat mempersingkat waktu perjalanan dan lebih efektif. Namun bagi sebagian mereka yang belum pernah naik pesawat sama sekali, kekhawatiran saat naik pesawat seringkali menghampiri. Hal ini biasanya dikarenakan pernah mendapat cerita pengalaman buruk saat naik pesawat, berita kecelakaan pesawat, dan hal lain yang memicu phobia saat naik pesawat.

Sebenarnya, kekhawatiran diatas dapat diatasi. Cara mengatasinya pun beragam tergantung ketakutan dan kekhawatiran yang dialami masing-masing orang. Namun ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu perhatikan saat ingin naik pesawat pertama kalinya. Apa saja sih tipsnya? Berikut ulasan singkatnya:

1. Awali dengan mindset naik pesawat itu mudah dan menyenangkan



Mindset terkadang yang membuat orang khawatir saat pertama kali naik pesawat. Oleh sebab itu mindset yang harus ditanamkan adalah naik pesawat itu menyenangkan.  Sehingga saat mindset itu tertanam hal buruk yang membuat khawatir perlahan akan hilang. Selanjutnya mindset menyenangkan saat naik pesawat juga bisa diawali saat kamu booking tiketnya. Mendapat potongan harga saat booking tiket tentu menjadi awal yang baik saat ingin naik pesawat pertama kalinya. 
Sebagai contoh saat pesan tiket, jika kamu ingin booking online Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, Garuda Indonesia,  atau maskapai pesawat lainnya, usahakan booking menggunakan mobile apps. Biasanya booking dengan mobile apps harganya lebih murah dan banyak promo, menyenangkan bukan? 

 2. Datang ke bandara minimal 2 jam sebelum pemberangkatan



Tips selanjutnya untuk kamu yang pertama kali naik pesawat adalah datang ke Bandara minimal 2 jam sebelum waktu pemberangkatan.  Saat naik pesawat jangan dibayangkan seperti naik bus yang kamu hanya bisa duduk manis dan menunggu.  Banyak aktivitas yang harus kamu lakukan sebelum naik pesawat diantaranya pemeriksaan keamanan, check in, dan boarding.

Apa sih itu check in? check in adalah prosedur yang harus kamu lalui sebelum naik pesawat. Pihak maskapai penerbangan akan mencatat setiap penumpang ke dalam data penerbangan. Yang harus kamu lakukan adalah mencari loket untuk check in sesuai dengan maskapai, lalu antri untuk check in dengan tertib ya!

Saat Check ini akan dimintatiket atau print out dari e-tiket kamu. Selain itu kamu juga akan dimintai KTP atau tanda pengenal dan juga paspor jika kamu ingin pergi ke luar negeri. Barang bawaan kamu juga akan ditimbah terlebih dahulu sebeum masuk ke bagasi. Tenang saja, barang di bagasi akan aman. Namun, jika beratnya melebihi kuota kamu akan dimintai biaya tambahan.  Saat proses check in ini kamu akan diberikan boarding pass oleh petugas sebagai tanda masuk. 

Lalu, apa itu boarding pass? Boarding pass adalah petunjuk yang terpampang ruang dan gate mana tempat kamu menunggu pesawat nantinya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan jam boarding dan jam terbang pesawatnya ya! Jangan sampai ketinggalan pesawat karena kalau ketinggalan, pesawat enggak mungkin balik lagi nungguin kamu!

3. Patuhi aturan yang disampaikan saat didalam pesawat

Tips selanjutnya adalah mematuhi aturan yang disampaikan petugas saat berada di dalam pesawat. dan jika ada goncangan dan turbulensi tidak perlu khawatir berlebihan karena itu hal yang mungkin terjadi jika naik pesawat, jadi tetap tenang dan ikuti petunjuk yang diberikan petugas. 

4. Saat mendarat dengan Lancar, jangan lakukan hal ini!



Saat mendarat dengan lancar dan selamat, hal ini sebaiknya jangan kamu lakukan. Yang pertama adalah menyalakan handphone. Sebaiknya kamu jangan menyalakan handphone sebelum kamu masuk ke dalam gedung bandara tujuan.  Hal ini karena sinyal handphone dapat mengganggu komunikasi antara pilot dan awak kabin. So, tetap patuhi aturan!
Itulah beberap tips yang bisa kamu perhatikan, khususnya bagi yang ingin naik pesawat pertama kalinya. Intinya ikuti petunjuk dan atuhi paturan mulai dari di bandara hingga di dalam pesawat. jika peraturan sudah dipatuhi, maka kamu telah ikut peran aktif dalam meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mengudara dan menikmati perjalanan, bye!

4 comments:

  1. Grogi bgt itu wkt pertama kali naik pesawat sendiri, ga ada tmn berbagi hihihi

    ReplyDelete
  2. Okesip, dicatet, aku belum pernah naik pesawat soalnya.. hihi

    ReplyDelete
  3. Gue malah saat itu malah penasaran ama gimana rasanya jetlag. hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku dl jg smpet bingung pas pertama naik pesawat, masi agak mrinding tiap landing he he ngga tau kenapa,, ini lg nyiapin dua krucilku jg bwt first flightnya mereka,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^