Social Icons

29 Jun 2013

Review Blog: My Giveaway

Mengenal Bunda Lahfy sejak beberapa bulan yang lalu, lupa tepatnya kapan. Saling bertukar komentar di blog berlanjut dengan saling bercanda di facebook. Walau pun belum pernah bertemu secara langsung dengan Bunda, dari membaca tulisan beliau, saya seperti cukup mengenal sifat-sifatnya. Semoga dalam waktu dekat, kami diijinkan bertemu pula di dunia nyata.

Sebenarnya di awal pembicaraan tentang review blog, saya diminta untuk mereview My Lovely Little Garden. Ini adalah blog pertama Bunda. Akan tetapi oleh Bos Blogcamp secara langsung mengingatkan bahwa blog harus saling merview, jadi karena blog saya, My Love Note, direview oleh My Giveaway-nya Bunda Lahfy, maka saya pun ‘harus’ mereview My Giveaway. Untuk informasi saja, Bunda Lahfy ini punya 3 blog lo.

Blog My Giveaway Bunda Lahfy, baru saja launching di bulan Juni ini. Dengan ditandai dengan Giveaway Menyemai Cinta yang diselenggarakan blog ini. Saya akan mereview blog My Giveaway dari beberapa aspek, dan tentu saja ini sangat subjektif karena menurut pengamatan saya saja.

1.Tampilan Blog

1.1 Template yang digunakan blog ini membuat saya sempat berdecak kagum. Beuh, canggih banget. Yah, inilah kekurangan sebagai orang yang gaptek akut mengenai template. Saya sempet ndomblong (terperangah). Setelah melalui investigasi lebih lanjut (halah) saya mengetahui bahwa template yang dipakai dari Sora Templates, sebuah website yang berisi template-template blog yang bisa diunduh secara gratis.

Saya pun mengunduh template yang dipakai My Giveaway dan menerapkan di salah satu blog abal-abal saya (baca: blog untuk percobaan berbagai template hehe). Bener-bener canggih deh templatenya. Dan ketika saya menanyakan ke Bunda, template ini hadiah dari seorang teman (yang tidak mau disebutkan namanya), karena nanti yang lain pada minta dibuatkan (ish tahu aja qiqiqi). Html template ini membuat mata pedes, katanya.

Headernya itu lo yang bikin hati termehek-mehek, berisi  foto-foto putra-putri Bunda Lahfy berikut dengan kata-kata yang indah untuk memotivasi mereka, dan tidak ketinggalan cover buku pertama si Bunda (tetep promo dong ya ).

Latar belakang (background) tulisan yang putih, sangat bersahabat dengan mata. Jadi betah deh berlama-lama di sana.

Header My Giveaway
1.2 Tagline yang dipilih adalah Kumpulan Giveaway, sudah jelas kan apa maksudnya, tentang kumpulan tulisan yang diikutsertakan dalam Giveaway.

1.3 Halaman (page) statis di blog ini terletak di bagian teratas, berisi informasi yang sangat lengkap. Sebagai contoh di halaman ‘Tentangku’ berisi ‘Profil Penulis’, ‘Profil Blog’, ‘Facebook’, dan ‘Twitter’. Profil penulis dan profil blog berisi penjelasan tentang penulis dan blog My Giveaway ditujukan untuk apa. Walau tidak terlalu lengkap tetapi sudah cukup untuk bisa mengenal si empunya blog. Sedangkan bila anda meng-klik Facebook atau Twitter, anda langsung dibawa ke profil Bunda Lahfi di kedua social media tersebut.

1.4 Gagdet yang terpasang di sidebar tidak terlalu banyak, tetapi cukup bagi pengunjung bila ingin mengetahui isi tentang blog. Ada popular post, recent post, dan recent comments (keren nih gadgetnya). Hanya saja ada yang mengganggu mata, ketika kita meng-klik ‘Beranda’ pada Popular (post), judul postingan yang tampak ada 9 judul berikut gambar. Terlalu panjang menurut saya, karena kesannya jadi njomplang (tidak seimbang). Supaya terkesan lebih manis, bisa dipangkas menjadi 3 judul saja atau jumlah postingan di badan blog ditambah 1-2 artikel.



2.Kinerja Blog

2.1 Kecepatan loading, menunjukan 91, masuk ke kategori bagus.



2.2 Ketika saya mengecek pagerank blog ini, yang tertera adalah ‘not available’. Hal ini bias dimaklumi karena usia blog yang masih satu bulan.



