Social Icons

2 Aug 2016

Tips Fitness Untuk Wanita yang Ingin Mengurangi Berat Badan

Badan bertambah berat merupakan momok bagi kaum wanita. Tubuh yang semakin membesar membuat siapa saja dari kaum Hawa bisa menjerit ketakutan. Tak aneh, banyak sekali cewek yang ingin menurunkan berat badan.

Banyak cara yang dapat ditempuh mulai dari diet ketat hingga melakukan kegiatan fitness. Namun, melakukannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh pengorbanan besar sekaligus tekad yang kuat. 



Untuk itu ada baiknya memperhatikan tips fitness untuk wanita yang ingin mengurangi berat badan berikut ini. Ada sejumlah trik untuk membantu program penurunan berat badan supaya berhasil. 


Ingatlah Semua Butuh Waktu

Menurunkan berat badan memerlukan tingkat kesabaran yang ekstra. Womenshealth menyatakan bahwa walaupun sudah intensif menjaga pola makan dengan ketat serta berolahraga secara teratur, bobot yang berkurang dari tubuh per minggu hanya kecil. Rata-rata berat maksimal yang hilang biasanya hanya 0,9 kilogram per pekan.

Fakta itu bisa saja membuat frustrasi bagi yang ingin segera menurunkan berat badan. Semua pengorbanan yang dilakukan seperti terasa sia-sia. Oleh karena itu, sejatinya tips fitness untuk wanita yang ingin mengurangi berat badan paling utama ialah bersabar. Ingatlah bahwa semuanya membutuhkan waktu. Tanamkan pemikiran seperti itu di dalam kepala agar tidak mudah putus harapan.

Patoklah Target Realistis

Ketika sudah mulai melakukan pengaturan pola makan dengan baik dan berolahraga secara rutin, harapan untuk segera mampu menurunkan berat badan pasti muncul. Impian itu manusiawi, namun cobalah mematok target penurunan berat badan yang masuk akal. Hal itu merupakan tips fitness penting untuk wanita yang ingin mengurangi bobot tubuhnya.

Sebagai contoh, jika sudah berumur, jangan berharap setelah berolahraga dan menjaga pola makan bakal langsung bisa memakai celana pada masa kuliah. Hal itu jelas kurang realistis. Salah-salah jika gagal mencapainya akan muncul rasa frustrasi. Ujung-ujungnya malah enggan melakukan pola hidup sehat kembali.

Catatlah Perkembangannya

Melakukan beragam upaya untuk menurunkan berat badan ibarat perjalanan panjang. Dibutuhkan kesabaran dan tekad kuat untuk melangkah pelan-pelan dalam mencapai tujuan utamanya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencatat semua perkembangannya. Hal itu merupakan salah satu hal krusial yang pantang dilupakan.

Mengapa? Mengetahui perkembangan upaya bisa menjadi sarana kontrol dan evaluasi program penurunan berat badan yang dilakukan. Selain itu, melihat hasil positifnya dapat meningkatkan semangat untuk terus melakukannya. Sementara itu, jika hasilnya belum sesuai harapan, upaya yang lebih besar dapat dilakukan.

Disiplin Kala Melakukannya

Inilah tips fitness untuk wanita yang ingin menurunkan berat badan paling sulit untuk dilakukan. Hal itu ialah disiplin. Sebab, mengontrol diri untuk terus mengikuti program penurunan berat badan sangatlah berat.

Siapa saja bisa tergoda untuk melupakan program diet sehat yang dirancang. Selain itu, kemauan untuk berolahraga juga bisa memudar. Agar  dapat menghindarinya, tanamkan sikap disiplin di dalam pikiran. Untuk membantunya dapat dilakukan beberapa hal seperti mencatat asupan makanan serta setiap olahraga yang dilakukan agar semua terkontrol.

Ajaklah Orang Lain Ikut Serta

Manusia itu tidak bisa hidup sendiri. Mereka selalu butuh dukungan dari pihak lain. Tak terkecuali ketika melakukan program penurunan berat badan. Dukungan moril dari pasangan, keluarga, hingga teman sangat penting. 

Mereka bisa menjadi penyemangat ketika semangat tengah kendur. Mereka juga dapat menjadi rekan untuk merayakan keberhasilan. Hal itu merupakan satu hal penting dari tips fitness untuk wanita yang ingin menurunkan berat badannya.

Selamat mencoba.

3 comments:

  1. Estiiii...
    Aku biasanya sih senam bareng ibu2 komplek gitu..
    Tapi sejak Fathir masuk SD aku jadi susah senam..huhuhu...

    ReplyDelete
  2. Pasca lahiran nanti nih pengen nurunin BB & mengecilkan perut he he.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^