Social Icons

23 Feb 2016

Dampak Pola Asuh Pilih Kasih Kepada Anak

Pilih kasih merupakan sebuah perilaku yang mengesampingkan lainnya dan ada yang lebih di sayangi. Nah ini merupakan sebuah perilaku yang tidak terpuji yang dimiliki oleh orang tua. Hal inipun juga akan memiliki dampak yang tidak baik/negative pada buah hati Anda. Simak di bawah ini untuk selengkapnya.

Berikut Dampak Pola Asuh Pilih Kasih kepada Anak;

1. Merasa Kalau dirinya di Abaikan Orang tua.
Dengan kurangnya di perhatikan di rumah, maka akan berdampak negative, perlu Anda ketahui bahwa anak yang berusia 3 Tahun masih menginginkan untuk mendapatkan perhatian orang tua yang lebih besar, Biasanya mereka lakukan dengan menangis kemudian ngambek dsb. ini untuk menarik perhatian orang tua. Nah jika ini di abaikan maka anak pun akan dapat memiliki pemikiran yang negative dan akan terus memenuhi kebutuhannya akan afeksi.

2. Memiliki Kecemburuan dan Kesal pada Anak Emas
Dengan adanya pilih kasih pada salah satu Anak Anda maka itu akan menyebabkan kurangnya keharmonisan hubungan antar saudara yang bisa berdampak pada ketegangan dari masing-masing pihak akan berebut mencari perhatian, dan ini tentunya menjadikan persaingan Antar saudara karena ingin memiliki kasih sayang sepenuhnya untuk dirinya dari orang tuanya.


3. Pelampiasan Kepada Anak Emas, ketika Marahnya pada orang tua
Tindakan tersebut biasa di lakukan anak secara Verbal atapun Fisik. Jika Anak Anda sudah memiliki kemampuan Verbal hal tersebut biasanya di lakukan ke saudaranya dengan berbicara yang kasar, begitupun dengan Fisik tentunya dengan cara kasarnya yaitu memukul, menendang, dan tindakan yang agresif lainnya.  

4. Sulit Untuk melakukan Bersosialisasi dengan Lingkungan yang Lainnya, contohnya dengan teman sebaya.
Inilah merupakan dampak yang lebih buruk, Anda harus tahu bahwa hubungan antara orang tua dan Anak yang tidak baik ini akan berdampak pada ketidaknyamanan pula anak berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut di karenakan anak Anda yang masih berharap pemenuhan kebutuhan afeksi dari Anda sebagai orang tua. Hal ini akan cenderung terlihat di usia 3-5 tahun.

5. Menirukan Sikap Negatif Orang Tua
Nah pilih kasih tentunya berdampak pada kepribadian anak karena percontohan Anda yang melakukan sikap pilih kasih tersebut, hal ini kemudian di tangkap anak apalagi jika Anda tak sadar menolak. Inilah yang dapat menjadikan efek Negatif karena Anak Anda juga akan belajar bersikap yang sama seperti perilaku yang di lakukan oleh orang tuanya.

6. Dapat Memicu berkembangnya Konsep Diri Yang Negatif
Dengan pola asuh yang pilih kasih tersebut ini akan menjadikan anak melihat dirinya seakan tidak berarti, ini kemudian akan menjadikan sifat anak yang passif dan apatis, ini juga akan mejadikan anak sebagai pribadi yang minder.

Perilaku Pilih kasih tersebut sering terjadi secara sadar maupun tidak sadar yang di lakukan oleh orang tua. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya pengalaman orang tua. Maka dari itu perlulah kiranya sebagaai orang tua untuk memahami seluk beluk pengasuhan anak. 

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^