Social Icons

31 Jan 2016

Tips Pintar Mengelola Manajemen Keuangan Keluarga

Keluarga merupakan sebuah satuan strata sosial terkecil dimana di dalamnya terdiri dari seorang ayah, ibu dan juga beberapa orang anak. Keluarga merupakan tempat dimana mereka tinggal dan saling berbagi kasih sayang. Baik ayah, ibu dan juga anak mempunyai tanggung jawab dan peranan  masing-masing dalam sebuah keluarga, hal ini dibedakan berdasarkan status yang dimilikinya. Namun ada hal yang terkadang harus dilakukan oleh setiap anggota keluarga yang ada, seperti halnya pengaturan manajemen keuangan yang diterapkan pada sebuah keluarga. Hemat menjadi sebuah hal yang tentunya dibutuhkan dalam sebuah pengaturan keuangan, namun hal ini juga tidak berarti harus mengabaikan aspek kebutuhan dari setiap anggota keluarganya. Berikut adalah beberapa tips dalam mengelola manajemen keuangan keluarga yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips yang pertama adalah membedakan antara hal yang menjadi kebutuhan dan juga keinginan. Dalam sebuah kehidupan berkeluarga, sebagai seorang  manusia tentunya kita membutuhkan segala sesuatunya untuk mendukung keberlangsungan hidup kita. Hal ini dinamakan sebagai kebutuhan yang pemenuhannya menjadi sebuah keharusan. Selain itu kita sebagai manusia mempunyai keinginan akan sesuatu, misalnya keinginan akan sebuah benda yang sebenarnya tingkat pemenuhan dari keinginan ini dapat ditunda atau tidak di realisasikan. Dalam mengelola manajemen keuangan keluarga, kita dituntut untuk dapat memisahkan antara apa yang kita butuhkan dan apa yang kita inginkan, sehingga hal ini memungkinkan kita untuk dapat memprioritaskan pemenuhan atas kebutuhan yang dimiliki.

Tips yang kedua adalah membiasakan diri untuk menabung. Menabung berarti menyisihkan dan menyimpan sebagian uang dari pendapatan yang kita peroleh, dengan tujuan untuk dapat dipakai dikemudian hari pada saat kita membutuhkannya. Misalnya anda menabung untuk keperluan pendidikan anak, menabung untuk membeli rumah dan lain sebagainya. Hal ini juga harus dibiasakan sejak dini pada anak-anak kita, sehingga apa yang kita biasakan tadi memungkinkan anak mempunyai kepribadian yang sama yang dapat bersikap hemat dan dapat menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Dan itulah beberapa tips pintar dalam mengelola manajemen keuangan di dalam sebuah keluarga. Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

4 comments:

  1. Menabung. Iyap, itu yg kudu diusahakan. Menabung dan menyimpan uang sisa itu beda. Yang betul adalah menabung :)

    ReplyDelete
  2. menabung biar cepet banyak uangnya ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Menabung itu sulit banget >,< Apalagi pas suami nganggur di rumah sampe 1 bulan

    ReplyDelete
  4. Biasanya memang susah membedakan mana barang yang benar-benar jadi kebutuhan serta hanya sekedar ingin, wah perlu belajar lagi nih untuk mengatur keuangan keluarga >< terima kasih tipsnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^