Social Icons

17 Nov 2016

Cara Menjaga Agar AC Bisa Bertahan Hingga 10 Tahun

Saat ini air conditioner (AC) adalah bagian dari rumah yang sudah mulai banyak kita temukan di Indonesia mengingat dari tahun ke tahun, cuaca terasa semakin panas dan gerah. Harga AC yang tidak terlalu mahal dan kemampuan ekonomi keluarga di Indonesia yang terus meningkat adalah alasan lain mengapa pendingin ruangan tersebut semakin banyak kita temukan terinstall di rumah-rumah. 

Manfaat AC cukup beragam mulai dari untuk mendinginkan suhu udara di ruangan, mengatur sirkulasi udara, menjaga kebersihan udara, hingga mengatur kelembaban udara. 

AC modern saat ini semakin canggih dan dilengkapi dengan berbagai fitur sehingga manfaatnya pun semakin beragam. Bahkan, ada AC yang dilengkapi dengan serta AC yang dilengkapi dengan berbagai manfaat untuk mencegah penyakit dan lain-lain. 

Harga AC paling murah sudah pasti yang paling banyak peminatnya. Namun yang perlu diperhatikan saat memiliki pendingin ruangan adalah perawatan dan penggunaannya sehingga bisa awet dan bertahan lama. 


Walaupun mungkin air conditioner yang Anda beli tidak berharga mahal, dengan perawatan yang baik dan perlakuan yang tepat, peralatan elektronik tersebut akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Lalu bagaimana cara menjaga agar AC bisa bertahan lama? Berikut adalah tips dan triknya :

Pilih AC sesuai dengan luas ruangan 

AC yang Anda gunakan akan berfungsi maksimal apabila penggunaannya disesuaikan dengan ruangan. Karena apabila membeli AC dengan PK kecil untuk ruangan yang besar, sudah pasti akan memaksa AC tersebut bekerja dengan lebih keras setiap hari sehingga lebih cepat rusak.  
Jika Anda bingung bagaimana cara menentukan AC yang tepat untuk sebuah ruangan, jangan ragu-ragu menanyakan hal tersebut kepada penjualannya. Dengan terlebih dahulu mengukur ruangan di mana Anda akan menginstall AC tersebut. 

Baca petunjuk dan kirim buku service 

Sesaat setelah Anda membeli AC, Ada baiknya baca secara cermat setiap petunjuk yang disarankan. Perhatikan cara menggunakan AC dan bagaimana merawatnya. Karena buku petunjuk tersebut sudah pasti menyarankan yang terbaik agar peralatan elektronik tersebut bisa awet dan bertahan lama. 
Jangan lupa juga mengirim kartu garansi pada divisi service tergantung dari brand masing-masing. Manfaatnya adalah untuk menjamin agar AC yang Anda beli dibersihkan dan bisa diperbaiki oleh pihak yang resmi.

Perhatikan daya listrik di rumah 

Rumah saat ini memiliki daya listrik yang beragam, ada yang 900 watt, 1300 watt, atau bahkan lebih. Jika daya listrik di rumah Anda lebih rendah atau sama dengan daya yang dibutuhkan oleh AC untuk hidup, pastikan Anda mengupgrade daya listrik agar pasokan listrik ke AC tidak terganggu pada saat Anda menghidupkan berbagai perangkat elektronik yang lainnya seperti kulkas, mesin cuci, televisi, dan lain-lain. 

Karena apabila tidak mencukupi, peralatan elektronik seperti AC akan mudah rusak apabila listrik di rumah sering mati atau tidak stabil. 

Berikan waktu istirahat 

Setiap perangkat elektronik apabila bekerja terus-menerus akan menghasilkan panas yang dapat menyebabkan kerusakan. Bahkan, peralatan elektronik modern saat ini tetap harus diberikan kesempatan beristirahat agar bisa awet dan tahan lama. 

Setidaknya, Anda harus menghidupkan AC dan menggunakannya secara bijak. Jika ingin awet, AC sebaiknya diberikan kesempatan untuk beristirahat mendinginkan mesin setelah digunakan kurang lebih 5 jam. 

Tutup semua ventilasi ruangan agar AC tidak bekerja terlalu keras 

Ada beberapa AC yang memiliki kemampuan mendeteksi suhu ruangan sehingga akan bekerja maksimal apabila ruangan masih terasa hangat atau apabila jumlah penghuni di dalam ruangan tersebut lebih banyak dibandingkan yang seharusnya. 

Agar AC tidak bekerja terlalu berat sama ada baiknya Anda menutup setiap ventilasi atau jalan masuk dan keluar udara. Biasakan juga untuk selalu menutup pintu setelah masuk atau keluar ruangan. 

Bersihkan AC secara rutin 

Jika ingin AC awet dan tidak mudah rusak, Anda harus membersihkan perangkat tersebut secara rutin dan berkala. AC bisa dibersihkan dua minggu sekali atau satu hingga dua bulan sekali, tergantung penggunaan dan lokasi tempat AC tersebut dipasang. 

Jika Anda tinggal di pinggir jalan raya yang setiap hari debu dan kotoran terus beterbangan karena banyaknya kendaraan yang berlalu-lalang, maka membersihkan kipas AC harus lebih sering dilakukan. 

Pengecekan juga harus dilakukan setidaknya enam bulan sekali. Jika Anda tidak memiliki keahlian untuk membersihkan atau mengecek AC, ada baiknya Anda menghubungi layanan resmi service AC.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjaga agar AC bisa bertahan lama dan agar tidak mudah rusak. Agar AC tidak bekerja terlalu keras, sebaiknya Anda tidak men-setting AC lebih rendah dari 22 derajat Celcius.

Coba deh tips-tips itu, insyaAllah walau Anda membeli harga AC paling murah pun tetap bisa tahan lama lo. Oh ya, kamu bisa ceki-ceki harga dan beli dengan harga murah di MatahariMall.com, komplit di sana.

10 comments:

  1. Tips ini bakal aku catat, siapa tahu kelak bisa beli ac. Hehehehe :D

    ReplyDelete
  2. Wah, tipsnya bisa dicoba nih buat AC di rumah.

    ReplyDelete
  3. Wah, perlu membersihkan sesering mungkin ya agar bisa awet

    ReplyDelete
  4. Belum punya AC, tapi nanti deh bisa dicoba tipsnya kalau udah punya.

    ReplyDelete
  5. Nabung dulu buat beli AC, trus praktekin tipsnya agar bisa awet sampai 10 tahun. :)

    ReplyDelete
  6. Daya listrik perlu diperhatikan juga ya ...

    ReplyDelete
  7. Memang ukuran AC beda-beda ya? Ruangan di sini sempit sih :(

    ReplyDelete
  8. Kalau 10 tahun, bisa sampai anak-anak besar nih AC-nya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^