Social Icons

19 Jan 2016

Saat Desain Menjadi Penentu dalam Memilih Furniture Rumah yang Tepat

Rumah tanpa perabotan seperti kursi atau meja sudah pasti kurang menarik. Seperti halnya supermodel cantik dan menarik tapi tanpa mengenakan lipstik. Karena kita tahu, lipstik adalah elemen penting dari riasan yang menyempurnakan penampilan secara keseluruhan dari seorang model. Itu sebabnya, pemilihan furnitur yang tepat adalah keharusan apalagi saat ini banyak sekali model unik dan berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Faktanya, tidak sedikit juga masyarakat yang kebingungan memilih diantara sekian banyak model. Nah, daripada berlarut larut ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti desain. Yup, model atau bentuk haruslah disesuaikan dengan penempatan di satu ruangan. Seperti meja makan misalnya apakah tidak mengganggu aktifitas yang ada di ruangan tersebut jika memilih bentuk segi empat jika memiliki anak kecil yang masih suka berlarian? Sebaliknya, meja berbentuk oval lebih beresiko kecil dan masih memberi sedikit ruang.

Cukupkah hanya mempertimbangkan desain saja?


Ukuran

Ya, setelah menetapkan desainnya, pahami tentang ukuran yang Anda inginkan. Biasanya, pihak penjual perabotan sudah memperhitungkan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya meja kopi untuk bersantai memiliki ketinggian sekitar 40 hingga 60 cm. Walau ukuran ini tidak bisa dijadikan sebagai standar tapi Anda bisa menyesuaikan dengan perabotan lainnya dengan mudah.

Fungsi

Tidak sedikit loh perabotan yang dibeli hanya untuk sekedar penghias ruangan. Tapi, banyak juga yang justru mengkombinasikan antara manfaat dan dekoratif sehingga selain lebih hemat, ruangan yang dipakai juga tidak terlalu banyak. Misalnya, meja yang diletakkan di ruang tamu memiliki laci tempat penyimpanan majalah, buku atau CD. Begitu juga dengan kursi tamu yang bisa dijadikan sebagai sofa santai saat dibentangkan. Yang penting, perabotan tersebut memiliki kekuatan yang kokoh, stabil serta kuat jika mendapat tekanan.

Bahan

Munculnya aneka model serta bentuk tentu berbarengan juga dengan bahan yang digunakan. Ada yang terbuat dari kayu, aluminium dan logam misalnya. Tentu, bahan ini menawarkan beberapa kelebihan dan kekurangan masing masing yang benar benar Anda harus ketahui. Selain itu, kesan yang ditampilkan juga berbeda seperti kayu yang identik dengan nuansa natural sementara logam dan kaca lebih modern.

Beberapa hal yang telah diuraikan diatas akan lebih mudah dilakukan jika Anda sudah memutuskan tema apa yang akan ditampilkan. Selain itu, bisa mengurangi Anda untuk berbelanja perabotan yang tidak diperlukan dan kesan ‘memaksakan’ dalam hal penempatan. Hindari membeli secara sekaligus perabotan meskipun sedang ada promosi dari salah satu toko. Sebaiknya, cicillah satu persatu dan sesuaikan dengan anggaran yang sudah direncanakan.

Satu hal yang tidak bisa diabaikan memilih furniture rumah adalah perawatan perabotan yang dimiliki agar tetap dalam keadaan seperti semula. Jelas, pengetahuan akan teknik membersihkan adalah hal yang penting agar keawetan furnitur bisa tahan lama sehingga saat membeli sudah memperhitungkan faktor ini.

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^