Social Icons

4 Jan 2016

5 Tips Memilih Souvenir Pernikahan

Ada kalanya ketika calon pengantin bingung memilih souvenir apa yang hendak mereka berikan kepada tamu undangan pernikahan mereka. Tentu saja para calon pengantin ingin memberikan yang terbaik. Ada beberapa hal yang menjadi catatan saya ketika saya mencari souvenir pernikahan untuk diri sendiri dan adik saya. Tampaknya simpel tapi ternyata tidaklah sesimpel dugaan kita. Kadang ada drama juga lah ya haha namanya juga mau nikah.

Berikut beberapa tips dari saya ketika mencari souvenir pernikahan:

1.         Sesuaikan dengan bujet
Hitung terlebih dulu berapa bujet untuk souvenir dan bagilah dengan jumlah tamu undangan. Penting untuk diingat, jangan sampai karena melihat sesuatu yang kita sukai kemudian kita malah lupa bujet awalnya. Bisa out of budget, dan berimbas ke hal lainnya.


2.         Melebihkan Jumlah Souvenir
Ada baiknya jika jumlah souvenir agak dilebihkan sedikit, karena kadang ada tamu-tamu tidak terduga yang datang, bukan tamu tak diundang loh, tapi dari pengalaman karena banyaknya saudara kadang kita terlewat menghitung bukan :D Atau jumlah undangan yang kita sebar tidak sesuai dengan jumlah tamu, misalnya dalam satu keluarga kita hanya mengirim satu undangan sedangkan dalam keluarga tersebut terdiri dari 3 keluarga kecil (anak-anak sudah ada yang menikah), otomatis souvenir juga membengkak kan?

3.         Sesuatu yang Berguna
Pilihlah barang yang berguna untuk para tetamu. Jangan sampai karena kita merasa barang itu bagus, kita lupa akan kegunaannya. Saya pernah mendapat sebuah gelas kecil, kecil banget deh. Lucu sih bentuknya tapi akhirnya Cuma numpuk di kardus aja karena gak bisa dipakai, sayang banget kan?

4.         Sesuaikan dengan Tema
Jika kalian mengusung tema tertentu, ada baiknya kalau souvenir yang diberikan sebanda dengan tema tersebut. Bagaimana kalau tidak bertema pesta pernikahannya? Bisa lho disesuaikan dengan warna yang dipilih. Jadi kelihatan terkonsep kaaan? Lebih macthing pulak.

5.         Jangan lupa, Packaging!
Banyak yang lupa akan packaging alias pengemasan souvenir. Seringsaya lihat di pesta pernikahan, souvennir yang diberikan itu lumayan besar, etapi tidak ada tali untuk menenteng. Jadi para tetamu agak kerepotan ketika hendak menyantap makanan di acara. Kalau souvenirnya kecil dan bisa masuk tas atau saku tidak masalah tentang ada tidaknya tali untuk menenteng.


5 tips tersebut yang bisa saya berikan, mungkin ada yang mau menambahkan, temans?

3 comments:

  1. kadang kita merasa senang ya, kalo dapet souvenir pernikahan yang unik

    ReplyDelete
  2. Takut salah hitung deh ya. Terutama kalau tamu bawa anak perempuan kecil2, seringnya minta satu anak satu souvenir. Kalau nggak mereka berebut didepan penerima tamu, jadi dilema heheee

    ReplyDelete
  3. Souvenr pernikahan kayanya udah wajib banget ada :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^