Social Icons

9 Apr 2020

3 Manfaat Menulis Yang Saya Rasakan

Saya seorang ibu yang juga bekerja kantoran. Terkadang ketika jenuh dengan suasana kantor, saya jadi uring-uringan, baik itu di kantor mau pun ketika sudah sampai rumah. Efeknya gak enak banget kalau suasana hati sedang jenuh.



Karena tersiksa oleh perasaan jenuh, saya mulai mencari kegiatan lain yang saya sukai. Saya sejak dulu suka sekali membaca. Membaca apa saja, terutama novel. Dari kegiatan membaca untuk membunuh rasa jenuh. Timbul keinginan untuk menulis. Sepertinya memang 2 hobi ini, membaca dan menulis saling berkaitan ya hehe.


Awalnya saya bingung mau menulis dimana. Kalau buku harian kayaknya sudah katok alias puas waktu jaman sekolah hehe. Saya diperkenalkan dengan blog oleh seorang teman. Kebetulan saat itu saya sudah bekerja dan wajib memakai komputer di kantor.

Dari iseng cari kegiatan, akhirnya membuat saya ketagihan. Seringkali saya menulis hingga malam. Memang ya kalau udah cinta, apa aja jadi seneng hatinya hehe. Banyak hal yang saya dapatkan dari kegiatan menulis. 

Ini nih saya jabarkan 3 hal positif dari menulis yang saya rasakan

1. Mengeluarkan uneg-uneg

Biasa disebut curhat alias curahan hati. Saya termasuk yang agak introvert untuk beberapa hal. Tidak bisa dengan gamblang menceritakan diri saya bahkan pada seseorang yang sudah saya kenal bertahun-tahun.

Lewat menulis, saya bisa mengeluarkan uneg-uneg. Mungkin ada yang bilang ghibah lewat tulisan haha gak salah sih tapi tidak seratus persen benar. Karena ketika saya curhat, saya tidak pernah menulis nama. Hanya mengambil beberapa poin saja dari yang ingin saya ceritakan.

Misalnya nih tentang perlakuan yang berbeda karena strata sosial. Orang yang kaya diperlakukan berbeda dengan "orang biasa" seperti saya. Di tulisan itu paling saya akan cerita bahwa membedakan secara sengaja gak hanya menyakiti hati orang lain tapi juga bisa merusak pertemanan.

2. Mendapatkan teman baru

Dari hobi menulis, saya mendapat banyak teman yang satu hobi. Teman-teman ini pun dari berbagai kalangan. Ada yang guru, dosen, staf kantoran seperti saya, ibu rumah tangga, wiraswasta, dan lain-lain.
Memiliki banyak teman membuat saya memiliki gairah baru. Apalagi ketika membaca blog-blog mereka. Wow, banget. Membaca banyak hal yang mereka ketahui juga yang mereka rasakan, membuat saya berteman secara akrab dengan beberapa orang. Malah ada yang jadi teman curhat hehe. Aneh memang, kenapa malah bisa curhat dengan orang yang notabene baru dikenal, padahal hanya punya persamaan sama-sama suka menulis. Tapi memang begitu kenyataannya, dan itu membuat saya bahagia karena menemukan sahabat baru.

3. Menghasilkan uang

Blog yang awalnya hanya keisengan dan isinya curhatan doang, akhirnya jadi ladang yang menghasilkan. Takjub juga awalnya, tapi bersukur banget bisa memiliki hobi yang menyenangkan hati sekaligus hobi yang menghasilkan.

Walau pun saat ini saya sudah tidak terlalu aktif menulis dikarenakan kesibukan di rumah. Iye, ibu 2 balita. Begitu anak-anak tidur, ibunya juga ikutan molor haha. Udah gak kuat melek malam. Akan tetapi, saya bersyukur pernah begitu mencintai dunia menulis. 

Kalau kamu, punya hobi apa temans?


2 comments:

  1. Menghabiskan jatah 20ribu kata yang harus dikeluarkan, enakan lewat tulisan yaa mbak, hehe. Buatku yang gak terlalu doyan ngobrol sih.

    ReplyDelete
  2. setuju sama segala poinnya.
    apalagi saat menambah temen yang suka menulis juga, saya nya merasa dapet ilmu baru setelah membaca tulisan temen saya tersebut.

    nah, untuk poin ketiga aja nih yang belum.
    hahah
    semoga, lekas bisa merasakan poin nomer tiga ini
    amiiin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^