Social Icons

14 Oct 2015

Buatan Indonesia

bendera peta Indonesia
gambarterbaru,com

Seringkali kita dengar iklan yang mengatakan ‘cintailah produk-produk Indonesia’. Beberapa hari lalu saya membaca berita lama tentang produk Indonesia

Menteri Perindustrian, MS Hidayat mengatakan dengan adanya Foxconn di Indonesia, maka keinginan tersebut akan lebih mudah terwujud. "Barang-barang yang kamu pakai sekarang (Handphone) nanti Made in Indonesia," ungkap Hidayat di kantornya, Jl Gatot Soebroto(detik.com)

Wah bangganya sebentar lagi kita memiliki HP (handphone) made in indonesia. Eit's....jangan besar kepala dulu. coba kita terjemahkan di Google translate kata made in indonesia. Sudah di coba? belum pasti. Yah singkatnya saya sudah mencobanya dan terjemahan yang muncul dari made in indonesia adalah "dibuat di Indonesia". Banyak barang tertulis made in indonesia, eh ternyata selidik punya selidik pemiliknya adalah orang-orang asing. Trus komponen penyusun produknya juga dari luar indonesia hanya di rakit di Indonesia dan akhirnya dilabel made in indonesia.


Nah....bagaimana? ternyata setiap ada kalimat tersebut di sebuah produk bukan berarti menunjukan kalau produk tersebut benar-benar hasil karya Indonesia. Akan tetapi walaupun  begitu masih ada rasa bangga jika kita menemui barang-barang di Mall yang bertuliskan Made In Indonesia. di balik produk tersebut ada tetesan keringat para pekerja-pekerja indonesia. Walau dengan harga tenaga yang sangat murah mereka berhasil menghasilkan beraneka produk yang bisa di labeli made in indonesia.

Akan tetapi alangkah lebih bangganya kita apabila kita tidak hanya menghadirkan para investor asing ke indonesia dan menghasilkan produk made in indonesia saja akan tetapi benar-benar bisa menciptakan produk yang benar-benar hasilnya dari tanah air kita yang tercinta ini. Tidak sedikit putra putri terbaik bangsa yang menghasilkan karya-karya besar akan tetapi mereka ada di luar Indonesia. Banyak anak-anak muda kita yang sekarang sudah banyak menjuarai invention contest di tingkat dunia, akan tetapi justru hak patennya di beli oleh orang-orang luar. gimana tuh...... 

Memulai sebuah perjuangan yang mulia demi membawa nama bangsa yang berujung sebuah kesejahteraan bagi sosial seluruh rakyat Indonesia memang tidaklah mudah. Kata istriku "masak india saja punya mobil nasional bahkan sekarang sudah mulai merajai indonesia, kita mau mulai aja masih penuh dengan rencana dan banyak hambatan". Perlunya good will dan political will dari seluruh komponen bangsa yang terlibat dan punya peranan untuk memperjuangkannya. Apabila "mereka" sudah memulai saya rasa seluruh masyarakat indonesia siap berdiri dibelakang mereka.

Semoga bukan hanya made in indonesia saja, tetapi
menjadi buatan indonesia yang merupakan karya bangsa
jangan pernah berhenti berkarya Indonesiaku

Indonesia negeri para penemu

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^