Social Icons

3 Sep 2015

Cara Membuat Rendang dengan Mudah




Membuat Rendang terkesan rumit dan sulit. Karena denger-denger bahan dan prosesnyaitu sulit dan lamaaa banget. Keder duluan deh kalau mau membuat rendang sendiri. Apalagi kalau hanya untuk konsumsi sendiri. Lebih baik beli aja di rumah makan padang dekat rumah. Lebih mudah dan gak pakai capek, kan?

Tapi kadang-kadang penasaran juga gimana proses membuatnya. Dan mikir kalau buat sendiri bagaimana rasanya ya. Lebih enak atau malah jadi gak enak. Apa pun itu demi melunasi rasa penasaran, saya pun mulai cari-cari cara membuat rendang dengan mudah. Karena saya gak suka ribet, makanya cari yang gampang dan mudah saja hehe. Akhirnya ketemu juga, cara dan bahannya gampang didapat. Dan mulailah meracik bumbu dan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Yuk, dilihat bahan-bahannya apa aja.


Bahan:
300 gr daging sapi
1 gelas santan
2 cm lengkuas, geprek
2 cm jahe, geprek
3 mata asam jawa (sebenarnya pakai asam kandis, tapi pas gak punya di dapur)
1 batang serai
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
4 sdm kelapa parut, sangrai hingga kering, kemudian ditumbuk hingga berminyak
1 lembar daun kunyit
2 sdm gula jawa (maklum lidah jawa, suka yang manis-manis)
garam
10 buah cabai merah, haluskan

Bumbu yang dihaluskan:
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
3 butir kemiri sangrai

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak goreng. Masukkan bumbu halus. Tumis hingga harum.
2. Kemudian masukkan cabai halus. Tumis hingga bau langu-nya hilang.
3. Masukkan daging, tunggu hingga daging berair. Kemudian masukkan kelapa sangrai, jahe, lengkuas, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, asam dan santan. Masak terus dengan api kecil, sambil sesekali di aduk.
4. Masukkan gula merah dan garam. Terus dicicipi. Kalau kurang manis tambah gula, kalau kurang asin tambah garam (ya iya lah hehe)
5. Masak terus sampai bumbu berminyak dan daging menjadi empuk.
6. Angkat dan sajikan.

Lumayan banget hasilnya untuk pemula seperti saya *hepi ^_^

Ternyata gak terlalu sulit kok membuat rendang, yang penting sabar aja, karena proses supaya daging empuk yang bikin agak lama. Apalagi kan yang dipakai api kecil, supaya bumbu-bumbu meresap dengan baik.

Membuat rendang dengan cara yang mudah sudah saya praktekkan dan hasilnya cukup memuaskan untuk saya. Suami suka, saya apalagi hehe. Trnyata gak ada yang sulit jika kita mau berusaha.

Jadi, berminat mencoba, temans?

1 comment:

  1. beberapa kali bikin rendang belum pernah yg pas di lidah :(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^