Social Icons

7 Nov 2016

Makanan Makanan Pilihan untuk Diet Sehat Rendah Kalori

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada yang dikonsumsi secara berlebihan atau sebaliknya tidak dikonsumsi terlalu sedikit. Salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh adalah kalori. Kelebihan kalori dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Biasanya, apabila seseorang mengkonsumsi terlalu banyak makanan berkalori dan apabila kalori tersebut tidak habis digunakan oleh tubuh, kalori akan disimpan dalam bentuk triglerisida yang dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan jantung. 


Trigliserida apabila menumpuk di arteri bisa mengeras dan kaku serta menyebabkan arteri menjadi sempit yang ujung-ujungnya, meningkatkan resiko seseorang terkena serangan jantung atau stroke. 

Makanan yang banyak mengandung kalori diantaranya adalah karbohidrat (nasi) dan lemak jenuh. Sebaliknya, makanan-makanan yang tidak terlalu banyak mengandung kalori serta dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang selama ini kelebihan kalori diantaranya adalah:
Sayuran berdaun hijau

Makanan ini cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Salah satu jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah brokoli. Namun selain itu, asparagus, kembang kol, seledri, dan sayuran hijau yang lainnya merupakan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama menjalani diet sehat rendah kalori

Semangka 

Semangka adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Dua cangkir air semangka mengandung kurang lebih 100 kalori dan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin C harian kita. 


Smoothie hijau seperti yang terbuat dari bayam, mustar, atau kale, adalah minuman hijau yang kaya akan mineral dan vitamin serta bisa menjadi sumber serat untuk melancarkan pencernaan. 
Smoothie hijau juga bisa dicampurkan dengan berbagai jenis buah-buahan seperti nanas, pisang, atau yang lainnya. 

Asparagus 

Menurut ahli kesehatan, Asparagus adalah makanan yang bisa dimanfaatkan untuk mendetoksifikasi tubuh karena mengandung asam amino yang sangat tinggi. Asam amino bisa bermanfaat sebagai diuretik untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh.

Asparagus kaya akan vitamin dan mineral. Diantara vitamin yang terkandung didalam Asparagus adalah: vitamin A, B, C, dan vitamin K. Selain itu, terkandung juga asam folat, zat besi, tembaga dan protein di dalam Asparagus. 

Kubis 

Kubis adalah salah satu sayuran murah yang enak untuk dikonsumsi, rasanya manis dan renyah. Ini adalah makanan rendah kalori yang sangat baik karena banyak mengandung vitamin, serat, serta mineral. Menurut ahli kesehatan, kubis juga mengandung fitonutrien yang dapat membantu mencegah kanker. 

Kembang kol 

Kembang kol juga banyak mengandung fitonutrien yang dapat bermanfaat untuk melawan kanker. Selain itu, kembang kol dikenal sebagai sumber vitamin C dan asam folat. 

Di era modern ini, kembang kol dianggap sebagai makanan yang sehat untuk diet rendah kalori karena bermanfaat juga untuk mencegah kanker payudara.

3 comments:

  1. Di antara yang disebutkan di atas paling suka sama semangka. Apalagi yang manis dan tanpa biji :D

    ReplyDelete
  2. Di antara yang disebutkan di atas paling suka sama semangka. Apalagi yang manis dan tanpa biji :D

    ReplyDelete
  3. hati-hati dalam melakukan terapi kecantikan jangan sampai salah .. intip Bahaya Cream BPS yu disini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^