Social Icons

25 Jun 2015

3 Pembicaraan Awal Ketika Merencanakan Pernikahan

Pernikahan adalah suatu hal yang membahagiakan, baik bagi kedua calon pengantin mau pun keluarga besar. Bahkan bisa dikatakan, pernikahan merupakan acara terbesar yang diadakan sebuah keluarga. Tak pelak lagi ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk perhelatan tersebut. Dan berikut ini 3 hal yang harus dibicarakan sebagai permulaan persiapan pernikahan:
1. Tanggal Pernikahan

Hal terpenting dari acara pernikahan, tentu saja tanggal pernikahan. Karena awal dari semua persiapan tergantung pada hal ini. Bayangkan jika belum ada tanggal pernikahan, bagaimana kita mau mencetak undangan dan booking vendor-vendor pernikahan lainnya. Walau kita udah punya pilihan katering mana yang kita pilih, perias mana yang kita suka, gedung mana yang kita incar dan lain-lain, kalau belum ada tanggal pastinya sama aja bohong. Bagaimana kita mau mengikat 'kontrak' dengan para penyedia jasa tersebut kalau tanggalnya saja belum jelas?

So, tentukan tanggal pernikahanmu, bicarakan dengan para orang tua. Jangan sampai terjadi salah satu pihak orang tua atau keluarga ada yang tidak cocok dengan tanggal pilihan kalian. Pernikahan juga penggabungan dua keluarga menjadi satu, jadi bicarakan dengan baik-baik.


katering pernikahan dok. pribadi

2. Dana


Pernikahan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Walau pun mungkin berusaha diadakan sesederhana mungkin. Bicarakan bersama-sama berapa dana yang dialokasikan untuk pernikahan, dari situ bisa langsung menentukan pos-pos pengeluaran apa saja yang diperlukan dan berapa dana untuk pos-pos tersebut.


Jangan lupa dana cadangan untuk hal-hal kecil yang tidak terduga. Walau butuhnya sedikit tetapi kadang printhilan-printhilan itu kalau digabungkan jadi banyak lo hehe


3. Jumlah Tamu


Jumlah tamu yang diundang jelas berpengaruh besar terhadap anggaran. Mulai dari jumlah undangan, jumlah souvenir dan tentu yang paling banyak adalah biaya untuk makanan. Dari tiga pos anggaran tersebut, yang terbesar adalah pos anggaran untuk makanan.


Jadi, bijaklah dalam mengundang saudara dan teman. Karena semakin banyak Anda mengundang tamu semakin banyak pula biaya yang diperlukan. Jangan sampai salah perhitungan dalam hal makanan ini, bisa-bisa diomongin sepanjang hayat haha.


Semoga bermanfaat

3 comments:

  1. Hal2 kecil yang tak terduga malah menimbulkan penambahan dana yg luaaar biasaaaa! :D

    ReplyDelete
  2. Kaykanya yang paling penting dana deh..he..he.. :)

    ReplyDelete
  3. Ngomongin dana memang butuh itung2an yg detail ya, mba. Biar pengeluaran ga membengkak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^