Social Icons

16 Jan 2016

Resep Mie Goreng Cakalang Khas Manado


Indonesia sangat kaya dengan keragaman budaya yang mereka miliki. Salah satunya ialah setiap daerah yang mempunyai makanan khas yang begitu nikmat. salah satu makanan khas yang mempunyai cita rasa unggulan ialah mie goreng Cakalang. Mie goreng ini berasal dari Manado serta mempunyai rasa yang begitu pedas. Sebenarnya Anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Manado untuk bisa mencicipi makanan ini. Resep mie goreng Cakalang ini dapat anda buat sendiri di rumah.

Mungkin Anda beranggapan, karena ia berasal dari Manado bahan pembuatannya sangat sulit. Anda tidak perlu khawatir. Bahan-bahannya sangat mudah untuk di dapatkan. Dengan menggunakan berbagai macam bahan, dan dengan takaran yang pas, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Penasaran dengan pembuatannya?


Berikut cara membuat mie goreng yang berasal dari Manado, antara lain:

Bahan: ·         250 gram mie yang berukuran besar
·         150 gram ikan cakalang asap
·         100 gram taoge
·         5 buah bakso sapi
·         1 sdm kecap asin
·         5 buah cabai merah besar dan dihaluskan
·         1 sdt merica bubuk
·         Garam secukupnya
·         Minyak goreng
·         Air secukupnya
·         1 sdt kaldu ayam

Cara membuat:

1. Rebus mie hingga matang, ikan cakalang asap.
2. Iris kecil-kecil bakso sapi yang sudah anda sediakan haluskan bumbu yang terdiri dari bawang putih bawang merah dan cabai besar.
3. Selanjutnya Panaskan minyak serta tumis bumbu hingga harum.
4. Tambahkan air yang telah dicampur dengan kaldu bubuk.
5. Masukkan mie yang telah direbus serta bakso sapi.
6. Tambahkan garam kecap asin merica secukupnya.
7. Jika rasanya sudah pas Anda bisa menambahkan taoge dan juga Cakalang asap.
8. Mie goreng Cakalang khas dari Manado siap untuk dihidangkan.

Resep mie goreng Cakalang yang berasal dari Manado ini bisa disajikan dengan menambahkan air perasan jeruk nipis serta bawang goreng, agar bisa menambahkan citarasa didalam menyantap, usahakan untuk menyantap selagi masih panas karena belum berubah menjadi besar sehingga rasanya masih nikmat dan juga gurih. Selamat mencoba!

6 comments:

  1. sedaap...ijin nyontek resepnya mbak Esti

    ReplyDelete
  2. Noted, biar bisa dipraktekin. :D

    ReplyDelete
  3. Huah pas banget belum masak utk dinner. Pesan ini aja kali ya? Hehee

    ReplyDelete
  4. Esti, apakabar? Btw Cakalang itu nama ikan-kah? Keliatan banget sepiring mie Cakalang bikin ngiler tuh, padahal bunda gak gitu-gitu amat doyan mie, tapi liat tampilannya di postingan ini menarik banget bikin kemecer pengen ngicipin, hehe...

    ReplyDelete
  5. Waaah aku pengen mupeng, jadi laper, mau praktik ah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^