Social Icons

24 Feb 2016

Dampak Mengasuh Anak dengan Ancaman

Mengasuh Anak merupakan sebuah hal yang tentunya merupakan hal yang harus di lakukan oleh orang tua kepada Anaknya, apalagi jika anaknya masih usia dini, tentulah ini sangat di butuhkan oleh si buah hati, mulai dari perhatian serta kasih sayang masih sangat dibutuhkannya. Namun ada juga yang salah kaprah dalam mengasuh Anak ini, seperti apa contoh yang salah kaprah ini? Ya salah satunya yaitu dengan cara mengancam Anak, sekarang Anda harus tahu karena Ancaman kepada anak ini akan bedampak kearah yang negative. Seperti apa dampaknya?


1. Mudahnya memiliki rasa yang Cemas dan takut
Dengan cara Anda mengancam buah hati Anda tentunya mempunyai efek yang negative, berakibat pada munculnya sikap mudah cemas dan takut. Ya, memang bayi Anda tidaklah mengerti dengan ancaman yang Anda berikan akan tetapi gerak dan bahasa tubuh Anda serta Intonasi bahasa yang tinggi ini sudah menjadikan buah hati bisa memahami

Mengancam bukan merupakan tindakan yang tepat. Dengan Anda Menggendong atau mengayun-ayun, melantunkan nyanyian merdu, dan sebagainya dapat menjadi solusi yang baik untuk buah hati Anda. Pahami permasalahan pada buah hati Anda, pada dasarnya buah hati Anda yang menangis ini biasanya karena rasa yang tidak nyaman karena sesuatu yang terjadi pada dirinya. Misalkan di gigit serangga atau ketidaknyamanan yang lainnya terjadi.

2. Menjadikan Anak memiliki perasaan yang serba salah
Ancaman yang Anda lakukan juga akan berdampak pada perkembangan psikologis anak. Apalagi jika Anak Anda dalam masa-masa perkembangan kemampuan dirinya. Waktu perkembangan ini jangan sampai Anda melakukan hal yang salah seperti mengancam anak karena berdampak pada perasaan anak yang serba salah. 

Nah sebaiknya Anda ajak anak Anda untuk berdiskusi dengan Anak Anda terhadap persoalan yang sedang di hadapi oleh Anak Anda. Cobalah untuk Anda mendengarkan pendapat dan juga isi hati anak Anda, jika apa yang di lakukan anak Anda ini salah Anda bisa memberikannya pengertian kalau apa yang di lakukan itu salah dengan cara yang baik membicarakannya dan buat rasa nyaman pada anak. 

3. Hilangnya kepercayaan diri
Jika pada masa-masa perkembangan anak orang tua masih sering mengancam, maka dia akan tumbuh menjadi anak yang kurang percaya diri ataupun minder. Anda sebagai orang tua sebaiknya menjalin komunikasi yang baik kepada Anak, jangan Anda terus-terusan mengancam anak Anda, Jika Anda melarang anak Anda melakukan sesuatu maka pakailah cara yang sehalus mungkin tanpa membuatnya merasa terancam, karena sesuatu yang dia lakukan dan salah menurut Anda kemudian Anda ancam akan menjadi beban pikiran baginya. Maka dari itu pahamilah dunia anak dan kemudian jadikanlah anak sebagai teman bukan sebagai anak kecil melulu yang harus diancam supaya mau untuk mengikuti kehendak ayah dan ibunya.

Nah itu dia Dampak Mengasuh Anak dengan Ancaman, yang dapat saya share untuk Anda. Tentunya Anda sebagai orang tua mau untuk menjadikan anak Anda yang terbaik. Jika Anda pernah melakukan ancaman kepada anak cobalah untuk merenungi apa yang Anda lakukan tersebut. Ingatlah masa depan anak Anda di pengaruhi oleh pola asuh yang Anda lakukan saat ini. 

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^