Social Icons

31 Dec 2019

Cantik dan Asri, Ini 7 Ide Dekorasi Taman untuk Rumah Minimalis yang Bisa Kamu Tiru


Saat ini rumah minimalis menjadi salah satu pilihan utama bagi banyak orang yang ingin memiliki rumah baru. Ukurannya yang cenderung mini dan tidak mempunyai banyak furniture memang menjadi ciri khas tersendiri pada suasana rumah. Namun ada kalanya, rumah yang minimalis itu terasa begitu penuh dan sumpek. Untuk membuat suasana rumah yang berwarna dan hidup, tentu kamu harus memberikan sentuhan yang baru lagi.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat taman di halaman rumah minimalis milikmu. Kehadirannya juga bisa membuat suasana jadi lebih asri dan segar. Banyak manfaat positif lainnya yang bisa didapatkan saat berkebun. Seperti menyiram tanaman ternyata bisa membuat kadar stres kamu jadi berkurang, lho. Nah, buat kamu yang ingin membuat taman di rumah minimalis. Disini kami akan membantu kamu untuk menemukan ide-ide dekorasi taman halaman rumah yang cantik dan asri.
Taman Depan Rumah dengan Jalan Setapak yang Rapi
Taman tidak harus selalu dihiasi oleh bunga warna-warni. Kamu bisa menciptakan taman yang cantik dan sederhana dengan hamparan rumput yang bisa menciptakan suasana asri. Biar terlihat semakin rapi dan rumput tidak terinjak-injak, buatlah jalan setapak di taman tersebut. Jika ingin yang lebih menarik lagi, mungkin kamu bisa memakai batu alam dengan motif tertentu atau warna-warni. Sudah tersedia banyak batu alam yang didesain sedemikian rupa di tempat jual tanaman hias.
Letakkan Tanaman di Area Batasan Rumah Kamu
Ternyata, menciptakan suasana rumah yang asri tidak selalu membutuhkan banyak tanaman, lho. Kamu bisa meletakkan beberapa tanaman hijau atau bunga di sekitar pembatasan seperti gambar di atas ini. Tanaman-tanaman tersebut juga dapat digunakan sebagai pagar alami. Meski terlihat sederhana, tetapi inspirasi satu ini memiliki kesan estetika pada taman depan rumahmu. 
Dinding Air Terjun
Kalau halaman depan rumah kamu mempunyai dinding yang cukup luas. Cobalah buat air terjun yang bertingkat seperti inspirasi satu ini. Kamu bisa menemukan air terjun buatan yang terbuat dari batu alam dan keramik dengan mudah. Tanamlah berbagai jenis tanaman hijau di sekelilingnya. Sehingga taman buatan kamu akan terasa seperti air terjun yang ada di alam bebas. 
Pot Tanaman Gantung Sebagai Hiasan 
Lahan kamu tidak cukup untuk menaruh pot tanaman kesayangan di rumah? Gantungkan saja pot tanaman tersebut di sekitar depan rumah. Dengan begitu, terciptalah taman sederhana di depan halaman rumah kamu. Pilihlah pot yang berukuran kecil serta rantai kecil untuk penggantungnya agar pot tersebut tidak mudah terjatuh. Untuk tanamanya, kamu bisa menghiasi pot dengan tanaman herbal dan aneka bunga lainnya. 
Living Wall untuk Tambahan Hiasan Taman
Living wall ini merupakan solusi yang paling tepat buat kamu yang ingin mempunyai taman di lahan yang terbatas. Kamu bisa mengandalkan dinding kosong untuk taman depan rumah minimalis. Pertama-tama kamu hanya tinggal menyiapkan besi atau kayu penyangga. Setelah itu, sediakan beberapa pot kecil yang sudah berisi tanaman. Kemudian, gantung di besi atau kayu penyangga yang telah disediakan. Supaya living wall ini terlihat lebih asri dan lebat, pilihlah tanaman yang daunnya bisa tumbuh memanjang. 
Kamu bisa baca tulisan saya tentang Membuat Taman Vertikal Minimalis dengan Mudah
Taman dengan Kolam Ikan
Taman minimalis juga bisa kok memiliki kolam ikan hias. Namun, kamu juga harus memperhatikan terlebih dahulu ukurannya. Buatlah kolam dengan desain yang kamu inginkan. Contohnya saja, seperti model air mancur yang diisi oleh air dan teratai. Jika ingin yang lebih menarik lagi, kamu bisa memelihara ikan hias kecil di kolam tersebut, misalnya ikan koi. Setelah itu, tambahkan hiasan seperti batu-batuan kecil di kelilingnya dan tanaman hijau lainnya. Dengan begitu, halaman depan rumah minimalis mu pun akan terasa lebih sejuk dan asri. Oh iya, jangan lupa selalu membersihkan kolam ikannya secara rutin jika sudah dirasa bau dan kotor. Sehingga kolam tersebut akan tetap bersih dan enak dipandang. 
Itulah beberapa ide dekorasi taman depan rumah minimalis yang bisa kamu coba dirumah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi banyak orang. 

3 comments:

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^