Social Icons

12 May 2020

Ramadhan dan Lebaran 2020

Lebaran bukan hanya sekedar perayaan karena telah berhasil berpuasa selama sebulan penuh bagi saya. Ada begitu banyak kenangan tentang Lebaran yang lalu dan banyak pula rencana untuk Lebaran mendatang. Tentu saja sebelum corona datang.



Membicarakan tentang Lebaran, tak kan cukup hanya dalam satu postingan haha terlalu banyak hal yang berkesan, mulai dari ritual mudik ke sana ke mari, bepergian bersama, hingga berkumpul bersama keluarga besar. Semuanya terangkum sangat manis dalam momen Lebaran.

Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya akan melewati suasana Ramadhan seperti saat ini. Di mana bepergian bisa menjadi bencana, padahal biasanya setiap weekend kami menyempatkan berbuka di luar rumah supaya anak-anak senang. Tapi saat ini cukuplah di rumah saja. Ramadhan baru saja di mulai tapi saya sudah membayangkan Idul Fitri seperti apa yang akan kami lewati tahun ini. Apakah akan ada solat Ied seperti biasa? Apakah tetap bertandang ke rumah saudara? Apakah bisa sungkem ke Semarang bertemu Papi Mami dan bertemu adik-adik? Atau bisakah halal bi halal tetap gempita seperti biasanya? 

Dulu hal-hal seperti itu bagi saya hanya seperti ritual yang PASTI akan saya lewati selama Lebaran. Sama seperti Lebaran di tahun-tahun sebelumnya. Jadi, bukan lagi sesuatu yang saya pikir terlalu istimewa. Karena Lebaran itu sendiri sudah istimewa. 

Di tahun-tahun lalu persiapan Lebaran selalu dipikirkan matang-matang. Misalnya seperti, tahun itu jatah solat ied di Semarang atau Jepara. Halal bi halal di Jepara atau di Boyolali. Mau bersilahturahmi ke tempat siapa saja. Ini penting banget, karena hari libur plus cuti bersama sekitar 1 minggu saja. Jadi, satu minggu itu beneran buat wira-wiri hehe. 

Dua kali Lebaran sebelumnya karena sedang hamil dan kemudian punya bayi, Lebaran kami lewatkan lebih banyak di Jepara. Jadi setelah solat Ied kam langsung ke Jepara sampai jatah libur habis. Otomatis yang kami kunjungi ya saudara-saudara dan teman di Jepara. Rencananya tahun ini saya ingin mengajak keluarga untuk bersilahturahmi ke Wonogiri dan Boyolali. Karena sudah lama banget tidak ke sana. Tapi dengan kondisi seperti ini ya tidak memungkinkan untuk bepergian.

Untuk tahun ini karena kondisi pandemi seperti saat ini, persiapan Lebaran kami pun apa adanya. Minggu lalu kami sempatkan keluar membeli baju untuk anak-anak. Kasihan mereka selama berminggu-minggu gak pernah jalan-jalan. Membeli baju pun kami pilih toko yang sepi dan cuma sebentar. Gak ada 20 menit deh. 

Untuk hidangan Lebaran malah belum terpikirkan haha. Biasanya menyiapkan kue kering atau kudapan lain. Saat ini masih santai-santai saja. Lebih fokus ke kegiatan di rumah agar anak-anak tidak bosen. Lagipula Work From Home yang saat ini saya lakoni malah kadang lebih sibuk daripada di kantor. Jadi, saat ini ya berpuasa dan beribadah di rumah. Tarawih juga di rumah dulu walau pun ada masjid dekat sini yang masih ramai jamaahnya. 

Mari bersama-sama berdoa di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Agar wabah penyakit yang bernama covid-19 segera musnah di permukaan bumi. Semoga masyarakat kembali tenang seperti semula. Cukuplah Ramadhan tahun ini yang kita lalui seperti saat ini. Semoga tidak pernah terulang lagi. Aamiin.

Bagaimana suasana Ramadhan dan persiapan Lebaranmu, temans? Semoga selalu sehat ya semuanya.

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^