Social Icons

29 Feb 2016

3 Obat Alami Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

3 obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol sudah cukup akrab  di telinga saya karena beberapa tahun lalu suami sempat merasakan sesak di bagian dada sebelah kiri. Awalnya kami mengira itu ada kaitannya dengan masalah jantung, kemudian setelah tes EKG (elektrokardiogram, yang merupakan mesin yang mencatat aktivasi listrik dari denyut jantung), alhamdulillah semua baik-baik saja dan ternyata dari serangkaian tes baru ketahuan kalau Pak Budhi kadar kolesterolnya tinggi.

Setahu saya kolesterol ini memang dibutuhkan tubuh akan tetapi jika produksinya terlalu berlebihanmaka kolesterol itu akan mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit dan tentu saja hal ini  justru bisa membahayakan kesehatan tubuh. Karena pengendapan ini bisa membuat aliran darah yang menuju organ-organ vital tubuh seperti jantung dan otak bisa terhambat. Jadi kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke, baik kecil dan besar, dan serangan jantung.




Salah satu gejala kolesterol tinggi adalah sesak di bagian dada depan, persis sama yang dialami oleh siami saya. Bagi kebanyakan orang mungkin sesak itu sering dianggap sebagai masuk angin. Jadi tidak terlalu diambil pusing. Akan tetapi, jika rasa sesaknya semakin menjadi dan sering terjadi ada baiknya mencoba mengecek kadar kolesterol dalam tubuh. Selain rasa sesak di dada, gejala kolesterol tinggi lainnya adalah sering pusing terutama kepala bagian belakang di dekat tengkuk. Informasi ini saya dapatkan dari seorang teman yang juga mengalami kolesterol tinggi.

Setelah mengetahui Pak Budhi kadar kolesterolnya tinggi, saya pun mencari tahu obat alami apa saja yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterolnya. Bukan berarti saya kurang percaya dengan obat-obat yang beredarm tapi saya pikir ada baiknya menggunakan yang ada di alam dulu untuk mengatasi hal ini. Dan berikut ini, 3 obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol yabg sudah kami buktikan sendiri khasiatnya:

1, Rebusan daun salam
Daun salam ini obat mujarab yang nurah neriah banget. Kalau di penjual empon-empon,  beli seribu aja sudah dapat banyak hehe. Cara penggunaannya: Rebus 7-9 lembar daun salam (tergantung toleransi rasa sepet masing-masing orang yah) dengan 3 gelas air menggunakan api kecil, hingga menyisakan kira-kira 2 gelas air. Konsumsi air salam ini 3 kali sehari. Hanya dalam waktu beberapa hari, insyaAllah gejala kolesterol tinggi sudah reda.

2. Minyak zaitun
Minyak zaitun bukan hanya untuk kecantikan saja lo, tapi juga oke banget untuk menjaga kesehatan. Minyak zaitun yang bisa langsung dikonsumsi itu yang EVOO (Extra Virgin Olive Oil), biasanya EVOO ini untuk campuran salad ya. Kalau kurang suka dikonsumsi seperti itu, ada juga yang sudah berbendtuk kapsul, jadi tinggal lep aja, gak bakal ke cium baunya.

3. Bawang Tunggal
Bawang tunggal atau kalau di Jawa disebut bawang lanang. Sebenarnya bawang putih sudah bisa kok menurunkan kadar kolesterol tetapi mungkin butuh waktu cukup lama kalau pakai bawang putih. Yang jos gandos itu ya pakai bawang tunggal ini. Rasanya lebih getir daripada bawang putih biasa. Bisa kok dibeli di pasar tradisional atau di dupermaket, kalau belu bisa mengkonsumsi yang mentah mungkin bisa dicoba veri acarnya.

Ketiga bahan alami di atas tidak hanya bagi yang berkolesterol tinggi lho, untuk teman-teman yang tidak bermasalah dengan kolesterol pun bisa dikonsumsi dan tentu saja dengan porsi yang berbeda ya. Karena ke 3 bahan tersebut memang terkenal untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Tetap berpegang teguh pada ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’ dong ya 

Mungkin ada teman lain yang tahu obat alami yang lain selain yang di atas, yuk sharing ^_^

2 comments:

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^