Social Icons

20 Nov 2016

Tips Mempersiapkan Hari Tua

Setiap kita pasti akan tua. Dan setiap kita pasti akan mengalami masa-masa di mana tubuh tidak lagi mampu bergerak dengan baik dan tidak mampu menahan beban berat pekerjaan. Di usia senja, kemungkinan besar kita membutuhkan bantuan orang lain terutama sanak famili (anak) karena mungkin ada beberapa diantara kita yang mengalami osteoporosis, rabun, kepikunan, dan berbagai masalah yang sering dialami oleh orang yang berusia lanjut. 

Pada saat itu, kita mungkin bisa mengandalkan orang lain (anak). Akan tetapi, alangkah menyenangkannya apabila bisa hidup tanpa merepotkan orang lain. Dan, salah satu caranya adalah dengan mempersiapkan berbagai hal sebagai bekal di hari tua seperti bekal uang (finasial). 

Di masa muda, selain bekerja untuk menghasilkan uang dan kemudian ditabung, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan berinvestasi. 

Di Indonesia sendiri, ada banyak tempat dimana Anda bisa menemukan informasi investasi terpercaya yang bisa Anda coba untuk mendapatkan informasi penting seputar bagaimana dan dimana sebaiknya berinvestasi. 


Jika hanya menabung uang, uang tersebut lambat laun akan habis karena dipakai setiap hari. Namun jika berinvestasi, kemungkinan besar uang tersebut tidak akan berkurang atau bahkan bisa jadi terus bertambah. 

Beberapa sektor tempat berinvestasi yang jarang merugikan, diantaranya adalah:

Berinvestasi di bidang properti. Pertumbuhan masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal tersebut tentu saja akan membuat kebutuhan akan tempat tinggal semakin banyak. Boleh dibilang, berinvestasi di bidang properti resikonya sangat kecil. 

Berinvestasi dengan membeli tanah. Sama seperti kebutuhan akan bangunan (properti). Tanah, dari tahun ke tahun tidak pernah turun harganya. Bahkan, Anda juga sudah pasti tahu bahwa harga tanah jarang sekali jalan ditempat, melainkan akan terus naik dari tahun ke tahun. 

Membeli tanah saat ini untuk digunakan di masa yang akan datang, entah itu untuk dijual, untuk digadaikan, atau untuk keperluan-keperluan yang lainnya adalah model investasi yang cukup menjanjikan. 

Berinvestasi dengan benda mulia. Emas adalah salah satu tempat Anda bisa berinvestasi. Karena emas, seperti juga tanah dari tahun ketahun harganya semakin baik dan meningkat. 

Berinvestasi di bidang pertanian. Memang banyak masyarakat Indonesia terutama para pemuda yang saat ini mulai enggan menjadi seorang petani atau memilih profesi sebagai petani. Namun bukan berarti kebutuhan akan pangan dan berbagi hasil pertanian berkurang. Justru sebaliknya, jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah membuat kebutuhan akan pangan dan berbagai hasil pertanian terus meningkat. 

Berinvestasi di bidang pertanian tidak akan pernah merugikan. Anda bisa berinvestasi dengan mendatangkan peralatan pertanian yang canggih dari luar negeri (impor), menjadi penyalur bahan makanan pokok, menjadi penyedia peralatan dan pupuk bagi petani, berinvestasi di bidang peternakan, dan masih banyak yang lainnya. 

Itulah beberapa tips mempersiapkan masa tua yang sebaiknya Anda mulai sejak dini karena jika terus menunda dan menunggu. Waktu yang semakin sempit dan usia yang semakin senja akan membuat Anda tertekan atau bahkan sulit mendapatkan kesempatan yang lebih besar seperti yang Anda miliki saat ini.

4 comments:

  1. Kalo urusan invest sy serahkan sm suami, saya paling gabisa invest. Emas pun cuma punya cincin nikah ;)

    ReplyDelete
  2. Investasi benda mulia yang lebih cocok. Nggak ribet hitung2annya

    ReplyDelete
  3. Aku nggak ngerti gituan. Paling cuma nitip deposito aja

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^