Social Icons

28 Jun 2015

Kurma sebagai Alternatif Cemilan untuk Ibu Hamil

Ramadhan selalu menjadi bulan yang berkesan untuk saya terutama Ramadhan tahun lalu. Ramadhan tahun lalau saya masih beraktivitas seperti biasa. Pergi ke luar kota selama beberapa hari, pulang sebentar dan kemudian pergi lagi ke kota yang lain. Kegiatan kantor ketika Ramadhan itu benar-benar padat merayap. Gak tau sih kenapa seakan-akan semua kegiatan harus sudah selesai sebelum Lebaran.

Saya masih ingat betul puasa saya pada Ramadhan lalu sangat berbeda dengan tahun-tahun berikutnya. Walau sudah berbuka, badan masih berasa lemas banget seperti tidak ada tenaga. Saya pikir karena saya belum makan nasi, akan tetapi setelah nasi masuk pun masih lemas tak berdaya. Oke deh kemungkinan besar karena saya lagi gak enak badan. Karena itu setiap berbuka saya usahakan makan makanan yang berkuah, supaya segar gitu. Lumayan sih setelah itu tapi belum fit benar rasanya.

Kurma

Jadi alternatif terakhir, saya kira karena kurang olahraga. Sampai-sampai ketika tugas di Pekalongan, saya bela-belain deh jalan kaki dari hotel ke tempat kegiatan supaya badan fit lagi. Ada mungkin 10 menit jalan kaki. Kalau pas siang pulang itum sampai hotel langsung tepar karena panas sekali hawa disana. Ngadem di bawah AC deh hihihi.

Apakah kondisi saya membaik? Tidak juga, malah terkadang ketika berpuasa berasa mau (maaf) muntah. Saya sampai mikir saya sakit apa. Demam juga tidak. Mau ke dokter belum sempat. Hingga suatu ketika saya berbuka di sebuah hotel dan makanan untuk berbuka salah satunya kurma. Saya merasa kok energi saya sedikit bertambah setelah makan beberapa butir. Esoknya, saya membeli kurma untuk saya makan ketika sahur dan berbuka.

Ketika mendekati Lebaran, saya baru sadar kalau tamu bulanan saya belum berkunjung. Agak gelisah juga sih karena dilematis banget, pengen di tes tapi takut kecewa seperti sebelumnya, tapi kalau gak di tes nanti akan melakukan perjalanan mudik yang cukup panjang. Kalau samapi sudah hamil dan terjadi apa-apa nanti saya bisa menyesal seumur hidup huhuhu. Akhirnya saya memberanikan diri mengetes dengan testpack. Alhamdulillah hasilnya positif. Dan itu menjelaskan semuanyakenapa tubuh saya lemas terus , ternyata lagi hamil muda hihihi.

Sejak itu sampai awal trisemester ketiga saya masih mengkonsumsi kurma. Lumayan deh pas mual-mual gitu kurma bisa jadi alternatif cemilan yang memberi energi lebih, jadi gak lemas-lemas banget. Apalagi kandungan gizi di kurma juga bagus kan ya. Bisa lo para ibu hamil mencoba sikurma ini kalau susah makan. Cuma memang harus hati-hati bagi Ibu yang cenderung memiliki gula darah yang tinggi. Karena yang beredar di sini kan manisan kurma bukan kurma segarnya. 

2 comments:

  1. gak hamil juga boleh ya mbak ngemil kurma ;)

    ReplyDelete
  2. Oya ya, manisan kurma. Lebih aman minum sari kurma aja. :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^