2.3 Alexa Traffic Rank
Alexa rank blog ini tertera 870.636. wow, untuk blog yang baru berusia satu bulan, ini sudah sip banget.



2.4 Indexing di Search Engine
Ketika saya ketik www.forgiveaway.blogspot.com di mbah Google, blog ini sudah nangkring di urutan pertama lo. Hebat euy.



3.Isi Blog

Blog My Giveaway dikhususkan untuk tulisan yang diikutsertakan dalam Giveaway atau kontes menulis, jadi tidak bertema tentang suatu hal (berniche khusus). Tapi postingannya sudah banyak banget, sekitar 32 postingan. Setelah saya lihat, sepertinya tulisan Bunda yang berkaitan dengan Giveaway di Lovely Little Garden dipindahkan semua di sini.

Bunda sangat menyayangi keluarga beliau, banyak sekali postingan tentang keluarga, entah itu anak, suami atau keluarga besar. Dan dalam setiap postingan, Bunda sering menyisipkan ayat-ayat di Al-Quran yang relevan dengan isi postingan. Ini membuat saya ketagihan untuk selalu berkunjung ke tulisan-tulisan Bunda. Selain bisa belajar bagaimana membina hubungan yang baik dengan keluarga, kita juga bias mendapat ilmu tentang agama. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, bukan?

Bunda juga termasuk blogger yang sudah cukup dikenal, bisa kita lihat dari banyaknya komentar di postingan-postingan blog baru ini dan follower blognya sudah 51 orang lo. ini pasti karena Bunda cukup ramah menyapa blogger-blogger lain (baca: blogwalking)


Dari penjelasan poin-poin di atas, saya menilai blog ini sangat baik, kalau kita ukur dari usianya yang baru 1 bulan. Terus semangat ya Bunda (sambil menyemangati diri sendiri juga hehe).




Terima kasih saya ucapkan kepada Bunda Lahfy, karena telah mengijinkan saya mereview salah satu blognya dan telah mereview blog saya dengan review yang sangat manis. Terima kasih untuk  komentar-komentarnya di blog-blog saya, Bunda tidak hanya asal komentar, tetapi juga memberi nasehat atau memberi tambahan pengetahuan mengenai postingan saya.

Terima kasih kepada Pakdhe Cholik yang sudah mengadakan kontes saling mereview ini, saya jadi belajar banyak. Sambil mencari data tentang blog Bunda Lahfy, saya juga jadi mencari data tentang blog saya. Banyak sekali yang harus saya benahi.

15 comments:

  1. you are invited to follow my blog

    ReplyDelete
  2. Akhirnya H2Cku sirna sudah. qiqiqi.

    Baca review ini kok jadi gimanaaa gitu. Terharu deeh mbak Esti. Makasih ya buat review cantiknya. Ada beberapa bagian bikin saya jadi GR nih. Belum pernah dapat pujian sedemikian rupa. Hehehe...

    Sarannya diperhatikan mbak. Terima kasih sekali lagi. Semoga sukses dengan kontes unggulan ini.

    Yess, dirimu sudah biruuuu

    ReplyDelete
  3. keren juga ya, udah tembus 800 an alexanya. waw! salut! :D

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. Jeng Esti ikutan belajar review blog ya, saya ndomblong membaca bagaimana cara membedah dengan apik dan konstruktif seperti ulasan di atas. Apalagi mengukur kinerja blog, paling baru pagerank aja tahunya. Salam

    ReplyDelete
  6. wew,,, keren nieh blognya..

    ReplyDelete
  7. Blognya Bunda Lahfy memang semuanya okee...

    ReplyDelete
  8. saya pikir yang diulas blog Bunda Niken yang Lovely Little garden, Mbak. Jebule khusus buat kontes, yayaya. Blognya populer banget di dumay ya. Alexa-nya aja segitu. Mantab Mbak!

    ReplyDelete
  9. Lah banyak to ternyata blognya bunda lahfy qiqiqi, saya sering bingung namanya gegara banyak yang pakai nama bunda

    ReplyDelete
  10. meskipun blognya baru, orangnya sudah cukup berpengalaman. Jadi langsung mengadakan giveaway. Cara cepat mendapatkan traffic supaya cepat naik dan terkenal.

    ReplyDelete
  11. mantap banget reviewnya. dari semua aspek :)
    semoga menang ya mak.
    salam kenal.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^