Social Icons

19 Dec 2016

Apa Untungnya Minum Susu Saat Hamil?

Tahukah bunda, susu dan produk susu lainnya bisa menjadi sumber nutrisi yang signifikan bagi ibu hamil. Meskipun seorang bumil tetap bisa mendapatkan nutrisi dari makanan-makanan yang lainnya selain susu dan produk susu. Namun para ahli sepakat bahwa ibu hamil yang minum susu akan mendapatkan banyak manfaat terutama untuk kehamilan yang lebih baik.



Tentunya, susu hamil dan manfaatnya akan lebih bisa dirasakan oleh bumil apabila susu tersebut adalah susu yang memang diformulasikan khusus untuk menunjang kehamilan.

Menurut USDA (United State Departement of Agriculture), bumil yang mengkonsumsi 3 cangkir susu setiap hari, terutama susu tanpa lemak atau susu rendah lemak akan memiliki kehamilan dan tubuh yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi susu selama kehamilan. 

Selain itu, sejumlah penelitian juga menemukan bahwa ibu yang minum susu selama kehamilan cenderung memiliki anak yang lebih tinggi karena kebutuhan kalsiumnya terpenuhi.

Sebagai sumber kalsium, susu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena apabila tidak memenuhi kebutuhan kalsium harian, seorang bumil akan mendapatkan masalah, mengingat bayi atau janin yang ada di kandungannya akan mengambil kalsium dari tulang maupun gigi ibu itu sendiri.

Selama kehamilan, wanita berusia 19 tahun atau yang lebih tua membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium per hari. Sedangkan wanita di bawah usia 19tahun membutuhkan jumlah kalsium yang lebih banyak, yaitu sekitar 1.300 mg perhari.

Sebagai catatan, satu cangkir susu rendah lemak biasanya mengandung sekitar 305 mg kalsium.
Selain menyediakan kalsium, susu juga adalah sumber protein. Satu cangkir susu rendah lemak biasanya mengandung sekitar 8,22 gram protein.

Protein sangat dibutuhkan selama kehamilan untuk menyuplai darah,untuk menghindari bayi lahir dengan berat badan yang rendah, melindungi bayi dari berbagai masalah kesehatan, baik untuk payudara ibu, baik untuk jaringan tubuh bayi, dan baik juga untuk rahim.

Selain itu, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Canadian Medical Association Journal pada tahun 2006 lalu, disebutkanbahwa makanan yang mengandung vitamin D seperti susu bisa membantu mencegah rakhitis neonatal dan BBLR.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya mengkonsumsi susu bagi ibu hamil. Selain itu, tentu saja susu masih memiliki banyak manfaat lainnya. Bahkan, menurut penelitian lainnya, bumil yang hanya minum secangkir susu per hari pun tetap bisa mendapatkan manfaat yang banyak. Minum susu bisa membantu meningkatkan bobot lahir bayi seberat 41 g per cangkir susu.

Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dipresentasikan pada tahun 2010 lalu, tepatnya di American Academy Of Neurology. Dalam penelitian tersebut juga diungkapkan bahwaibu hamil yang rajin mengkonsumsi susu mengalami resiko multiple sclerosis lebih rendah dibandingkan dengan wanita hamil yang jarang minum susu.

2 comments:

  1. waktu hamil susu di beli, tapi gak diminum, mual mbak...

    ReplyDelete
  2. Oh saya baru tau kalau ibu hamil mengkonsumsi susu akan berdampak memiliki anak yang lebih tinggi. Makasih atas infonya, kak.. :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^