Social Icons

21 Jan 2016

Membuat Taman Vertikal Minimalis dengan Mudah

Semakin sempitnya lahan yang tersedia membuat pemilik rumah harus berpikir secara kreatif untuk memberi kenyamanan bagi seluruh penghuni keluarga. Salah satunya menyediakan taman tempat bertumbuhnya tanam tanaman yang tidak hanya mempercantik rumah akan tetapi memberi nuansa alami dan segar. Untuk itu, sebagai alternatif maka digunakanlah taman vertikal atau vertical garden yang umum dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Dengan menggunakan konsep taman vertikal ini, maka halaman atau kebun yang kecil sekalipun tidak akan menyurutkan seseorang dalam menciptakan suasana alami di rumah. Yang penting, Anda harus mengetahui jenis tanaman apa saja yang layak untuk ditanam kemudian bagaimana merancang atau membentuk taman gantung ini.

Salah satunya adalah menggunakan bekas kotak makan. Bagi Anda yang pemula, ide ini bisa dikerjakan dengan mudah. Carilah beberapa kotak makan yang sudah tidak terpakai atau bisa juga membeli di pasar dengan warna beragam. Gunakan delapan atau sembilan kotak makan dan susun dengan komposisi seimbang. Letakkan di area dinding yang jarang mendapat perawatan atau catnya sudah mengelupas agar tertutup dengan hiasan dinding dari tanaman ini.


Atau, bisa juga menggunakan bambu sebagai media tanam yang terbilang unik dan menarik. Yang perlu diperhatikan disini adalah susunan dan peletakannya serta penambahan warna. Kombinasi antara warna tanaman dengan bambu memberi kesan cantik walau menggunakan bahan sederhana.

Nah, berbicara tentang taman vertikal, ada hal yang perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis tumbuhan bisa dipakai. Seperti tidak memilih tanaman yang memiliki berat lebih diatas rangka yang digunakan. Kemudian, hindari tanaman yang tumbuh kembangnya lama serta tidak merambat. Alasannya sederhana, agar taman vertikal yang dihasilkan benar benar menarik dan unik tanpa harus menunggu lama. Selain itu, pastikan juga untuk perawatannya tidak membutuhkan waktu lama dan merepotkan.

Lantas, tumbuhan apa saja yang bisa digunakan? Kuping gajah dengan daun kecil adalah yang terbaik. Disusul dengan tanduk rusa, lili paris, kucai, lipstik atau tanaman dengan bunga berwarna ungu, noeregelia, sirih merah dan cryptanthus. Kesemua jenis ini kerap dipakai saat pembuatan vertical garden dikarenakan kemudahan dan artistik yang dihasilkan.

Bagaimana dengan cara perawatannya? Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jenis tanaman adalah kemudahan dalam merawatnya. Artinya, sistem irigasi tetes atau sprayer bisa membuat tumbuhan tersebut bertumbuh dengan baik. Jika pun ingin ditambahkan dengan pupuk, tak lebih dari 7 hingga 10 hari dilakukan.

Oh ya, jangan abaikan kekuatan dinding tempat media taman vertikal ini digunakan. Resiko rapuh pada dinding akibat terkena air dalam waktu lama sebaiknya diatasi terlebih dahulu. Anda bisa melapisi dinding dengan water proffing sehingga memiliki daya tahan lama. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^