Social Icons

26 Sep 2016

7 Masakan Ayam Paling Populer di Indonesia

Ayam adalah salah satu sumber protein yang cukup populer di masyarakat Indonesia karena harga daging ayam cukup murah apabila dibandingkan dengan daging merah seperti daging sapi atau daging kambing. Ayam juga memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan seperti, ayam kampung, ayam potong, kalkun, dan lain-lain. Namun dari sekian jenis ayam yang ada, ayam potong adalah yang paling populer karena harganya paling murah

Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai hidangan nikmat. Berbagai olahan ayam yang populer di Indonesia diantaranya adalah:



1. Opor ayam
Berada di urutan pertama, opor ayam merupakan favorit masyarakat Indonesia tidak hanya pada hari-hari spesial seperti saat lebaran. Opor ayam juga sangat mudah ditemukan di banyak warung makan. Selain karena enak, opor ayam banyak di favoritkan karena resep masakan dari ayam ini tidak sulit untuk dibuat.


2. Ayam suwir pedas
Masakan dari ayam yang populer selanjutnya adalah ayam suwir pedas yang biasanya, resepnya menggunakan bumbu yang terdiri atas terasi, bawang, cabe merah, dan lain-lain. Umumnya, ayam suwir pedas bisa juga dihidangkan dengan dipadukan bersama berbagai jenis masakan ayam lainnya.
3. Semur ayam
Selain semur jengkol. Semur ayam adalah salah satu semur populer di Indoneisa. Semur ayam memiliki cita rasa yang unik, terasa gurih dengan paduan bumbu yang terdiri atas cengkeh, kayumanis, daun salam, dan lain-lain. Semur ayam cocok dihidangkan pada hari-hari besar seperti saat lebaran ketupat.

4. Ayam rica-rica
Ayam rica-rica merupakan masakan dari ayam yang terasa gurih dan enak karena dibumbui dengan bumbu merah yang terbuat dari cabe pedas. Ayam rica-rica sendiri masih terkesan ekslusif sehingga jarang kita temukan di rumah-rumah, melainkan banyak ditawarkan di warung makan atau restoran.

5. Ayam rendang
Mungkin selama ini, selain rendang yang terbuat dari daging sapi, rendang yang terbuat dari daging ayam juga merupakan masakan dari ayam yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar di Indonesia.

6. Ayam goreng penyet
Hampir di semua daerah akan dengan mudah kita temukan ayam goreng penyet yang dijual di rumah makan atau dijual oleh pedagang makanan kaki lima. Ayam penyet selain pengolahannya yang mudah, rasanya juga cukup menggoda. Apalagi jika dipadukan dengan sambal yang sesuai dengan selera.

7. Ayam bakar kecap pedas 
Masakan ayam terpopuler di Indonesia selanjutnya adalah ayam bakar kecap pedas. Rasa ayam bakar kecap pedas cukup unik karena memadukan antara rasa pedas dari cabai dan rasa manis yang berasal dari kecap. Apalagi jika ayam tersebut terlebih dahulu diolah dengan dimasak menggunakan bumbu-bumbu tertentu dan air kelapa, sudah pasti cita rasa ayam bakar tersebut akan lebih nikmat.

2 comments:

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^