Social Icons

11 Jan 2016

Denim Yang Kece Sepanjang Masa


Apa yang terlintas ketika mendengar kata 'denim'? Kalau saya pasti langsung terbayang jeans. Akan tetapi ternyata yang jadi persepsi saya selama ini tidaklah benar walau tidak sepenuhnya salah sih. Denim adalah jenis bahan, material kain yang kokoh dari bahan twill. Sedangkan jeans adalah produk yang terbuat dari denim, yang mana bentuk produk tersebut dalam bentuk celana. 

Bahan denim berasal dari sebuah kota di Prancis bernama Nimes, bahan awalnya disebut Serge de Nimes, lalu kemudian dipersingkat menjadi denim (de Nims). Pertama kali diciptakan, denim hanya memiliki satu warna yaitu indigo. Tapi seiring berkembangnya zaman, dibuatlah warna-warna lain seperti hitam, abu-abu, putih khaki, dan warna-warna terang di antaranya pink, hijau dan biru terang.

Nama ‘Jeans’ menjadi popular setelah perusahaan L’evis membuat celana dari bahan denim.  Jeans sendiri merupakan sebutan khusus untuk celana denim. Pertama kali diciptakan oleh Jacob Davis dan Levi Strauss pada 1873. Awalnya jeans didesain untuk para koboi dan pekerja kasar pada era 50-an. Tapi semakin populer tahun 80an hingga sekarang dan dikenakan mulai dari anak-anak, kalangan remaja hingga orang dewasa. Dari masyarakat umum, selebriti hingga pejabat kala ingin tampil casual. Sekarang ini pengertian denim dan jeans sudah mulai membaur. Orang kini bisa menyebut denim dengan jeans.
Denim di masa sekarang, lebih sering digunakan untuk menyebut rangkaian busana yang terbuat dari bahan tersebut. Misalnya rok denim, jaket denim, gaun denim, rok denim, sepatu atau tas denim. Tetapi kalau mau menyebut jaket jeans, atau celana jeans mungkin sudah umum juga ya hehe
Denim menurut saya selalu kece dari masa ke masa, tidak pernah kadaluwarsa gitu ya. Dari dulu sampai sekarang masih ada aja. Dan penggemarnya pun banyak ya. Denim ini oke banget untuk menampilkan kesan casual pemakainya. Mulai dari anak kecil hingga dewasa, pantes aja pakai denim. Bisa masuk di semua profesi dan usia. Bahkan ada beberapa orang yang saking sukanya dengan denim, merasa kurang percaya diri kalau tidak memakainya. Sebagian beranggapan denim bisa memperbaiki postur tubuh, yang bokongnya kurang seksi, bisa cari model yang bagus di bagian itu, yang merasa genuk di paha, bisa memilih model yang membuat lebih langsing.
Mungkin temans ada tips bagaimana mencari model yang sesuai dengan bentuk tubuh kalau memakai denim? Share ya ^_^

7 comments:

  1. Denim mah gak pernah ketinggalan zaman. :D

    ReplyDelete
  2. Kalo aku suka rok yg berbahan denim mbak...

    ReplyDelete
  3. Denim atau jeans memang gak lekang oleh waktu ya mak,... kemarin baru beli denim Levis untuk hubby :)

    ReplyDelete
  4. Dulu aku suka denim, tapi makin kemari, ga suka. Soalnya panas.
    Aku lebih suka pake celana bahan.

    ReplyDelete
  5. Bagi yg punya bokong kurang seksi, mari merapat. . . :D

    ReplyDelete
  6. sama mba, kalo deneger kata denim pasti larinya ke celana levis :D

    ReplyDelete
  7. Timeless. Tapi skrg udah gak punya celana panjang denim. Kalau rok punya bbrp.Kemeja jg ada.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^