Social Icons

31 Aug 2016

Tips Memulai Usaha Agar Peluang Sukses Lebih Besar

Jika ingin sukses dalam usaha, salah satu caranya adalah dengan pandai-pandai menangkap peluang yang ada. Usaha yang bisa sukses tidak harus unik, bisa saja sama dengan usaha orang lain. Namun ada banyak faktor yang dapat menyebabkan usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar dan berhasil, atau sebaliknya akan gagal. Jika selama ini Anda merasa bingung untuk memulai usaha, baik itu memilih jenis usaha yang akan dijalankan, hingga bingung bagaimana caranya memulai sebuah ide usaha yang sudah dimiliki, berikut adalah beberapa tips memulai usaha yang bisa Anda coba.


Memulai sebuah usaha yang paling berpeluang

Dimanapun Anda tinggal, di desa ataupun di kota, Anda harus bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Sesuatu yang tidak bisa terlihat tersebut adalah sebuah peluang usaha. Misalnya, jika Anda memiliki rumah di pintu masuk keluar komplek, maka usaha laundry, warung, hingga cuci motor dan mobil bisa menjadi usaha yang menjanjikan.


Jika Anda melihat lebih jeli, tidak hanya laki-laki yang bekerja. Melainkan perempuan atau ibu-ibu juga sudah mulai banyak yang bekerja. Keluarnya ibu-ibu dari rumah untuk bekerja akan membuat banyak pekerjaan mereka menjadi terbengkalai. Mulai dari memasak, mencuci pakaian, mengasuh anak, dan masih banyak yang lainnya yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Menangkap setiap peluang usaha yang ada dan mengkonversinya untuk dijalankan adalah modal terbesar dari sebuah keberhasilan.

Mulailah dengan skill yang Anda miliki

Tips memulai usaha yang kedua agar peluangnya lebih besar adalah dengan memilih usaha yang sesuai dengan skill serta yang sesuai dengan apa yang Anda cintai dan sukai. Karena terkadang, walaupun sebuah usaha tampaknya menjanjikan namun tidak sesuai dengan skill atau tidak begitu Anda sukai dapat menyebabkan Anda setengah-setengah dalam menjalankannya.

Buang urat malu

Banyak orang ingin punya usaha. Akan tetapi tidak pernah memulainya. Salah satu penyebabnya adalah malu karena belum pernah menjalani atau belum memiliki pengalaman, dll. Untuk memulai sebuah usaha, lakukan action dan buang rasa malu.

Mulailah dari modal yang paling kecil

Banyak orang menunggu modal besar untuk memulai usahanya. Padahal, kebanyakan orang-orang sukses yang jadi pengusaha memulai usahanya dari nol atau dari modal yang kecil. Contoh, Ibu Susi yang menjadi Menteri Kelautan RI pada awal karirnya hanya bermodalkan Rp750.000. Bahkan salah satu kampus IT terbesar di Jogja yang bernama STMIK Amikom di mulai dari menyewa sebuah tempat yang dibayarkan dengan metode cicilan dengan menggunakan biaya pendaftaran mahasiswa angkatan pertamanya.

Itulah beberapa tips memulai usaha yang bisa Anda coba. Namun selain itu, tentu saja ada beberapa hal penting lainnya yang harus Anda miliki seperti, strategi, mencari kelemahan kompetitor untuk dijadikan sebagai kekuatan, serta tidak takut gagal.

3 comments:

  1. untuk memulai usaha, rasa malu memang perlu di buang agar usahat berjalan dengan lancar :-) kalau kita masih malu untuk memulai, kapan sukses nya kalau gitu mh :-)

    ReplyDelete
  2. Biar biasa yg penting usaha sendiri ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^