Social Icons

25 Dec 2015

Mengenal Aturan Transit di Bandara Bagi Traveler

Bagi Anda yang sering wara wiri menggunakan pesawat terbang tentu tak asing lagi dengan istilah transit. Adapun arti dari kata ini adalah perhentian sementara di satu bandara dengan tujuan menggunakan pesawat yang berbeda. Faktor penyebabnya cukup banyak mulai dari jarak tujuan cukup jauh apalagi sekarang ini sudah ada kerja sama antara maskapai penerbangan dengan pihak pemerintah hingga okupasi tempat duduk.

Nah, yang terbiasa dengan istilah transit sih sebenarnya tidak bingung lagi harus melakukan apa di bandara atau ke tempat lainnya. Masalah muncul jika Anda baru pertama kali mengalami transit dan waktu transit ternyata cukup lama atau katakanlah sekitar 12 jam misalnya. Bahkan, ada kasus tertentu bisa satu harian penuh. Bosan gak tuh.

Kalau sudah begini, jangan bingung atau marah dulu karena biasanya bandara tempat Anda transit kebanyakan bandara besar dengan fasilitas lengkap. Ya itu, karena ada perjanjian bilateral kedua belah pihak sehingga kenyamanan penumpang benar benar diperhatikan. Jika waktu transitnya cukup singkat, Anda bisa berjalan keliling bandara dan menikmati kemegahan serta keindahan struktur bangunan sambil mendengarkan panggilan penerbangan selanjutnya.


Bisa juga belanja oleh oleh, istirahat atau malah jalan jalan. Ada juga loh bandara udara yang menawarkan tur paket keliling kota dengan menggunakan bis khusus seperti bandara di Frankfurt misalnya.

Bagaimana kalau lebih dari 12 jam atau malah seharian? Untuk kasus seperti ini  ada baiknya penumpang harus berperan aktif dalam mengatasinya. Salah satunya adalah bertanya langsung dengan pihak maskapai apakah mendapat akomodasi hotel, voucher makan dan sebagainya. Dengan begitu, pihak penerbangan akan mengetahui fasilitas apa saja yang akan diberikan dengan mengirimkan konfirmasi STPC atau Stopover Paid by Carrier. Adapun informasi ini berisikan beberapa penjelasan tentang apa saja yang harus dilakukan saat di bandara termasuk mendapatkan voucher makan, penginapan dan sebagainya.

Berbicara tentang STPC ini memang harus diakui jika setiap pihak maskapai memberlakukannya berbeda beda. Ada yang jelas jelas memberitahukan kepada calon penumpang lewat situs resmi mereka sehingga cukup menunjukkan potongan boarding pass maka segala fasilitas diberikan. Namun, ada juga yang justru terkesan menyembunyikan dimana mereka akan memberikan fasilitas ini jika penumpang bertanya.

Jika pun pihak maskapai tidak memiliki fasilitas ini, Anda bisa menginap di sekitar hotel dekat bandara yang menawarkan fasilitas sewa per jam atau per malam. Atau, bisa juga mempelajari budaya satu negara di tempat khusus yang disediakan seperti ruang bermain, taman kecil hingga pertunjukkan musik secara live.

Beberapa hal yang perlu diingat adalah Anda hanya bisa berada di kawasan bandara bila tidak memiliki izin khusus. Pastikan, seluruh barang Anda dijaga dan diberi tanda pengenal agar tak kehilangan. Ternyata, waktu transit lama tidak membosankan bukan?

1 comment:

  1. Informasi bagus, mbak. Diingat-ingat, meskipun toh belum pernah naik pesawat yang pakai transit :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^